Sekilas Kontak

Berdiri

22 Januari 1983

Alamat Lengkap

Jalan Raya Timur Darmaraja Km. 28 No. 375


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Jatibungur merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Darmaraja. Lokasinya berada di sebelah timur kota kecamatan dan dilintasi jalan raya yang menghubungkan Sumedang - Wado. Berdasarkan statusnya, Desa Jatibungur memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa.

Desa Jatibungur berdiri sejak tanggal 22 Januari 1983. Sebelumnya Desa Jatibungur merupakan bagian dari wilayah Desa Sukaratu. Kemudian dimekarkan menjadi Desa Sukaratu dan Desa Jatibungur. Nama 'Jatibungur' diambil dari dua nama dusun yang ada di Desa Jatibungur, yaitu Dusun Jatiroke (sekarang namanya Jatisari) dan Dusun Cibungur. Dari perpaduan dua nama tersebut munculan nama Jatibungur.

Secara administratif, Desa Jatibungur dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Sukaratu di sebelah utara, Desa Sukaratu dan Desa Darmajaya di sebelah barat, Desa Sukamenak di sebelah selatan serta Desa Leuwihideung di sebelah timur. Secara topografi, Desa Jatibungur memiliki ketinggian sekitar 320 meter di atas permukaan laut. Sementara bentang wilayah Desa Jatibungur berupa dataran.

Berdasarkan data BPS tentang Potensi Desa Tahun 2014, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Jatibungur sebanyak 1.943 orang. Rinciannya sebanyak 984 orang berjenis kelamin laki-laki dan 959 berjenis kelamin perempuan.

Mata pencaharian masyarakat Desa Jatibungur sebagian besar di bidang pertanian. Penggunaan lahan sebagai lahan pesawahan menjadi penunjang terbesar di sektor pertanian ini. Hasil pertanian yang utama adalah padi. Kemudian ada juga hasil pertanian berupa ubi jalar, ubi kayu, kacang tanah dan mentimun. Selain pertanian ada juga yang bergerak di bidang peternakan dengan komoditas ternak sapi, ayam kampung, domba dan bebek. Sektor perikanan dengan hasil ikan mas dan mujaer serta gabus.

(Sumber: KKNM Unpad 2013 dan BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 13 Juli 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang