Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

UPI Bandung

Berdiri

1990

Alamat Lengkap

Jalan Mayor Abdurrachman No. 211 Sumedang

Nomor Telepon

0261-201244

Web Site

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan protokol Kota Sumedang
  2. Dekat dengan Bunderan Alam Sari, sekitar 200 meter ke arah selatan
  3. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 01, 02 dan 06 dan Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Citimun
  4. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

UPI Kampus Sumedang merupakan sebuah kampus daerah dari Universitas Pendidikan Indonesia yang berlokasi di kota Sumedang. Sebagai kampus daerah dari UPI Bandung, UPI Kampus Sumedang menjadi salah satu Unit Pelaksana Pendidikan (UPP) yang secara struktur organisasi kelembagaan diatur oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung. UPP ini menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma II PGSD dan PGTK.

Jauh sebelum menjadi menjadi bagian dari kampus daerah, UPI Kampus Sumedang merupakan Sekolah Guru B (SGB) Negeri 2 Sumedang dan SGB Negeri 5 Sumedang yang berdiri semenjak jaman revolusi. SGB Negeri ini melengkapi daftar SGB Negeri lain yang berada di kota Sumedang seperti SGB Negeri 1, SGB Negeri 3 dan SGB Negeri 4 Sumedang. Pada tahun 1956/1957 SGB Negeri yang berada di kota Sumedang tersebut tidak menerima murid atau siswa baru khususnya kelas 1. Dan gedung bekas SGB Negeri tersebut akan diubah fungsinya menjadi gedung sekolah lain, ada yang berubah menjadi gedung SMP, SGA, SMEP dan SMA Negeri. Dan pada tahun 1959/1960, setelah SGB Negeri tidak memiliki murid lagi, status SGB Negeri 2 dan SGB Negeri 5 berubah  menjadi gedung Sekolah Guru A (SGA) Negeri Sumedang.

Perubahan ini mempengaruhi jenjang pendidikan dari sekolah guru tersebut. Sekolah Guru B atau SGB merupakan lembaga pendidikan guru yang setara dengan sekolah menengah pertama. Lembaga ini menerima siswa dari lulusan Sekolah Dasar dan lama pendidikannya selama empat tahun serta lulusannya menjadi Guru SD. Sementara Sekolah Guru A setara dengan sekolah menengah atas yang menerima siswa dari lulusan SMP dan SGB. Lama pendidikan SGA adalah tiga tahun dan lulusannya menjadi Guru setingkat SMP (SMP, ST, SMEP dan SGB).

Perubahan selanjutnya, SGA berubah lagi menjadi SPG (Sekolah Pendidikan Guru) Negeri Sumedang. Dan ketika SPG Negeri Sumedang pindah ke kampus yang sekarang menjadi SMA Negeri 2 Cimalaka, kampus bekas SPG Negeri ini berubah fungsi menjadi kampus Sekolah Guru Olahraga (SGO) Negeri Sumedang.

wal tahun 1990-an, pemerintah melakukan penataan program pendidikan tinggi dengan menerapkan multiprogram dan multistrata. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 0854/O/1989 tanggal 30 Desember 1989 dan SK Dirjen Dikti No.178–Dikti/Kep/1990 tanggal 16 April 1990, SPG/SGO dan SGPLB ditingkatkan kualifikasinya menjadi Program Diploma II Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Berdasarkan dua hal tersebut, SGO Negeri Sumedang beralih fungsi menjadi Unit Pelaksana Pendidikan (UPP) Diploma II PGSD dan diintegrasikan menjadi bagian dari IKIP Bandung yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Integrasi ini tidak hanya melibatkan SGO Negeri Sumedang saja, namun juga melibatkan beberapa kampus SPG di daerah lainnya seperti SPG Negeri Cibiru, Purwakarta, Tasikmalaya, dan SPG Serang. Sebagai Unit Pelaksana Pendidikan (UPP) PGSD Sumedang, secara Struktur Organisasi Kelembagaan diatur oleh Fakultas Ilmu Penddikan IKIP Bandung.

Pada awalnya, UPI Kampus Sumedang ini menyelenggarakan pendidikan khusus jenjang Diploma II (D2) PGSD. Namun pada perkembangan berikutnya ditambah dengan Program Studi D2 PGTK (Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak). Kemudian saat ini, UPI Kampus Sumedang menyelenggarakan Program Studi S1 PGSD dan D2 PGTK dengan tambahan Program Studi S1 PGSD Pendidikan Jasmani. Program Studi tersebut menyiapkan lulusan yang mampu mengajar sebagai guru kelas di sekolah dasar dan di taman kanak-kanak dan khusus S1 PGSD Pendidikan Jasmani menyiapkan tenaga guru pendidikan jasmani di sekolah dasar. Untuk kurikulum S1 PGSD selain disiapkan sebagai guru kelas, juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih satu dari empat konsentrasi yaitu IPS, IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia.

Mulai tahun akademik 2006/2007, Sekolah Pascasarjana UPI menyelenggarakan tiga Program Magister (S2) di tiga Kampus UPI di Daerah. Salah satunya adalah Program Magister Adminitrasi Pendidikan di Kampus UPI Daerah Sumedang. Program S2 di kampus UPI di daerah ini bukan merupakan kelas jauh karena dikelola langsung oleh Sekolah Pascasarjana UPI. Semua perkuliahan diasuh oleh dosen SPs dan mengacu pada kurikulum, standar perkuliahan dan penilaian yang sama seperti di kampus induk Bumi Siliwangi.

Kegiatan perkuliahan atau proses belajar mengajar di UPI Kampus Sumedang mengacu pada Kurikulum, Pedoman Akademik, Kalender Akademik, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah dan aturan lain yang berlaku di lingkungan UPI. Proses pembelajaran dibina oleh dosen-dosen yang memenuhi persyaratan akademis, berpendidikan dari dalam dan luar negeri. Dosen-dosen tersebut bertanggung jawab secara langsung dalam memberikan perkuliahan sesuai dengan jadwal dan frekuensi perkuliahan yang dipersyaratkan.

Selain kegiatan tatap muka di kelas mahasiswa PGSD dan PGTK Kampus UPI Daerah Sumedang juga melakukan kegiatan Program Latihan Profesi (PLP). PLP dilakukan selama satu semester di sekolah mitra (TK/Sekolah Dasar). Selain harus mengikuti perkuliahan dan PLP mahasiswa juga wajib mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen, membaca buku wajib, buku tambahan dan menulis makalah. Buku wajib dan tambahan dicantumkan dalam silabus perkuliahan dan dapat diakses oleh mahasiswa melalui jaringan internet pada awal semester.

Kelulusan mahasiswa Kampus UPI Daerah Sumedang dalam mata kuliah ditentukan berdasarkan kehadiran, minimal 80%, memenuhi tagihan dosen (tugas-tugas), mengikuti dan mengerjakan soal-soal dengan benar pada Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Sementara penerimaan mahasiswa baru untuk UPI Kampus Sumedang menggunakan sistem seleksi yang terintegrasi dengan sistem seleksi mahasiswa UPI Bandung. Sistem seleksi mahasiswa ini di antaranya adalah Ujian Masuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (UM-PGSD). Bagi mahasiswa yang tidak mampu, disediakan beasiswa.

Selain kegiatan perkuliahan, mahasiswa UPI Kampus Sumedang juga bisa mengikuti berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di UPI Kampus Sumedang diantaranya adalah Perisai Diri, Teater, Pramuka, Belajar Al Quran, English Club, Azkiya Nisa, KOPMA UPI Kampus Sumedang, Pers Mahasiswa, Klub Ilmiah, dan Tutorial.

Tenaga pengajar UPI Kampus Sumedang memiliki kualifikasi dimulai dari S1 hingga S3. Dosen dengan kualifikasi S1 sebanyak 10 orang, S2 sebanyak 11 orang dan S3 sebanyak dua orang.

Kampus UPI Daerah Sumedang didukung dengan berbagai fasilitas dan sarana prasarana. Fasilitas atau sarana dan prasarana yang ada di UPI Kampus Sumedang diantaranya ruang perkuliahan, ruang dosen, ruang tata usaha, Laboratorium UPInet, Laboratorium IPA, lapangan voli, lapangan lari, lapangan tenis, lapangan tenis meja, lapangan basket, Gimnasium (gedung olah raga), lapang bulutangkis, dan Perpustakaan.

Pada tahun 2014, UPI Kampus Sumedang memperoleh Sertifikasi ISO 9001:2008 dengan nomor sertifikat 61467/A/0001/UK/EN tanggal 27 Januari 2014.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 Juli 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang