Sekilas Kontak

Berdiri

1870

Alamat Lengkap

Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan termasuk kendaraan roda dua dan roda empat

Desa Cimanintin merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinunggal. Lokasinya di ujung timur wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka. Jarak dengan ibu kota kecamatan sekitar 20 km. Desa Cimanintin memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa.

Desa Cimanintin berdiri sejak tahun 1870. Kepala desa pertama dijabat oleh Raimah yang menjabat selama empat tahun. Sebelum tahun 2001, Desa Cimanintin merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Jatigede. Namun dengan keluarnya Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor 61 Tahun 2001, tanggal 24 Februari 2001, tentang Penetapan Desa/Kelurahan dalam wilayah kecamatan di Kabupaten Sumedang, Desa Cimanintin lepas dari wilayah Kecamatan Jatigede dan masuk ke wilayah Kecamatan Jatinunggal.

Secara topografis, wilayah Desa Cimanintin memiliki bentang wilayah permukaan berbentuk perbukitan dengan ketinggian wilayah kantor desa sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Cimanintin dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Kadu Kecamatan Jatigede dan Kabupaten Majalengka di sebelah utara, Desa Cisampih Kecamatan Jatigede Kecamatan Jatigede di sebelah barat, Desa Sukamanah dan Desa Cipeundeuy serta Kabupaten Majalengka di sebelah selatan, Kabupaten Majalengka di sebelah timurnya. Berdasarkan data Potensi Desa 2013, jumlah dusunnya sebanyak 6 dusun serta 6 RW.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2013, Desa Cimanintin memiliki luas wilayah sebesar 1.395 hektar. Luas wilayah desa tersebut terbagu ke dalam beberapa peruntukan yaitu sebagai lahan pesawahan seluas 305 hektar, sebagai lahan pekarangan seluas 110 hektar, sebagai lahan perkebunan seluas 143 hektar, sebagai lahan kehutanan seluas 638 hektar dan sebagai lahan pengangonan seluas 115 hektar.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cimanintin berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, sebanyak 3.363 orang. Dengan rincian sebanyak 1.720 orang berjenis kelamin laki-laki dan ditambah sebanyak 1.643 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.180 KK. Kepadatan penduduknya sebanyak 83,09 jiwa untuk tiap km luas wilayah Desa Cimanintin.

Mata pencaharian penduduk Desa Cimanintin sebagian besar bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Selain sebagai petani sebagian kecil lainnya bergerak di sektor perdagangan, konstruksi dan wiraswasta. Produk utama pertanian adalah padi yang dihasilkan oleh lahan pesawahan dan ladang. Selain menghasilkan padi, sektor pertanian juga menghasilkan kedelai, kacang tanah dan kacang hijau. Selain hasil pertanian ada juga hasil peternakan seperti ayam kampung, domba dan sapi potong.

(Dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Agustus 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang