loader

Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang

Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang

Kategori: PT

Alamat: Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

13.147

Menyukai

Jumlah Fans Page

6

Check In

Pengunjung Lokasi

5

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di kompleks Perguruan Tinggi Unsap Sumedang, Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum secara langsung. Jika menggunakan angkutan umum, gunakan angkutan umum yang melewati jalan Angkrek. Turun di pertigaan Angkrek Situ, dilanjut jalan kaki sekitar 150 meter ke arah barat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang
No. Telp
0261-202911
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
info@unsap.ac.id
Peta Lokasi

Universitas Sebelas April Sumedang atau disingkat juga dengan Unsap Sumedang, merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di kota Sumedang. Universitas ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang. Pendirian universitas ini dirintis semenjak tahun 1980-an.

Pendirian universitas ini dilandasi oleh cita-cita dan harapan warga masyarakat Kabupaten Sumedang untuk memiliki perguruan tinggi. Sebelumnya, di kota Sumedang sempat ada perguruan tinggi yang berdiri pada era 1962-1968 yaitu Perguruan Tinggi Ekstensi IKIP Bandung, Pendidikan Tinggi Dakwah Islam (PTDI), Akademi Administrasi Niaga (AAN), serta Uninus Bandung Kelas Jauh pada tahun 1977-1978.

Keinginan untuk memiliki perguruan tinggi ini ditindaklanjuti dengan diadakan pertemuan-pertemuan yang melibatkan tokoh masyarakat Sumedang, baik kalangan akademisi maupun pihak pemerintahan. Pertemuan pertama dilakukan pada tanggal 20 Maret 1981 di rumah dinas Ketua DPRD Kabupaten Sumedang. Pertemuan ini digagas oleh Drs. Endang Sukandar, M.Si. (alm), Drs. M. Barnas Komaludin (alm) dan Drs. Yaya Sayaman (alm) serta dihadiri oleh Kepala Kandepdikbud Sumedang (Drs. Kosam Erawan), Ketua DPRD Kabupaten Sumedang (Letkol. Oyo Sunaryo), Drs. H. Otoy Sutarman, M.Pd., Drs. Ase Suherlan dan Udin S. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk mempertemukan tokoh-tokoh masyarakat yang berkeinginan logis dan bernilai luhur untuk memprakarsai berdirinya sebuah universitas di Kota Sumedang.

Dan untuk mewujudkan keinginan pendirian perguruan tinggi tersebut, rumah Drs. H. Endang Sukandar, M.Si. yang beralamat di Gg. Ojon no. 82 Sumedang dijadikan sekertariat pusat kegiatan persiapan, sehingga terjalin hubungan dengan instansi terkait baik yang berada di Jakarta, Bandung, dan Sumedang. Dan sesuai peraturan yang berlaku, sebuah lembaga perguruan tinggi swasta harus dinaungi oleh sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, sehingga seluruh pemrakarsa sepakat untuk mendirikannya.

Pada tanggal 29 Januari 1982, diadakan pertemuan kembali yang pada akhirnya menghasilkan kesepakatan tentang pembentukan kepanitiaan yang dikukuhkan dengan SK Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sumedang No. 10/KS.415/SK/1982 tentang Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi. Dan pada hari Senin, 17 Mei 1982 pukul 15.30 bertempat di rumah Bupati Sumedang di Gudang Kopi, terbentuklah Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA) yang disahkan oleh notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. dengan akta notaris Nomor: 24 Tanggal 17 Mei 1982 dan selanjutnya disahkan oleh Pengadilan Negeri Sumedang Nomor: 68/1982 Tanggal 18 September 1982.

Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi saat itu membentuk Universitas Sebelas April Sumedang (Unsap) Sumedang dengan menawarkan 5 Fakultas, yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. Ternyata, dari kelima fakultas tersebut, hanya dua fakultas yang banyak peminatnya, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi.

Karena terbentur pada syarat-syarat terbentuknya suatu universitas, yakni harus ada fakultas eksak, maka Unsap Sumedang tidak dapat langsung dibentuk. Sambil menunggu persiapan menjadi sebuah universitas, berdasarkan hasil pertimbangan yang matang dari para pengurus YPSA Sumedang, maka dibentuk terlebih dahulu sekolah-sekolah tinggi diantaranya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berasal dari FKIP Unsap Sumedang yang sekarang dikenal dengan STKIP Sebelas April Sumedang.

Pada perkembangan berikutnya dibentuk sekolah tinggi yang lain yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang berasal dari Fakultas Ekonomi Unsap Sumedang yang sekarang dikenal dengan STIE Sebelas April Sumedang, STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Sebelas April Sumedang, STBA (Sekolah Tinggi Bahasa Asing) Sebelas April Sumedang, STIA (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi) Sebelas April Sumedang, STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Sebelas April Sumedang dan STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Sebelas April Sumedang.

Setelah melewati proses yang panjang dan menunggu bertahun-tahun, pada tahun 2021 akhirnya perguruan tinggi berbentuk universitas yang didamba-dambakan bisa terwujud. Sejumlah perguruan tinggi yang sebelumnya masih bernama sekolah tinggi meleburkan diri menjadi bagian dari Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang. Perubahan menjadi universitas didahului dengan dilakukannya pengecekan kelengkapan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristekdikti pada bulan April 2021. Kelengkapan yang diperiksa terkait dengan aspek-aspek kelayakan kampus perguruan tinggi Sebelas April untuk menjadi sebuah universitas. Aspek-aspek yang diperiksanya seperti jumlah gedung yang ada, surat-surat perizinan (legalitas), jumlah SDM, organ yayasan, rasio dosen dan mahasiswa serta aspek terkait lainnya. Dan hasilnya, aspek-aspek yang diperiksa tersebut telah memenuhi persyaratan untuk dibentuknya sebuah universitas.

Dan pada tanggal 26 Juli 2021, terbitlah Surat Keputusan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristekdikti Nomor 7318/E1/TP.01.06/2021. Berdasarkan SK tersebut, perguruan tinggi Sebelas April (PTSA) termasuk STMIK Sumedang resmi menjadi sebuah universitas dengan nama Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang. Dengan diresmikannya universitas ini, maka sekolah tinggi yang sebelumnya ada di dalam naungan Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang berubah statusnya menjaadi fakultas. Total dari tujuh sekolah tinggi yang berubah menjadi enam fakultas yaitu STKIP Sebelas April Sumedang berubah menjadi Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP), STIE Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), STBA Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB), STIA Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), STMIK Sebelas April Sumedang menjadi FTI (Fakultas Teknologi Informasi) dan STIKes Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes). Sementara STAI Sebelas April Sumedang masih dalam proses penggabungan.

Dari enam fakultas tersebut, ada 18 program studi yang sudah tersedia untuk dipilih oleh mahasiswa Unsap. Ke-18 program studi tersebut adalah Magister Manajemen (S2); Ilmu Administrasi (S2); Profesi Ners (Program Profesi); Akuntansi (S1); Manajemen (S1); Ilmu Keperawatan (S1); Ilmu Administrasi Negara (S1); Kesehatan Masyarakat (S1); Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1); Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1); Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1); Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (S1); Pendidikan Matematika (S1); Pendidikan Teknik Mesin (S1); Sastra Inggris (S1); Sistem Informasi (S1); Teknik Informatika (S1); dan Manajemen Informatika (D3).

Walau terjadi perubahan menjadi universitas, namun tidak berdampak pada jumlah sumber daya manusia (SDM) yang ada di lingkungan kampus. Dosen, karyawan, gedung kampus termasuk program studinya masih tetap tidak mengalami perubahan. Hanya saja, ke depannya tidak menuntup kemungkinan jika ada fakultas yang membuka jurusan atau program studi yang baru.

Untuk lokasi kampusnya, saat ini Universitas Sebelas April berada di dua tempat. Kampus utama berlokasi di kawasan perguruan tinggi Sebelas April di Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang. Dan kampus duanya berlokasi di Lingkungan Cipadung No. 54B Ketib Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara. Kampus dua ini ditempati oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) dan Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Sebagai universitas yang menjadi gabungan dari sekolah-sekolah tinggi yang memiliki fasilitas yang lengkap, Universitas Sebelas April Sumedang memiliki fasilitas yang lengkap pula. Fasilitasnya mulai dari fasilitas yang sifatnya fisik, fasilitas pengembangan kemahasiswaan sampai fasilitas beasiswa. Fasilitas fisik yang ada di Unsap diantaranya Bangunan perkuliahan yang representatif, Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Microteaching, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Hardware & Jaringan Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium UEM, Laboratorium Kesenian, Laboratorium Kesehatan Masyarakat, Laboratorium Keperawatan (Laboratorium Keperawatan Anak, Laboratorium Keperawatan MediKal Bedah, Laboratorium Maternitas, Laboratorium KDM, Laboratorium Keperawatan Jiwa/Komunitas dan Laboratorium Klinik), WIFI gratis, Sarana Olahraga, Masjid, Gedung Serba Guna, Perpustakaan dan Perpustakaan Digital, dan Radio Kampus.

Fasilitas pengembangan mahasiswa di Unsap yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), Lingkung Seni Musik Mahasiswa (LISMMA), Mahasiswa Sebelas April Pencinta Alam (MASAPA), Lises, Mapala Balwana Paksi, Sanggar Teater Sebelas April (Sate Sapi), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lainnya. Terakhir fasilitas yang bisa dinikmati oleh mahasiswa Unsap terkait bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dan mahasiswa yang berprestasi yang berupa Beasiswa YPSA Sumedang, Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Baznas Sumedang, dan Beasiswa Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Menjelang tahun akademik yang baru, Universitas Sebelas April menerima pendaftaran calon mahasiswa. Pendaftaran bisa dilakukan secara online (daring) maupun offline. Pendaftar online bisa mengunjungi alamat web site di www.pmb.unsap.ac.id. Sementara jika menggunakan metode offline, bisa mendatangi langsung kantor penerimaan mahasiswa baru di Rektorat Jalan Angkrek Situ No 19 Sumedang. Pendaftaran offline bisa dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa maupun secara kolektif melalui sekolah asal calon mahasiswa. Pendaftaran mahasiswa dilakukan mulai bulan Maret sampai dengan bulan Agustus setiap tahun akademiknya.

Galeri Foto Lokasi
user

Kampus Universitas Sebelas April Sumedang

user

Penghargaan kepada pendiri Unsap Sumedang

Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA)/Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA)
Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang
0261-202911
info@unsap.ac.id
UNSAP - Universitas Sebelas April
Universitas Sebelas April
Universitas Sebelas April
Universitas Sebelas April Sumedang
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia S1

Pendidikan Matematika S1

FKIP

Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi S1

FKIP

Pendidikan Guru PAUD S1

FKIP

Pendudikan Guru Sekolah Dasar S1`

FKIP

Pendidikan Teknik Mesin S1

FKIP

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With