Logo Desa Sukapura

Desa Sukapura

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar yang menghubungkan Wado - Cibugel
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jl. Sukapura - Cibugel No. 28 Km. 5


Lokasi

Desa Sukapura merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian ujung barat wilayah kecamatan dan wilayahnya menjorok diapit oleh wilayah Kecamatan Darmaraja di bagian utara serta Kecamatan Cibugel di sebelah barat dan selatannya. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Wado, posisinya berada di bagian barat juga dengan jarak sekitar tiga kilometer.

Berdasarkan data Kecamatan Wado dalam Angka tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2014 Desa Sukapura memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Sukapura berada di kawasan dengan bentang permukaan tanah berupa perbukitan. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 327 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Sukapura dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja dan Desa Cisurat di sebelah utara, Desa Wado dan Desa Cikareo Utara di sebelah timur, Desa Cipasang Kecamatan Cibugel di sebelah selatan, serta Desa Sukaraja Kecamatan Cibugel di sebelah baratnya. Dan secara administratif, wilayah Desa Sukapura terbagi ke dalam tiga wilayah dusun yaitu Dusun Kisepat, Dusun Nyalindung dan Dusun Lamuniser. Sementara jumlah wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak lima RW dan 20 RT.

Untuk luas wilayahnya, di sumber yang sama tidak dijelaskan detailnya. Hanya ada data luas totalnya sebesar 4,43 kilometer persegi. Namun demikian data detailnya bisa dilihat di blog KKNM Unpad Desa Sukapura tahun 2013, dimana Desa Sukapura memiliki wilayah dengan luas total sebesar 443,36 hektar. Berdasarkan data blog ini, wilayah Desa Sukapura terbagi ke dalam beberapa penggunaan atau tata guna lahan. Tata guna lahannya diantaranya adalah lahan pertanian, lahan kehutanan dan lahan pemukiman. Untuk lahan pertaniannya memiliki luasan sebesar 236,78 hektar. Lahan pertanian ini setidaknya terbagi ke dalam dua jenis lahan yaitu lahan pesawahan dan lahan perkebunan dengan luasan masing-masing sebesar 82 hektar dan 154,78 hektar. Kemudian seluas 124 hektar merupakan lahan kehutanan negara. Lahan yang dipergunakan sebagai lahan pemukiman baik lahan perumahan maupun pekarangan seluas 49 hektar. Sisanya seluas 33,58 hektar merupakan lahan kas desa.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Sukapura berada di ujung barat wilayah Kecamatan Wado. Bagian timurnya dibatasi oleh aliran Sungai Cimanuk. Saat ini wilayah Desa Sukapura dilewati jalur baru yang menjadi pengganti jalur Wado - Darmaraja yang terendam genangan bendungan Jatigede (lingkar barat bendungan Jatigede). Sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan perbukitan terutama di bagian baratnya. Hanya sedikit saja yang berupa dataran yang terletak di bagian timur. Bagian timur wilayah Desa Sukapura didominasi oleh lahan pertanian berupa pesawahan.

Kemudian untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2014 Desa Sukapura dihuni penduduk sebanyak 2.640 orang. Dengan rincian sebanyak 1.365 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.275 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 879 KK. Sementara kepadatan penduduknya, tiap kilometer persegi luas wilayah Desa Sukapura dihuni penduduk rata-rata sebanyak 184 orang.

Terkait mata pencaharian penduduknya, sebagian besar penduduk Desa Sukapura bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sektor pertanian ini cukup mendominasi pekerjaan penduduk Desa Sukapura jika dibandingkan dengan sektor lainnya seperti sektor jasa, transportasi, dan perdagangan.

Banyaknya penduduk yang bekerja di sektor pertanian ini tidak lepas dari daya dukung terhadap sektor pertanian. Dimana sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan pertanian yang baik berupa lahan pesawahan maupun lahan perkebunan. Walaupun lahan pesawahan di Desa Sukapura masih menggunakan sistem pengairan sederhana, namun memiliki produktivitas yang sangat bagus jika dibandingkan dengan produktivitas lahan pesawahan di desa lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Wado. Selain menghasilkan padi, dihasilkan juga produk lain berupa palawija seperti jagung, ubi kayu, kacang hijau, ubi jalar, dan kacang tanah.

Di samping sektor industri, sebagian penduduk Desa Sukapura juga yang berkecimpung dalam pengolahan makanan seperti usaha pembuatan tahu, pembuatan aci dan pembuatan gula aren. Khusus gula arennya, Dusun Lamuniser merupakan sentranya di Desa Sukapura.

Terkait seni budaya, di Desa Sukapura masih terdapat beberapa jenis kesenian tradisional yang masih terpelihara. Kesenian tradisional Sunda yang masih ada diantanya adalah Calung dan Pencak Silat.

(Sumber: BPS Sumedang dan KKNM Unpad 2013)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 11 November 2017

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang