Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Cicadas Desa Cipeuteuy


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum
  4. Bisa diakses dari pusat Kecamatan Darmaraja sekitar tiga kilometer ke arah barat

Desa Cipeuteuy merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian paling barat wilayah Kecamatan Darmaraja, tepatnya di ujung barat dayanya dan berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Cisitu dan Kecamatan Cibugel. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Darmaraja posisinya berada di bagian baratnya dengan jarak sekitar tiga kilometer.

Berdasarkan data Kecamatan Darmaraja dalam Angka tahun 2014, Desa Cipeuteuy memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Cipeuteuy memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa lereng perbukitan. Ketinggian dimana lokasi kantor desa berada sekitar 492 meter di atas permukaan laut. Sehingga bisa dikatakan wilayah Desa Cipeuteuy merupakan wilayah desa tertinggi di wilayah Kecamatan Darmaraja. Secara geografis, wilayah Desa Cipeuteuy dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cimarga Kecamatan Cisitu dan Desa Cieunteung di sebelah utara, Desa Darmaraja dan Desa Darmajaya di sebelah timur, Desa Ranggon serta Desa Cibugel dan Desa Jayamekar (dua terakhir berada di wilayah Kecamatan Cibugel) di sebelah selatan serta Desa Cimarga Kecamatan Cisitu di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Cipeuteuy terbagi ke dalam dua wilayah dusun yaitu Dusun Cicadas dan Dusun Cikalingsem. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing berjumlah tiga RW dan 10 RT.

Untuk luas wilayahnya, Desa Cipeuteuy memiliki luas wilayah sebesar 13.011 hektar. Jika dilihat menggunakan Google Maps, sebagian besar wilayah Desa Cipeuteuy merupakan wilayah kehutanan. Wilayahnya yang memanjang dari timur ke arah barat memiliki topografi berupa lereng perbukitan. Bagian baratnya memiliki elevasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian timurnya. Bagian barat merupakan wilayah ketinggian di perbukitan seperti Pasir Lawang dan Pasir Wangun dengan ketinggian mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut. Bagian timurnya merupakan perbukitan juga dengan ketinggian yang lebih rendah dengan elevasi sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

Masih berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPS Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Cipeuteuy dihuni oleh penduduk sebanyak 1.283 orang. Dengan komposisi sebanyak 656 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 627 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 175 KK. Kepadatan penduduk Desa Cipeuteuy, untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni oleh penduduk rata-rata sebanyak 9,86 orang.

Terkait mata pencaharian penduduk Desa Cipeuteuy, sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Kemudian disusul dengan sektor perdagangan, jasa dan transportasi. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor konstruksi dan industri.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Desember 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang