Sekilas Kontak

Berdiri

31 Juli 1984

Alamat Lengkap

Jalan Cikadu - Talun No. 15 Cisitu

Web Site

Desa Sundamekar

Page Facebook

Desa Sundamekar

Akun Google+

Desa Sundamekar


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di Dusun Sundasuka
  2. Berlokasi di pinggir jalan besar
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  4. Tidak dilewati Angkutan Umum

Desa Sundamekar merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Cisitu. Lokasinya berada di sebelah barat wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Situraja. Namun jika dilihat dari pusat kecamatan lokasinya berada di bagian barat daya dengan jarak jangkauan sekitar dua kilometer.

Jauh sebelum menjadi desa yang mandiri, Desa Sundamekar pada awalnya merupakan bagian dari wilayah Desa Sukaluwuk bersama dengan Desa Linggajaya. Desa Sukaluwuk sendiri telah ada semenjak jaman perjuangan melawan penjajah Belanda, terutama setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dimana warga masyarakat ikut berjuang dalam ikatan Laskar Rakyat di bawah pimpinan Mayor Ribut dari Ciawi.

Dengan perkembangan pembangunan yang diimbangi dengan pertumbuhan penduduk dan pemukiman, menyebabkan meluasnya areal perkambungan. Sehingga muncullah saran dan pendapat untuk dilakukan pemekaran wilayah Desa Sukaluwuk menjadi dua atau tiga desa. Akhirnya, untuk menampungnyam digadakan forum resmi dalam suatu Rapat Desa pada Hari Rabu, tanggal 26 Juli 1982 yang dihadiri oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Hasilnya adalah pengajuan untuk memekarkan Desa Sukaluwuk menjadi dua desa yang mencakup Rukun Kampung (RK) Sundasuka dan RK Campaka dalam satu desa, dan satu desa lagi mencakup RK Kawungluwuk dan RK Ramoseh.

Pada tanggal 31 Juli 1984, keluarlah Surat Keputusan Bupati Kabupaten Sumedang Nomor: 27/Op-440-Pem/Bup/Sk/84, tentang Pengesahan Pemekaran Desa Sukaluwuk menjadi 2 desa persiapan. Dua desa yang dimaksud adalah Desa Sundamekar yang mencakup RK Sundasuka dan RK Campaka serta Desa Linggajaya yang mencakup RK Kawungluwuk dan RK Ramoseh. Dan ketika terjadi pemekaran Kecamatan Situraja menjadi Kecamatan Situraja dan Kecamatan Cisitu, Desa Sundamekar masuk ke wilayah Kecamatan Cisitu.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Cisitu tahun 2013, Desa Sundamekar memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya lanjut. Secara topografis, wilayah Desa Sundamekar memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa perbukitan. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 463 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, Desa Sundamekar dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cijati dan Desa Cikadu (keduanya berada di Kecamatan Situraja) serta Desa Situmekar di sebelah utara, Desa Linggajaya di sebelah timur, Desa Linggajaya dan Desa Cimarga serta Desa Bangbayang Kecamatan Situraja di sebelah selatan, Desa Bangbayang dan Desa Kaduwulung (keduanya berada di Kecamatan Situraja) di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Sundamekar terbagi ke dalam tiga dusun yaitu Dusun Sundasuka, Dusun Campaka dan Dusun Sukamaju. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 8 RW dan 22 RT.

Berdasarkan data yang disajikan Desa Sundamekar, luas wilayah total Desa Sundamekar adalah 745 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan seperti lahan pertanian, kehutanan dan pemukiman. Luas wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian di Desa Sundamekar sebesar 218 hektar yang terbagi ke dalam dua jenis yaitu pesawahan yang menggunakan sistem pengairan semi-teknis seluas 88 hektar. Dan seluas 130 hektar lagi berupa lahan tadah hujan yang bisa dipergunakan sebagai pesawahan maupun menanam tanaman palawija. Seluas 125 hektar dari luas total dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. 200 hektarnya lagi dipergunakan sebagai kehutanan. Sisanya terbagi ke dalam peruntukan: lahan pangangonan seluas 80 hektar, lahan tegalan 115 hektar serta lahan jalan dan pemakaman umum seluas 7 hektar.

Berdasarkan Hasil Registrasi Penduduk Kecamatan Cisitu tahun 2013, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Sundamekar pada tahun yang sama sebanyak 2.503 orang. Dengan komposisi sebanyak 1.280 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.223 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sendiri sebanyak 733 KK. Kepadatan penduduk Desa Sundamekar sebesar 355 orang untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Sundamekar bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun sebagai buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja sebagai wiraswastawan, sebagai pedagang, dan sebagai pegawai negeri sipil.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan Desa Sundamekar)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 15 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang