Sekilas Kontak

Berdiri

2007

Alamat Lengkap

Jl. Cikole Desa Ranggon

Web Site

Desa Ranggon

Akun Google+

Desa Ranggon


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum secara langsung
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Sumedang - Wado. Turun di perempatan jalan ke Cibugel dari Darmaraja. Dilanjut dengan jalan kaki ke arah selatan sekitar 450 meter

Desa Ranggon merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di ujung selatan wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Cibugel di sebelah barat dan Kecamatan Wado di sebelah selatannya. Jarak dengan pusat Kecamatan Darmaraja sekitar 1,2 kilometer.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Ranggon merupakan sebuah desa pemekaran. Pada awalnya, wilayah Desa Ranggon merupakan bagian dari wilayah Desa Neglasari Kecamatan Darmaraja dan Desa Cisurat Kecamatan Wado. Sesuai dengan aspirasi serta perkembangan situasi dan kondisi masyarakat yang lebih dinamis menuntut peningkatan pelayanan publik di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pemerintah Kabupaten Sumedang melakukan pemekaran wilayah desa khususnya wilayah Desa Neglasari dan Desa Cisurat. Pada tahun 2011, Pemerintah Kabupaten Sumedang mengeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 15 tahun 2011 tentang Pembentukan Desa-desa Baru Hasil Pemekaran Desa di Kabupaten Sumedang tertanggal 25 Juni 2007. Berdasarkan Peraturan Daerah ini, gabungan wilayah Desa Neglasari Kecamatan Darmaraja dan Desa Cisurat Kecamatan Wado dimekarkan menjadi tiga wilayah desa yaitu Desa Neglasari, Desa Cisurat dan Desa Ranggon.

Paska pemekaran wilayah, wilayah desa induk tidak berubah dan tetap berada di wilayah kecamatan sebelumnya. Sementara desa yang baru yaitu Desa Ranggon termasuk wilayah Kecamatan Darmaraja. Untuk lokasi wilayahnya, Desa Ranggon berada di barat bekas wilayah desa induk.

Berdasarkan data Kecamatan Darmaraja dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Ranggon memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Ranggon berada di kawasan dengan bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 313 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Ranggon dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cipeunteuy dan Desa Darmajaya di sebelah utara, Desa Jatibungur dan Desa Neglasari di sebelah timur, Desa Cisurat dan Desa Sukapura (keduanya berada di wilayah Kecamatan Wado) di sebelah selatan, serta Desa Sukaraja dan Desa Tamansari (keduanya berada di wilayah Kecamatan Cibugel) di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Ranggon terbagi ke dalam ke dalam lima wilayah Rukun Warga (RW) dan 18 wilayah Rukun Tetangga (RT).

Untuk luas wilayahnya, sumber data utama tidak menyebutkan data rinciannya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Ranggon terletak di bagian selatan wilayah Kecamatan Darmaraja. Wilayahnya memanjang dari sekitaran pusat kota Darmaraja ke ujung selatan. Kontur wilayah Desa Ranggon merupakan campuran antara kawasan dataran dengan kawasan perbukitan. Bagian utara wilayah Desa Ranggon merupakan kawasan dataran dengan ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut. Sementara bagian selatannya merupakan kawasan perbukitan dengan ketinggian mencapai 700 meter di atas pemukaan laut. Bagian utara yang merupakan kawasan dataran merupakan campuran antara kawasan pesawahan dengan kawasan pemukiman. Sementara bagian selatan wilayah Desa Ranggon merupakan kawasan menghijau yang besar kemungkinan merupakan kawasan kehutanan dan atau lahan perkebunan.

Kemudian untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Ranggon dihuni penduduk sebanyak 2.878 jiwa. Dengan komposisi sebanyak 1.371 jiwa berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.507 jiwa berjenis kelamin perempuan.

Terkait mata pencaharian penduduk Desa Ranggon, sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang memiliki mata pencaharian di sektor lain, sektor pertanian cukup mendominasi pekerjaan penduduk Desa Ranggon. Setelah sektor pertanian kemudian sektor perdagangan dengan jumlah yang cukup, transportasi, jasa, konstruksi dan industri.

Sektor pertanian di Desa Ranggon didukung dengan lahan pertanian yang subur. Lahan pesawahan di Desa Ranggon sudah mendapatkan pengairan teknis, sehingga memiliki produktivitas yang cukup bagus dalam menghasilkan produk utama berupa padi. Selain padi dihasilkan juga beberapa jenis tanaman palawija seperti jagung, ubi kayu, kacang hijau, ubi jalar dan kacang tanah. Tak ketinggalan juga hasil bumi berupa sayuran seperti kacang panjang, cabai besar, mentimun dan tomat.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 25 November 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang