Sekilas Kontak

Berdiri

31 Juli 1982

Alamat Lengkap

Jalan Babakan Jati Dusun Babakan Jati Desa Karangheuleut Kecamatan Situraja

Akun Facebook

Karangheuleut


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Karangheuleut merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Situraja. Lokasinya berada di sebelah selatan ibu kota kecamatan dengan jarak sekitar 5 km. Berdasarkan data status, Desa Karangheuleut memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadana.

Sebelum dilakukan pemekaran, Desa Karangheuleut meliputi dua wilayah dusun yang besar yaitu Dusun Kaduheuleut dan Dusun Karangnangka. Nama Karangheuleut sendiri diambil dari nama dua dusun tersebut: Karang diambil dari nama Dusun Karangnangka, dan Heuleut diambil dari nama Dusun Kaduheuleut. Setelah dilakukan pemekaran desa pada tanggal 31 Juli 1982, Desa Karangheuleut menjadi dua desa yaitu Desa Karangheuleut dan Desa Kaduwulung. Wilayah Dusun Karangnangka masuk ke Desa Karangheuleut, sementara Dusun Kaduheuleut masuk ke Desa Kaduwulung.

Berdasarkan data topografis, wilayah Desa Karangheuleut memiliki bentang permukaan tanah berupa perbukitan. Sementara ketinggian wilayah di mana kantor desa berada sekitar 424 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, wilayah Desa Karangheuleut terdiri atas tiga buah dusun yaitu Dusun Karangnangka I, Dusun Karangnangka II, dan Dusun Babakan Jati. Sementara jumlah Rukun Warganya sebanyak 6 RW dan terbagi menjadi 14 RT. Secara geografis, wilayah Desa Karangheuleut dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cijeler di sebelah utara, Desa Cikadu di sebelah timur, Desa Kaduwulung di sebelah selatan dan Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas di sebelah baratnya.

Desa Karangheuleut memiliki luas wilayah seluas 341,595 hektar. Sebagian besar lahan yang dimanfaatkan oleh penduduk Desa Karangheuleut sebagai lahan pertanian baik lahan pertanian basah (pesawahan) maupun pertanian kering seperti ladang dan perkebunan. Sebagian lainnya digunakan sebagai lahan pemukiman dan fasilitas umum. Sisanya merupakan lahan kehutanan.

Berdasarkan data BPS Kabupaten Sumedang yang bersumber dari Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Karangheuleut sebanyak 2.353 orang. Dengan rincian sebanyak 1.208 orang laki-laki dan 1.145 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 613 KK. Sementara kepadatan penduduknya sebesar 690 orang untuk tiap km persegi luas wilayah Desa Karangheuleut.

Berkaitan dengan mata pencaharian, sebagian besar penduduk Desa Karangheuleut bergerak di bidang pertanian. Lahan pertanian di Desa Karangheuleut menghasilkan produk utama berupa padi yang dihasilkan lahan pesawahan. Hasil pertanian lainnya adalah dari jenis umbi-umbian seperti singkong, kacang dan talas. Produk buah-buahan yang dihasilkan penduduk Desa Karangheuleut diantaranya adalah sawo dan durian.

(Sumber: KKNM Unpad dan BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Januari 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang