loader

Desa Cimanintin

Desa Cimanintin

Kategori: Desa/Kelurahan

Alamat: Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal

Tayangan

Jumlah View Page

7.170

Menyukai

Jumlah Fans Page

3

Check In

Pengunjung Lokasi

6

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di pinggir jalan besar

Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan termasuk kendaraan roda dua dan roda empat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Desa Cimanintin merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinunggal. Lokasinya di ujung timur wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka. Jarak dengan ibu kota kecamatan sekitar 20 km. Desa Cimanintin memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa.

Desa Cimanintin berdiri sejak tahun 1870. Kepala desa pertama dijabat oleh Raimah yang menjabat selama empat tahun. Sebelum tahun 2001, Desa Cimanintin merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Jatigede. Namun dengan keluarnya Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor 61 Tahun 2001, tanggal 24 Februari 2001, tentang Penetapan Desa/Kelurahan dalam wilayah kecamatan di Kabupaten Sumedang, Desa Cimanintin lepas dari wilayah Kecamatan Jatigede dan masuk ke wilayah Kecamatan Jatinunggal.

Secara topografis, wilayah Desa Cimanintin memiliki bentang wilayah permukaan berbentuk perbukitan dengan ketinggian wilayah kantor desa sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Cimanintin dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Kadu Kecamatan Jatigede dan Kabupaten Majalengka di sebelah utara, Desa Cisampih Kecamatan Jatigede Kecamatan Jatigede di sebelah barat, Desa Sukamanah dan Desa Cipeundeuy serta Kabupaten Majalengka di sebelah selatan, Kabupaten Majalengka di sebelah timurnya. Berdasarkan data Potensi Desa 2013, jumlah dusunnya sebanyak 6 dusun serta 6 RW.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2013, Desa Cimanintin memiliki luas wilayah sebesar 1.395 hektar. Luas wilayah desa tersebut terbagu ke dalam beberapa peruntukan yaitu sebagai lahan pesawahan seluas 305 hektar, sebagai lahan pekarangan seluas 110 hektar, sebagai lahan perkebunan seluas 143 hektar, sebagai lahan kehutanan seluas 638 hektar dan sebagai lahan pengangonan seluas 115 hektar.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cimanintin berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, sebanyak 3.363 orang. Dengan rincian sebanyak 1.720 orang berjenis kelamin laki-laki dan ditambah sebanyak 1.643 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.180 KK. Kepadatan penduduknya sebanyak 83,09 jiwa untuk tiap km luas wilayah Desa Cimanintin.

Mata pencaharian penduduk Desa Cimanintin sebagian besar bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Selain sebagai petani sebagian kecil lainnya bergerak di sektor perdagangan, konstruksi dan wiraswasta. Produk utama pertanian adalah padi yang dihasilkan oleh lahan pesawahan dan ladang. Selain menghasilkan padi, sektor pertanian juga menghasilkan kedelai, kacang tanah dan kacang hijau. Selain hasil pertanian ada juga hasil peternakan seperti ayam kampung, domba dan sapi potong.

(Dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Galeri Foto Lokasi
user

Wilayah Desa Cimanintin (gambar oleh Google Maps)

user

Jembatan bambu yang menghubungkan Cimanintin dengan Cikukulu (foto: facebook)

user

Salah satu pemandangan alam Desa Cimanintin (foto: Asephotography)

user

Kantor Desa Cimanintin (foto: facebook)

/
1870
Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With