Logo Kampung Karangnangka, Karangheuleut

Kampung Karangnangka, Karangheuleut

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di bagian timur wilayah Desa Karangheuleut
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum
  4. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik bus Medal Sekarwangi atau Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado dan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja. Turun di pertigaan Loji, dilanjut naik ojeg ke arah selatan sekitar 4,8 km

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Karangheuleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Karangnangka merupakan sebuah kampung besar yang ada di wilayah Desa Karangheuleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian tengah wilayah Desa Karangheuleut. Sebagai sebuah kampung utama di Desa Karangheuleut, nama kampung ini menjadi bagian dari penamaan Desa Karangheuleut yang pada awalnya masih bergabung dengan Kampung Kaduheuleut yang sekarang berada di Desa Kaduwulung.

Walau demikian, untuk pusat pemerintahan desanya tidak terletak di kampung ini. Pusat pemerintahan Desa Karangheuleut (kantor Desa Karangheuleut) terletak di Kampung Babakanjati yang terletak di sebelah baratnya dengan jarak sekitar 700 meter menggunakan jalan besar yang melintasi kawasan pesawahan.

Kampung Karangnangka berada di lereng atau tepatnya kaki bukit di sebelah timur. Bagian barat wilayah kampung ini berposisi lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian timurnya. Ketinggian wilayah Kampung Karangnangka jika menggunakan Google Maps, berada pada elevasi 410 sampai dengan 430 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kampung Karangnangka berada di kawasan yang dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Lahan perkebunan terletak di bagian utara dan barat pemukiman penduduk Kampung Karangnangka. Lahan perkebunannya ditanami berbagai jenis tanaman termasuk pohon kayu dan berbagai jenis pohon buah-buahan seperti pohon rambutan, durian, mangga, pisang dan singkong. Bagian selatan dan timur pemukiman penduduk terdapat hamparan lahan pesawahan yang luas dan subur. Salah satu faktornya adanya aliran Sungai Ciderma yang terdapat di sisi timur pemukiman penduduk, mengalir dari selatan ke utara.

Pemukiman penduduk Kampung Karangnangka memanjang dari utara ke selatan. Pola sebaran pemukimannya tidak berkumpul pada satu lokasi, jadi tidak terlalu mengacu pada jalur jalan utama yang melintasi Kampung Karangnangka. Sebagian berada di pinggir jalan utama dan sebagian lagi berada agak kedalam dengan akses menggunakan jalan gang. Pemukiman penduduk Kampung Karangnangka bagian selatan memiliki kerapatan yang cukup pada jika dibandingkan dengan bagian utara. Diantara pemukiman penduduk bagian utara kampung ini masih banyak terdapat lahan kosong yang ditanami berbagai jenis tanaman buah-buahan.

Untuk mata pencaharian penduduknya, sebagian penduduk Kampung Karangnangka bekerja di sektor pertanian. Hal ini didukung dengan luasnya lahan pertanian di Kampung Karangnangka. Sebagian lagi bekerja di sektor perdagangan dang wiraswasta.

Fasilitas umum yang ada di Kampung Karangnangka diantaranya adalah fasilitas peribadahan dengan berdirinya sejumlah masjid dan mushala yang tersebar di sejumlah tempat. Untuk fasilitas pendidikan, yang ada di Kampung Karangnangka adalah MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) dan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA), sementara fasilitas pendidikan formalnya belum ada. Sehingga bagi penduduk Kampung Karangnangka yang ingin menyekolahkan anak-anaknya harus pergi ke Kampung Babakanjati tepatnya SD Negeri Karangnangka I dan SD Negeri Karangnangka II, dengan jarak sekitar 700 meter ke arah timur. Dan jika melanjutkan sekolah ke jenjang menengah pertama, bisa pergi ke Kampung Cipedangmanik yang terdapat SMP Negeri 4 Situraja dengan jarak sekitar 600 ke arah utara. Fasilitas umum lainnya yaitu fasilitas olahraga dengan adanya lapang sepakbola Subalaksana di sebelah utara wilayah pemukiman penduduk.

Secara kewilayahan, Kampung Karangnangka terbagi ke dalam dua wilayah kedusunan. Hal ini dimungkinkan karena Kampung Karangnangka memiliki cakupan wilayah yang cukup luas, yaitu Dusun Karangnangka I dan Dusun Karangnangka II. Masing-masing wilayah dusun terbagi ke dalam dua wilayah Rukun Warga (RW) yaitu RW 01 dan RW 02 di Dusun Karangnangka I, RW 03 dan RW 04 di Dusun Karangnangka II. Masing-masing wilayah Rukun Warga mencakup tiga wilayah Rukun Tetangga (RT), dengan pengecualian untuk RW 01 hanya dua RT saja yang terdapat di Kampung Karangnangka karena RT 01 terletak di Kampung Lemah Beureum. Di kampung Karangnangka, RW 01 terbagi ke dalam dua wilayah RT yaitu RT 01 dan RT 02, RW 02 terbagi menjadi RT 01, 02 dan RT 03, RW 03 menjadi wilayah RT 01, 02 dan RT 03 serta RW 04 menjadi RT 01, 02 dan RT 03.

Akses ke Kampung Karangnangka cukup mudah karena sudah dilintasi jalan besar beraspal. Akses masuknya bisa menggunakan pintu masuk utara dari jalan yang terhubung dengan wilayah Desa Cijeler yaitu Kampung Cijeler atau Kampung Cisambeng. Akses masuk satu lagi berasal dari bagian timur dari Kampung Babakanjati.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 Juli 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang