loader

Kampung Babakanjati, Karangheuleut

Kampung Babakanjati, Karangheuleut

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Karangheuleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

1.301

Menyukai

Jumlah Fans Page

1

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di sisi timur wilayah Desa Karangheuleut

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum

Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik bus Medal Sekarwangi atau Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado dan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja. Turun di pertigaan Loji, dilanjut naik ojeg ke arah selatan sekitar 4,6 km

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Karangheuleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Babakanjati (ada yang menulis juga dengan Babakan Jati) merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah Desa Karangheuleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian timur wilayah Desa Karangheuleut, pinggir barat jalur perlintasan yang menghubungkan antara pertigaan Loji dengan Desa Bangbayang.

Kampung Babakanjati merupakan pusat pemerintahan Desa Karangheuleut, dimana kantor Desa Karangheuleut berada. Selain berlokasinya pusat pemerintahan desa, di Kampung Babakanjati juga terdapat fasilitas sekolah dasar yang ada di Desa Karangheuleut yaitu SD Negeri Karangnangka I dan SD Negeri Karangnangka II yang lokasinya bersebelahan. Kedua fasilitas tersebut posisinya berseberangan di lintasan jalan yang menghubungkan Kampung Babakanjati dengan Kampung Karangnangka. Fasilitas umum lainnya adalah fasilitas ibadah dengan adanya Masjid Jami' Ro'sul Hikmah yang berlokasi di bagian timur wilayah Kampung Babakanjati, pinggir jalan besar yang menghubungkan Loji dengan Bangbayang.

Dengan adanya fasilitas pendidikan formal sekolah ini, memudahkan penduduk Kampung Babakanjati untuk menyekolahkan anak-anaknya. Dan dengan adanya fasilitas pemerintahan desa, memudahkan juga bagi penduduk kampung ini untuk mengurus perkara administrasi kependudukan dan administrasi lainnya.

Kampung Babakanjati ini pada jaman penjajahan Belanda dikenal dengan nama Babakan Tjidjati (Babakan Cijati), yang berdasarkan peta pada waktu itu memiliki cakupan wilayah cukup kecil sehingga lokasinya cukup berjauhan dengan Kampung Kaduheuleut (sekarang berada di wilayah Desa Kaduwulung) dan Kampung Cantilan (sekarang berada di wilayah Desa Cijeler), dengan masing-masing jaraknya sekitar 500 meter. Namun saat ini, posisi Kampung Babakanjati hampir tanpa batas dengan Kampung Kaduheuleut di Desa Kaduwulung.

Pola sebaran pemukiman penduduk Kampung Babakanjati tersebar di satu lokasi, dengan tidak mengikuti jalur utama yang melintasi kawasan kampung ini. Walau masih banyak lahan kosong di pinggir jalan utama, namun kebanyakan pemukiman penduduk Kampung Babakanjati berlokasi agak ke dalam dengan akses berupa jalan gang. Pemukiman penduduknya tidak terlalu rapat, dengan banyaknya lahan kosong di pekarangan yang ditanami berbagai jenis tanaman buah.

Kampung Babakanjati berlokasi di kawasan yang cukup landai. Hamparan pemukiman penduduknya berada pada lokasi dengan ketinggian elevasi sekitar 410 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bagian utara Kampung Babakanjati sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian utaranya.

Kampung Babakanjati dikelilingi kawasan pesawahan dengan sedikit lahan perkebunan yang membatasinya. Bagian timur, utara dan barat kawasan pemukiman penduduk Kampung Babakanjati merupakan lahan pesawahan yang subur, sementara bagian selatannya terhubung langsung dengan kawasan pemukiman Kampung Kaduheuleut di Desa Kaduwulung. Lahan pesawahan di sekitaran Kampung Babakanjati sangat subur karena daya dukung pengairan yang berasal dari dua aliran sungai yang berada di sebelah barat dan timur kampung ini. Di sebelah barat yang berbatasan dengan Kampung Karangnangka terdapat aliran Sungai Ciderma, dan di sebelah timurnya terdapat aliran Sungai Cicapar. Kedua aliran sungai tersebut mengalir dari selatan ke utara, bertemu dan bermuara di aliran Sungai Cimanuk.

Secara kewilayahan, Kampung Babakanjati berada dalam cakupan satu kedusunan yaitu Dusun Babakanjati. Dusun Babakanjati ini terbagi ke dalam cakupan dua wilayah Rukun Warga (RW) yaitu RW 05 dan RW 06. Masing-masing RW terdiri atas dua wilayah Rukun Tetangga (RT), yaitu di RW 05 ada RT 01 dan RT 02, serta di RW 06 terdapat RT 01 dan RT 02.

Akses ke Kampung Babakanjati bisa menggunakan jalan besar beraspal yang menghubungkan pertigaan Loji dengan Desa Bangbayang. Sehingga bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, namun belum dilintasi angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menaiki Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado dan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja. Turun di pertigaan Loji, dilanjut naik ojeg ke arah selatan dengan jarak sekitar 4,6 km.

Galeri Foto Lokasi
user

Kampung Babakanjati di Desa Karangheuleut

user

Pasawahan di Kampung Babakanjati

/
Desa Karangheuleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With