Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses dengan menggunakan berbagai jenis moda transfortasi
  3. Bisa menggunakan Angkutan Umum jurusan Sumedang - Wado. Turun di Warung Ketan atau Situ Asem. Naik ojeg ke Cijati

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

1970

Alamat Lengkap

Jl. Desa Cijati No. 011 RT 01 RW 05 Dusun Cijati – Desa Cijati Kode Pos 45371

Nomor Handphone

0853-5381-7294

Web Site

Desa Cijati

Page Facebook

Desa Cijati


Lokasi

Sebuah desa yang berada di Kecamatan Situraja yang berlokasi di sebelah tenggara ibu kota Kecamatan Situraja dengan jarak sekitar 2 km. Desa Cijati merupakan desa yang berstatus pedesaan dan berklasifikasi sebagai desa swakarsa. Desa Cijati meliputi Kampung Cijati Girang, Cigangsa, Bunut, Cilengkong dan Warung Limus.

Menilik sejarahnya, Desa Cijati pada awalnya merupakan bagian dari wilayah Desa Cimacan yang sudah ada sejak penjajah Belanda. Desa Cimacam mempunyai wilayah kerja sangat luas yaitu meliputi wilayah-wilayah yang berbatasan dengan Kecamatan Tomo di sebelah utaranya, Desa Bungbulang (sekarang Desa Cigintung) dan Pajagan Kecamatan Cisitu di sebelah timur, Desa Sukaluwuk (sekarang Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu dan Desa Cikadu Kecamatan Situraja) di sebelah selatan dan Desa Cikadu (sekarang Desa Cikadu dan Mekarmulya) dan Desa Situraja (sekarang Desa Situraja, Malaka dan Wakerta) di sebelah barat. Nama Desa Cimacan sendiri diambil dari nama sungai yang mengalir di wilayah ini. Sementara ibukota desanya berkedudukan di Dusun Cijati.

Pada tahun 1970 para tokoh masyarakat bermusyawarah agar Desa Cimacan dibagi 2 (dua) demi pemerataan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat. Hal tersebut direspon oleh Pemerintah Kabupaten yang kemudian Desa Cimacan dimekarkan menjadi Desa Ranjeng (sekarang Desa Ranjeng dan Desa Cilopang Kecamatan Cisitu) dan Desa Cijati (sekarang Desa Cijati dan Desa Jatimekar Kecamatan Situraja).

Sehubungan ibukota Desa Cimacan berkedudukan Di Dusun Cijati, maka berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat Panitia Pemekaran Desa, nama desa baru itu menjadi Desa Cijati yang meliputi Dusun Cilenggkong, Bunut I, Bunut II, Warunglimus, Cigangsa, Cijati, Cijati Hilir, Cijambe, Cikopo dan Warungketan. Berdasarkan Program Pengembangan Desa dari pemerintah demi pemerataan dan pelayanan terhadap masyarakat, tokoh masyarakat mengajukan kembali agar Desa Cijati dimekarkan kembali. Atas respon dari Pemerintah Kabupaten Sumedang, Desa Cijati pada tahun 1980 dimekarkan menjadi Desa Cijati dan Desa Jatimekar.

Desa Cijati saat ini memiliki luas wilayah sebesar 185,04 hektar dengan topologi berbentuk dataran. Ketinggian wilayahnya sekitar 334 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Cijati saat ini berbatasan langsung dengan Desa Cigintung dan Desa Situmekar (Kecamatan Cisitu) di sebelah timur, Desa Sundamekar (Kecamatan Cisitu), Desa Cikadu di sebelah selatan, Desa Mekarmulya dan Desa Situraja di sebelah barat dan dengan Desa Jatimekar di sebelah utara.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cijati berdasarkan data tahun 2013 sebanyak 2.728 orang dengan rincian 1.404 orang laki-laki dan 1.324 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 849 KK. Kepadatan penduduk di Desa Cijati adalah 1.474,59 orang tiap km persegi.

Mata pencaharian utama penduduk Desa Cijati sebagai petani. Luas lahan pertanian berbentuk pesawahan sekitar 109 hektar yang mengelilingi perkampungan di Desa Cijati. Selain bertani ada juga yang menggeluti industri skala rumah tangga. Salah satu produk yang dihasilkannya adalah sapu ijuk. Sapu ijuk buatan Desa Cijati ini lumayan kuat dan awet. Pemasarannya sampai ke luar kota.

(Dari berbagai sumber seperti Desa CijatiWikipedia dan BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 06 Juni 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang