loader

STBA Sebelas April Sumedang

STBA Sebelas April Sumedang

Kategori: PT

Alamat: Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

1.720

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di kompleks Perguruan Tinggi Unsap Sumedang

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum secara langsung. Jika menggunakan angkutan umum, gunakan angkutan umum yang melewati jalan Angkrek. Turun di pertigaan Angkrek Situ, dilanjut jalan kaki sekitar 150 meter ke arah barat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang
No. Telp
0261-203 800
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
stba_sas@yahoo.co.id
Peta Lokasi

STBA atau Sekolah Tinggi Bahasa Asing Sebelas April Sumedang merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di kota Sumedang. Tepatnya berlokasi di dalam kawasan kompleks perguruan tinggi Sebelas April Sumedang. Perguruan tinggi ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA).

Sebelum menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing, perguruan tinggi ini memiliki nama Akademi Bahasa Asing atau ABA Sebelas April Sumedang. ABA Sebelas April Sumedang ini didirikan pada tahun 1992 yang kemudian mendapatkan status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan nomor 202/DIKTI/Kep/1992. Pada tahun 1998 dilakukan reevaluasi atau penetapan kembali status Terdaftar ABA Sebelas April Sumedang berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Dikti dengan nomor 29/DIKTI/Kep/1998 tertanggal 11 Februari 1998. Berselang delapan bulan kemudian keluarlah Surat Keputusan Penetapan Penyelenggaraan Program D1 dan D2 dengan nomor 1980/O.04/Kep.6/1998 tertanggal 23 November 1998.

Pada tahun 2002, ABA Sebelas April Sumedang berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Sebelas April Sumedang sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 09/D/O/2002 tertanggal 2 Januari 2002. Seiring perubahan ini, ada perubahan jurusan yang diselenggarakannya menjadi jurusan Bahasa Inggris program D3 dan S1. Program D3 Bahasa Inggris ini mendapatkan akreditasi pada tahun yang sama berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 021/BAN-PT/Ak-II/Dpl-III/XII/2002 tertanggal tanggal 30 Desember 2002. Program studi Bahasa dan Sastra Inggris jenjang S1-nya sendiri mendapatkan akreditasi dari BAN-PT pada tahun 2012 berdasarkan SK nomor 022/BAN-PT/Ak-XV/S1/VII/2012 tentang Status, Nilai, Peringkat, dan Masa Berlaku Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi tertanggal 27 Juli 2012.

Semenjak tahun 2007, program studi Bahasa Inggris jenjang D3 di STBA Sebelas April Sumedang ditutup. Hal ini dikarenakan minat mahasiswa baru untuk memasuki program studi tersebut semakin menurun, sehingga menyisakan program studi Bahasa dan Sastra Inggris jenjang S1.

STBA Sebelas April Sumedang memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi bahasa asing berbasis pariwisata yang handal, unggul dan berdaya saing di Jawa Barat pada tahun 2024. Sementara misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang bahasa dan sastra asing berbasis pariwisata secara terpadu untuk menghasilkan lulusan berdaya saing, membina dan mengembangkan suasana akademik yang terbuka dan sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal, menyelenggarakan kegiatan penelitian bidang linguistik dan sastra asing berbasis pariwisata yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat, menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang sastra asing, linguistik dan budaya berbasis pariwisata yang bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat, dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh STBA Sebelas April Sumedang.

Ada beberapa program unggulan yang ditampilkan oleh STBA Sebelas April Sumedang yaitu di Bidang Pendidikan dengan adanya perkuliahan Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan bidang pariwisata, studi dan penelitian ke objek dan desa wisata unggulan, dan kuliah umum bidang kewirausahaan bersama praktisi wirausaha. Kemudian di Bidang Penelitian, adanya penelitian di bidang bahasa, budaya dan pariwisata, serta seminar nasional tahunan ACOLISM (Annual Conference on Language and Tourisme). Bidang Pengabdian kepada Masyarakat dengan diselenggarakannya KKN tematis berbasis desa wisata, desa binaan wisata serta pelatihan dan workshop integrasi bahasa, budaya dan pariwisata.

STBA Sebelas April Sumedang memiliki berbagai fasilitas yang akan memudahkan mahasiswanya dalam melakukan perkuliahan. STBA Sebelas April Sumedang memiliki ruang kelas perkuliahan yang representatif, laboratorium bahasa dan laboratorium komputer sendiri. Ditambah dengan ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku utama dan penunjang dalam Bahasa Inggris, tempat olahraga dan fitnes, ruang ibadah (mushola).

Tak ketinggalan ada berbagai kegiatan yang biasa dilakukan dan bisa diikuti oleh mahasiswa STBA Sebelas April Sumedang. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya Writing Workshop, Japanesse-Korean, Sastra-Scream, English Club, English Skill-Contest, Welcoming Week, Senat Mahasiswa dan BPM, dan Studi Wisata.

STBA Sebelas April Sumedang telah menghasilkan sejumlah lulusan dan alumni yang tersebar dan bekerja di berbagai bidang serta instansi. Ada yang berperan sebagai penerjemah, penulis, jurnalis, ahli bahasa dan sastrawan. Ada juga yang bekerja sebagai pengajar atau instruktur Bahasa Inggris, bekerja di bidang wisata sebagai tour leader, tour guide, travel agent atau pengusaha perjalanan wisata. Ada juga yang bekerja di bidang perhotelan dan perusahaan sebagai front office, Customer Services, Admin of Assembly.

Tiap awal tahun akademik, STBA Sebelas April Sumedang meneriman pendaftaran mahasiswa baru. Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke sekretariat pendaftaran di kampus STBA Sebelas April Sumedang tiap hari kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa baru di STBA Sebelas April Sumedang diantaranya adalah fotokopi STTB/Ijazah SMA/SMK/Sederajat yang telah dilegalisir sebanyak dua rangkap, fotokopi KTP dan KK masing-masing satu lembar serta pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak satu buah. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online ke website STBA Sebelas April Sumedang.

Galeri Foto Lokasi
user

Gedung kampus STBA Sebelas April Sumedang

user

Perkuliahan STBA Sebelas April Sumedang

user

Mahasiswa baru STBA Sebelas April Sumedang

user

Sebagian mahasiswa STBA Sebelas April Sumedang

Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA)/Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA)
1992
Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang
0261-203 800
stba_sas@yahoo.co.id
STBA Sebelas April Sumedang
@SasStba
STBA Sebelas April Sumedang
@fibunsap
STBA Sebelas April Sumedang Official
08.00 s.d. 16.00 WIB
08.00 s.d. 16.00 WIB
08.00 s.d. 16.00 WIB
08.00 s.d. 16.00 WIB
08.00 s.d. 16.00 WIB
08.00 s.d. 16.00 WIB
Bahasa dan Sastra Inggris S1

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With