loader

SD Negeri Kebonkopi

SD Negeri Kebonkopi

Kategori: SD

Alamat: Dusun Kebonkopi Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

603

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi

Berada di genangan air bendungan Jatigede

Tidak bisa diakses menggunakan kendaraan

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Dusun Kebonkopi Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

SD atau Sekolah Dasar Negeri Kebonkopi merupakan sebuah sekolah dasar dengan status negeri yang beralamat di Dusun Kebonkopi Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. SD Negeri Kebonkopi ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Sebagai salah satu sekolah dasar, SD Negeri Kebonkopi menyelenggarakan kegiatan pendidikan dasar selama enam tahun dari kelas satu sampai kelas enam. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada pagi hari selama enam hari dari hari Senin sampai hari Sabtu. SD Negeri Kebonkopi merupakan satu dari dua sekolah dasar negeri yang berada di wilayah Desa Pakualam. Sekolah ini menampung pendidikan dasar bagi para siswa yang berasal dari wilayah Desa Pakualam bagian selatan seperti Dusun Kebonkopi, Cilembu dan sekitarnya.

SD Negeri Kebonkopi berada di bagian barat kawasan pemukiman warga di Dusun Kebonkopi. Lokasinya sangat dekat dengan pusat pemerintahan Desa Pakualam (kantor Desa Pakualam).

Karena lokasi SD Negeri Kebonkopi berada di wilayah genangan bendungan Jatigede dan berada pada ketinggian elevasi kurang dari 260 meter di atas permukaan laut, sekolah ini menjadi salah satu sekolah dari 21 sekolah dasar yang ikut tergenang air bendungan Jatigede. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Sumedang merelokasi SD Negeri Kebonkopi ini ke lokasi yang lebih tinggi namun tidak terlalu jauh dari lokasi asal sekolah. Lokasi yang dipilih untuk merelokasi SD Negeri Kebonkopi ini berada di Dusun Cilembu Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja. Dari sekolah asal jaraknya sekitar 1 km menyusuri jalan besar ke arah barat.

Namun tujuan relokasi SD Negeri Kebonkopi ini tidak tercantum secara detail dalam Keputusan Bupati Sumedang Nomor 421/Kep.354-Dikbud/2016 tentang Penggabungan Sekolah Dasar Negeri yang Terkena Dampak Pembangunan Waduk Jatigede. Di dalam SK yang diterbitkan pada tanggal 22 Juli 2016 tersebut hanya disebutkan jumlah siswa yang ada di SD Kebonkopi sebanyak 79 ditambah empat orang guru pengajar yang harus direlokasi.

Sebelum keluarnya SK Bupati Sumedang tersebut, tiga sekolah dasar yang berada di wilayah Desa Cipaku dan Desa Pakualam yang lokasinya berdekatan, memutuskan untuk menyiapkan tempat relokasi sementara ke daerah terdekat yang tidak terdampak genangan. Tiga sekolah tersebut yaitu SD Negeri Kebonkopi, SD Negeri Sadang dan SD Negeri Cipaku. Kepala sekolah ketiga sekolah tersebut bersepakat untuk menggunakan lahan milik Yayasan Kiai Demang Cipaku sebagai tempat sementara melakukan proses belajar mengajar siswa dari ketiga sekolah tersebut. Dari sejumlah 90 orang siswa SD Negeri Kebonkopi, 89 orang siswa SD Negeri Sadang dan 73 orang siswa SD Negeri Cipaku ada sekitar 70 orang yang akan belajar di tempat sementara tersebut. Sementara sisanya menyebar ke sekolah lain sesuai dengan permintaan orang tuanya.

Galeri Foto Lokasi
user

Papan nama SD Negeri Kebonkopi

user

Gedung sekolah SD Negeri Kebonkopi

user

Gerbang sekolah SD Negeri Kebonkopi

user

Gedung sekolah SD Negeri Kebonkopi

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan/Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
Dusun Kebonkopi Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang
Pendidikan dasar enam tahun

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With