loader

STAI Sebelas April Sumedang

STAI Sebelas April Sumedang

Kategori: PT

Alamat: Jl. Angkrek Situ No. 19 Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

2.532

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

1

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di kompleks Perguruan Tinggi Unsap Sumedang

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum secara langsung. Jika menggunakan angkutan umum, gunakan angkutan umum yang melewati jalan Angkrek. Turun di pertigaan Angkrek Situ, dilanjut jalan kaki sekitar 150 meter ke arah barat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jl. Angkrek Situ No. 19 Sumedang
No. Telp
0261-2201994
No. Handphone
0852-9471-1747
No. WhatsApp
-
Alamat Email
info@staisebelasapril.ac.id
Peta Lokasi

STAI atau Sekolah Tinggi Agama Islam Sebelas April Sumedang merupakan sebuah perguruan tinggi yang berlokasi di kota Sumedang. Tepatnya berada di kompleks perguruan tinggi Sebelas April, Jl. Angkrek Situ Sumedang. Sekolah tinggi ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA).

Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam ini tidak lepas dari keinginan dan harapan warga Kabupaten Sumedang untuk memiliki perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi Agama Islam. Walau pada waktu itu sudah berdiri perguruan tinggi yang lain di kota Sumedang seperti IKIP Kampus Sumedang, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sebelas April Sumedang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sebelas April, namun belum ada perguruan tinggi yang mengkhususkan diri pada bidang Agama Islam.

Adanya perguruan tinggi Agama Islam di Kabupaten Sumedang juga dipandang sangat penting jika melihat semakin banyaknya lulusan Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas yang tidak tertampung oleh IAIN dan perguruan tinggi lainnya.

Dukungan pendirian perguruan tinggi Agama Islam muncul dalam bentuk surat pernyataan yang muncul dari berbagai kalangan seperti alim ulama, generasi muda, organisasi sosial dan politik serta pemerintah Kabupaten Sumedang. Tak ketinggalan juga dukungan dari pihak Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA) yang memang sedang melengkapi persyaratan pendirian universitas dengan membuka beberapa fakultas lainnya termasuk Fakultas Agama. Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Sumedang pada waktu itu memiliki pandangan bahwa YPSA akan mampu jika diberi tugas untuk mengelola perguruan tinggi Agama Islam yang akan didirikan tersebut.

Pendirian perguruan tinggi Agama Islam ini diawali pada tahun 1988 dimana para alim ulama, tokoh masyarakat, generasi muda, pimpinan Madrasah Aliyah dan Pengurus Yayasan Pendidikan Sebelas April, mengadakan dengar pendapat dengan DPRD Kabupaten Sumedang untuk mendirikan Perguruan Tinggi Agama Islam di Kabupaten Sumedang. Kemudian dilakukan konsultasi dengan Kopertais pada bulan Februari 1988. Bulan berikutnya diadakan studi kelayakan, dan disusul dengan disusunnya Statuta dan Pedoman Akademik secara bertahap hingga melengkapi pembentukan fakultas. Hingga pada tahun akademik 1988/1999 dimulailah penerimaan mahasiswa baru, yang secara efektif memulai perkuliahan pada tanggal 1 Oktober 1988.

Dengan munculnya berbagai dukungan dari berbagai pihak, akhirnya pada tanggal 5 Mei 1990 perguruan tinggi Agama Islam ini memperoleh status ijin operasional dengan nomor 24/E/1990. Kemudian pada tanggal 24 November 1990 mendapatkan status Terdaftar dengan keputusan nomor 299 Tahun 1990. Perguruan tinggi Agama Islam ini pada awalnya memiliki nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sebelas April Sumedang. Pada tahun 1994 berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sebelas April Sumedang setelah menambah jurusan baru yaitu Peradilan Agamma (Syari'ah). Pergantian nama ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 511 Tahun 1994.

Saat ini, di STAI Sebelas April Sumedang ada tiga Program Studi yang bisa dipilih oleh mahasiswanya. Program studi tersebut berada pada jenjang Strata 1 yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Ekonomi Syari'ah dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Prodi PAI membentuk tenaga guru Pendidikan Agama Islam yang dibutuhkan oleh semua jenjang pendidikan seperti PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Sementara prodi Ekonomi Syari'ah menyiapkan tenaga ahli yang unggul dalam bidang kewirausahaan dan lembaga perekonomian berbasis syari'ah. Dan prodi PGMI menyiapkan tenaga guru Madrasah Ibtidaiyah yang profesional sesuai dengan tuntutan sertifikasi profesi.

Dari awal berdiri sampai saat ini, STAI Sebelas April Sumedang telah menghasilkan alumni yang telah bekerja dan tersebar di berbagai dinas dan instansi, baik di lingkungan Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan serta departemen lainnya. Baik yang berfungsi sebagai guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMA/SMK maupun pada bidang pekerjaan lainnya.

STAI Sebelas April Sumedang memiliki berbagai fasilitas dan keunggulan yang menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan studi ke sekolah tinggi ini. Fasilitas yang dimiliki oleh STAI Sebelas April Sumedang diantaranya biaya yang murah dan lokasinya dekat dengan pusat kota, perpustakaan digital, WIFI gratis, ruang kelas yang nyaman, laboratorium microteaching dan komputer ber-AC, kajian bahasa dan sosial keagamaan, pembinaan kesenian dan keagamaan mahasiswa, serta klinik konsultasi pengembangan Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syari'ah. Kemudian ada juga tambahan beberapa program pengembangan kompetensi bagi mahasiswa STAI Sebelas April Sumedang yaitu Tahsin & Tahfidz Quran, Bahasa Arab & Bahasa Inggris, Seni Kaligrafi, serta Seni Samroh, Hadroh & Nasyid.

Bagi yang membutuhkan bantuan dana perkuliahan, STAI Sebelas April Sumedang juga akan membantu mahasiswanya dalam mendapatkan peluang beasiswa baik dari pemerintah maupun lembaga atau organisasi kemasyarakatan lainnya. Beasiswa yang tersedia diantaranya adalah beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Agama RI, beasiswa Prestasi & Tahfidz Quran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, beasiswa Yayasan Sebelas April Sumedang, dan beasiswa dari Baznas.

Menjelang tahun pelajaran baru, STAI Sebelas April Sumedang menerima pendaftaran mahasiswa baru. Pendaftaran biasanya memiliki rentang waktu dari bulan Maret sampai dengan bulan Agustus setiap tahunnya. Pendaftaran mahasiswa baru bisa dilakukan secara langsung ke sekretariat pendaftaran di kampus STAI Sebelas April Sumedang atau secara online lewat website STAI Sebelas April Sumedang. Pendaftaran bisa dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang mendaftarkan ke STAI Sebelas April Sumedang diantaranya adalah lulusan SMA/MA/SMK atau Diploma, membayar formulir pendaftaran, fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir sebanyak tiga lembar, fotokopi KTP satu lembar, sert pas foto berwarna ukuran 3x4 (empat lembar) dan 2x3 (empat lembar). Selain menerima pendaftaran mahasiswa baru, STAI Sebelas April Sumedang juga menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain. Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran, bisa menghubungi kontak di nomor 0852-9471-1747.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk Ikatan Alumni STAI SAS)

Galeri Foto Lokasi
user

Gedung kampus STAI Sebelas April Sumedang

user

Kegiatan mahasiswa STAI Sebelas April Sumedang

user

Sebagian mahasiswa STAI Sebelas April Sumedang

user

Kegiatan lain di STAI Sebelas April Sumedang

Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA)/Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA)
Jl. Angkrek Situ No. 19 Sumedang
0261-2201994
0852-9471-1747
info@staisebelasapril.ac.id
STAI - Sebelas April Sumedang
STAI 11 APRIL SUMEDANG
09:00 s.d. 17:00 WIB
09:00 s.d. 17:00 WIB
09:00 s.d. 17:00 WIB
09:00 s.d. 17:00 WIB
09:00 s.d. 17:00 WIB
09:00 s.d. 17:00 WIB
Pendidikan Agama Islam (PAI)

Ekonomi Syari'ah

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With