loader

SD Negeri Situraja

SD Negeri Situraja

Kategori: SD

Alamat: Jalan Alun-alun Timur Desa Situraja Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

1.301

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di sebelah timur Alun-alun Situraja

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Dilewati Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado, Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja dan Angdes 53 jurusan Situraja - Darmaraja - Wado. Turun di sebelah timur Alun-alun, dilanjut jalan kaki ke selatan 100 meter

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jalan Alun-alun Timur Desa Situraja Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

SD atau Sekolah Dasar Negeri Situraja merupakan sebuah sekolah dasar dengan status negeri yang beralamat di Jalan Alun-alun Timur Desa Situraja Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. SD Negeri Situraja ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Berdasarkan pada Surat Keterangan dengan nomor 422/2879/Dikbud/2016 tertanggal 2 Agustus 2016 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumedang, SD Negeri Situraja berdiri semenjak tahun 1919. Saat ini, SD Negeri Situraja telah memperoleh Akreditasi pada tahun 2019 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) dengan Surat Keputusan nomor 763/BAN-SM/SK/2019. Berdasarkan SK Akreditasi bertanggal 9 September 2019 ini, SD Negeri Situraja mendapatkan peringkat A (Amat Baik).

Sebagai salah satu sekolah dasar, SD Negeri Situraja menyelenggarakan kegiatan pendidikan dasar selama enam tahun dari kelas satu sampai kelas enam. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada pagi hari selama enam hari dari hari Senin sampai hari Sabtu. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya, SD Negeri Situraja didukung oleh tenaga pendidik profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan serta berkualifikasi sarjana. Ditambah dengan fasilitas pendukung berupa sarana dan prasarana yang representatif dengan adanya gedung sekolah permanen yang di dalamnya adalah Ruang Kelas (dari kelas satu sampai kelas enam), Ruang Guru dan Ruang Kepala Sekolah, Ruang Perpustakaan, Ruang UKS, Laboratorium serta fasilitas sanitari (WC) khusus guru dan siswa yang terpisah. Ditambah dengan adanya Mushola, Kantin dan Lapangan Upacara.

Selain melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam kelas, di SD Negeri Situraja terdapat kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setelah jam pulang sekolah yang dijadikan media untuk mengembangkan minat dan bakat siswa SD Negeri Situraja. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SD Negeri Situraja diantaranya adalah Pramuka, Keagamaan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Ketangkasan Baris Berbaris (KBB), Drumband, Olahraga dan Kesenian.

SD Negeri Situraja memiliki berbagai prestasi yang telah diraihnya, baik prestasi di bidang akademik maupun prestasi non akademik. Prestasi yang telah diraihnya di bidang akademik diantaranya adalah Juara IV Olimpiade Siswa Nasional tingkat Kecamatan, Juara III Matematika Olimpiade Siswa Nasional tingkat Kecamatan, Juara I Calistung Kelas I tingkat Kecamatan, Juara I Calistung Kelas III tingkat Kecamatan, Juara I LCC MIPA wilayah Kecamatan Cisitu, Situraja dan Ganeas. Sementara prestasi di bidang non akademis diantaranya Juara Umum FLS2N tingkat Kecamatan, Juara Umum Pentas PAI tingkat Kecamatan, Juara Umum O2SN tingkat Kecamatan, Juara I MHQ Putra Pentas PAI tingkat Provinsi Jawa Barat, Juara IV Lomba Pidato Bahasa Indonesia tingkat Provinsi, Juara III Baca Puisi FLS2N 2019 tingkat Kabupaten Sumedang, Juara III Bulutangkis O2SN 2019 tingkat Kabupaten, Juara III Futsal antar-SD tingkat Jawa Barat, Juara II Karate O2SN tingkat Kabupaten, Juara III Lomba Pidato Bahasa Indonesia FLS2N tingkat Kabupaten, Juara II Tari Kreasi FLS2N 2019 tingkat Kabupaten, Juara I Madya LKBB se-Nasional, Juara I Kostum Terbaik LKBB Nasional, Juara Terbaik I Kuis Siap-siap Aku Bisa tingkat Kabupaten.

SD Negeri Situraja merupakan satu dari dua sekolah dasar yang berlokasi di Desa Situraja. Lokasinya berada di bagian tengah wilayah Desa Situraja, cukup dekat dengan pusat pemerintahan Desa Situraja, dengan jarak sekitar 100 meteran. Suasana lingkungan di SD Negeri Situraja cukup nyaman walau berada di lingkungan yang padat dengan pemukiman penduduk, namun berdekatan dengan lingkungan Alun-alun Situraja yang menghijau.

SD Negeri Situraja menampung pendidikan para siswa tingkat dasar yang berasal dari bagian tengah wilayah Desa Situraja terutama wilayah perkotaan Kecamatan Situraja dan sekitarnya. SD Negeri Situraja ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, dan dilintasi angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado, Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja dan Angkutan Umum Pedesaan (Angdes) 53 jurusan Situraja - Darmaraja - Wado. Turun di Pertigaan Timur Alun-alun Situraja, dilanjut jalan kaki ke arah selatan sekitar 100 meter.

Setiap awal tahun pelajaran, SD Negeri Situraja menerima pendaftaran siswa baru. Pendaftaran siswa baru dilakukan di sekolah SD Negeri Situraja, setiap hari kerja.

Galeri Foto Lokasi
user

Papan nama di SD Negeri Situraja

user

Gerbang sekolah SD Negeri Situraja

user

Bangunan sekolah SD Negeri Situraja

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan/Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
1919
Jalan Alun-alun Timur Desa Situraja Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang
Esdeen Situraja Situraja
SDN Situraja Juara
Pendidikan dasar enam tahunz

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With