loader

Desa Wargaluyu

Desa Wargaluyu

Kategori: Desa/Kelurahan

Alamat: Jalan Babakan Picung No. 48 Dusun Babakan Picung

Tayangan

Jumlah View Page

6.455

Menyukai

Jumlah Fans Page

6

Check In

Pengunjung Lokasi

3

Akses Lokasi

Berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Sumedang - Tanjungsiang/Subang

Dilewati Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Cikaramas dan Bus Andawuri jurusan Wado - Cikarang/Bekasi

Bisa diakses menggunakan bebagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jalan Babakan Picung No. 48 Dusun Babakan Picung
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Desa Wargaluyu merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Tanjungmedar. Desa Wargaluyu berdiri pada tahun 1982 setelah sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Desa Cikaramas. Pada waktu itu wilayah Desa Cikaramas yang luas ditambah dengan jumlah penduduk yang banyak, sudah cukup untuk dilakukan pemekaran.

Nama Wargaluyu sendiri diambil dari kata dua buah kata yeitu: Warga dan Luyu. Arti katanya: Warga adalah Penduduk/Masyarakat, Luyu artinya saluyu jeung sauyunan sareundeuk saigel sabobot sapihanean, selalu bergotong royong dalam membangun daerahnya.

Desa Wargaluyu memiliki status sebagai pedesaan. Sementara klasifikasinya merupakan desa swasembada. Jarak Desa Wargaluyu dengan kecamatan sekitar 15 km.

Berdasarkan data administrasi, wilayah Desa Wargaluyu dikelilingi wilayah sebagai berikut: Desa Sukamukti di sebelah utara, Desa Cikaramas di sebelah barat, Kecamatan Rancakalong di sebelah selatan dan Desa Tanjungwangi di sebelah timurnya. Secara topologi, wilayah Desa Wargaluyu memiliki bentang permukaan berupa perbukitan dengan ketinggian wilayah sekitar 630 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan data BPS tentang Potensi Kecamatan Tanjungmedar tahun 2013, Desa Wargaluyu memiliki luas wilayah sebesar 634,43 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan, yaitu sebagai lahan pesawahan seluas 173,47 hektar, sebagai lahan pertanian kering seperti huma dan ladang seluas 173,57 hektar, sebagai lahan hutan seluas 87,01 hektar dan sebagai lahan perumahan dan pekarangan seluas 205,26 hektar.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Wargaluyu, berdasarkan data BPS tentang Registrasi Penduduk Kecamatan Tanjungmedar tahun 2013, sebanyak 4.300 orang. Rinciannya sebanyak 2.189 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.111 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.414 KK. Kepadatan penduduknya sebesar 677 orang untuk tiap km persegi wilayah Desa Wargaluyu.

Berkaitan dengan mata pencaharian, sebagian besar penduduk Desa Wargaluyu bekerja di bidang pertanian. Sebagian kecil lainnya di bidang jasa, konstruksi dan industri.

(Sumber: KKNM Unpad 2011 dan BPS Kabupaten Sumedang)

Galeri Foto Lokasi
user

Peta wilayah Desa Wargaluyu (gambar oleh Google Maps)

user

Kantor Desa Wargaluyu (foto oleh KKNM Unpad 2011)

user

Kegiatan musrenbang di Desa Wargaluyu (foto oleh KKNM Unpad 2011)

/
1982
Jalan Babakan Picung No. 48 Dusun Babakan Picung

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With