Logo Desa Kaduwulung

Desa Kaduwulung

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

31 Juli 1982

Alamat Lengkap

Jalan Desa Kaduwulung No. 02 Sumedang

Nomor Handphone

085302610145


Lokasi

Desa Kaduwulung merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah Kecamatan Situraja dan diapit wilayah Kecamatan Ganeas dan Kecamatan Cisitu. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Situraja, posisinya berada di sebelah barat daya dengan jarak sekitar delapan kilometer.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Kaduwulung merupakan desa pemekaran. Pada awalnya, Desa Kaduwulung merupakan bagian dari wilayah Desa Karangheuleut. Pada tanggal 31 Juli 1982, Desa Karangheuleut mengalami pemekaran desa. Semenjak saat itu Desa Karangheuleut dimekarkan menjadi dua desa, yaitu Desa Karangheuleut sebagai desa induk dan Desa Kaduwulung sebagai desa pemekaran. Pada awal pendiriannya, Desa Kaduwulung terdiri dari sebuh dusun besar yaitu Dusun Kaduheuleut. Untuk cakupan wilayahnya, Desa Kaduwulung memiliki wilayah di bagian selatan bekas desa induk.

Berdasarkan data Kecamatan Situraja dalam Angka tahun 2014, Desa Kaduwulung memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, wilayah Desa Kaduwulung merupakan daerah berbentuk perbukitan dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 448 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Kaduwulung dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Karangheuleut dan Desa Cijeler di sebelah utara, Desa Cikadu dan Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu di sebelah timur, Desa Bangbayang di sebelah selatan serta Desa Dayeuh Luhur dan Desa Sukaluyu (keduanya berada di wilayah Kecamatan Ganeas) di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Kaduwulung terbagi ke dalam tiga wilayah dusun yaitu Dusun Kaduheuleut, Dusun Sanding dan Dusun Batugulung. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak lima RW dan 16 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, terkait luas wilayahnya, pada tahun 2013 Desa Kaduwulung memiliki luas wilayah sebesar 239 hektar. Namun tidak didapatkan data tentang luasan tata guna lahannya. Namun berdasarkan data pertaniannya, Desa Kaduwulung memiliki luasan lahan pesawahan sebesar 240 hektar yang melebihi luasa lahan keseluruhan, sehingga tidak bisa dijadikan patokan.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Kaduwulung merupakan kawasan perbukitan di bagian barat daya wilayah Kecamatan Situraja. Dimana wilayahnya semakin ke arah selatan, semakin meninggi. Kontur wilayahnya terdapat beberapa alur punggung perbukitan di bagian selatan, tengah dan utara dengan arah menyilang dari barat daya ke arah timur laut. Alur punggung bukitnya dipisahkan dengan aliran anak sungai. Untuk tata guna lahannya, wilayah Desa Kaduwulung didominasi oleh wilayah yang menghijau berupa kawasan kehutanan dan lahan perkebunan. Di beberapa tempat yang merupakan kawasan aliran anak sungai terdapat kawasan lahan pesawahan yang membentang di bagian tengah ke utara.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Kaduwulung dihuni penduduk sebanyak 2.006 orang. Dengan komposisi sebanyak 1.005 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.001 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 637 KK. Sementara kepadatan penduduknya, untuk tiap kilometer persegi luas wilayah Desa Kaduwulung dihuni penduduk rata-rata sebanyak 839,33 orang.

Terkait mata pencaharian penduduknya, sebagian besar penduduk Desa Kaduwulung bekerja di sektor pertanian. Sektor pertanian mendominasi pekerjaan penduduk Desa Kaduwulung, dan didukung dengan sumber daya alam yang subur baik sebagai lahan pesawahan maupun lahan perkebunan dan ladang. Walau lahan pesawahannya masih menggunakan sistem pengairan setengah teknis, namun memiliki produktivitas yang bagus. Selain sektor pertanian, sebagian lainnya bergerak di bidang perdagangan, perikanan dan peternakan.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan KKNM Unpad)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Februari 2017

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang