Logo Kampung Cantilan, Cijeler

Kampung Cantilan, Cijeler

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di sisi selatan wilayah Desa Cijeler
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum
  4. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik bus Medal Sekarwangi atau Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado dan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja. Turun di pertigaan Loji, dilanjut naik ojeg ke arah selatan sekitar 4 km

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cijeler Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Cantilan merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah Desa Cijeler Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian tenggara wilayah Desa Cijeler, berada pada perlintasan jalan utama yang menghubungkan pertigaan Loji dengan Desa Bangbayang. Kampung Cantilan tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Cijeler, sekitar 900 meter ke arah selatan dari kantor Desa Cijeler.

Kampung Cantilan saat ini berbeda dengan jaman dahulu. Jika dilihat dari peta yang diterbitkan jaman penjajahan Belanda, Kampung Cantilan ini memiliki lokasi yang terpisah dengan Kampung Cijeler. Ada jarak antara kedua kampung tersebut, terpisah sekitar 200 meteran. Namun saat ini, Kampung Cantilan ini tanpa batas bersatu dengan Kampung Cijeler yang berada di sebelah utaranya.

Jika di bagian utara Kampung Cantilan berupa perkampungan Cijeler, maka di ketiga sisi lainnya kampung ini berbatasan dengan lahan pertanian berupa lahan pesawahan. Namun sebelum menjangkau lahan pesawahan, ada sedikit lahan perkebunan yang ditanami berbagai jenis tanaman buah-buahan. Begitu juga dengan lahan pekarangan penduduk Kampung Cantilan, umumnya ditanami dengan berbagai jenis tanaman buah-buahan seperti mangga, rambutan, dan pisang.

Pemukiman penduduk Kampung Cantilan tersebar memanjang dari utara yang berbatasan dengan Kampung Cijeler ke selatan yang berbatasan dengan lahan pesawahan. Pola sebarannya tidak terlalu mengikuti alur jalan utama yang melintasinya. Sebagian besar pemukiman penduduknya berada di sebelah barat jalan utama hingga agak menjauh dari jalan besar, dengan akses berupa jalan gang.

Pemukiman penduduk Kampung Cantilan berada di kawasan yang cukup datar, dengan ketinggian elevasinya sekitar 400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hanya lahan yang terletak di sisi timur pemukiman saja yang berupa turunan menuju ke arah aliran Sungai Cicapar. Lahan ini campuran antara pesawahan, ladang, perkebunan dan kolam ikan.

Di Kampung Cantilan ini ada beberapa fasilitas umum yang sangat membantu kehidupan penduduknya. Fasilitas ibadah dengan adanya masjid yang terletak di bagian utara kawasan pemukiman penduduk. Fasilitas pendidikan, di Kampung Cantilan ini terdapat sekolah dasar yang terletak di sebelah utara kawasan pemukiman penduduk berupa SD Negeri Cijeler I dan SD Negeri Cijeler II. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas kesehatan berupa Puskesmas Pembantu Cijeler dan Bidan Praktek. Dan ada juga fasilitas olahraga berupa lapangan olahraga bola voli yang terletak di bagian barat laut kawasan pemukiman Kampung Cantilan.

Mata pencaharian penduduk Kampung Cantilan, campuran dari berbagai bidang. Sebagian bekerja di sektor pertanian yang menggarap lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Sebagian yang lain bekerja di sektor perdagangan dan pelayanan umum.

Secara kewilayahan, Kampung Cantilan termasuk salah satu wilayah yang berada di bawah Dusun II Cijeler. Lebih spesifiknya lagi berada di bawah cakupan wilayah Rukun Warga 04. Setidaknya di bawah cakupan RW 04 di Kampung Cantilan ini terbagi ke dalam empat wilayah Rukun Tetangga yaitu RT 01, 02, 03 dan RT 04.

Akses ke Kampung Cantilan ini sangat mudah dikarenakan berada di perlintasan jalan yang menghubungkan pertigaan Loji dengan Desa Bangbayang. Sehingga bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat. Namun belum dilewati angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menaiki Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado dan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja. Turun di pertigaan Loji, dilanjut naik ojeg ke arah selatan dengan jarak sekitar empat km.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 16 Juli 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang