Logo Gunung Karang

Gunung Karang

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di lereng Gunung Tampomas
  2. Bisa diakses dengan berjalan kaki dari arah selatan Gunung Tampomas (Desa Cibeureum Kulon)

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Lereng Tenggara Gunung Tampomas, Desa Cibeureum Wetan


Lokasi

Gunung Karang merupakan sebuah gunung yang berposisi di bawah Gunung Tampomas sehingga bisa disebut sebagai anak Gunung Tampomas. Tepatnya di sebelah tenggara lereng Gunung Tampomas dan menjadi bagian dari Gunung Tampomas. Gunung Karang ini juga ada yang menyebutnya dengan sebutan Pasir Bilik dan termasuk wilayah Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka.

Dengan lokasinya yang berada di bagian bawah puncak Gunung Tampomas, Gunung Karang menjadi tujuan sampingan bagi yang ingin mendaki Gunung Tampomas. Apalagi bagi pendaki yang menggunakan jalur selatan dari wilayah Cibeureum, sebelum mendaki ke puncak Gunung Tampomas bisa melewati Gunung Karang dahulu. Untuk mendaki ke Gunung Karang ini, sebagaimana disebutkan oleh Atep Wendi Rahayu Mobile Blog tidaklah terlalu sulit. Setelah melewati galian pasir (menggunakan jalur dari Cibeureum), akan sampai di perkebunan masyarakat dan dilanjutkan dengan memasuki kawasan hutan pinus. Setelah itu akan ada jalan setapak yang mengarah ke kiri, dari sini ikuti saja jalur ini sampai menemui pohon yang sangat besar (Pos 1 gerbang Gunung Karang). Jalan mulai menanjak yang disebut juga dnegan Tanjakan Hoream. Setelah tanjakan ada jalan yang mendatar (Pos 2). Dari sini ambil jalan yang ke kanan melewati jalan bebatuan yang menanjak. Habis tanjakan akan menemukan Pos 3. Dari tempat ini akan mulai terlihat puncak Gunung Karang. Dilanjut dengan melewati jalur terakhir menuju ke puncak Gunung Karang. Di jalur terakhir ini bisa sekalian melihat Gunung Tampomas yang menjulang tinggi dan pemandangan kota Sumedang yang indah. Sesampainya di puncak Gunung Karang, akan terlihat tebing karang yang menantang. Berhati-hatilah karena batunya rapuh.

Yang menjadi daya tarik Gunung Karang ini adalah adanya batu berukuran besar yang berukuran sekitar 20 s.d. 27 meter kubik. Batu paling besar terdapat di daerah puncak Gunung Karang. Ada dua buah batu yang sudah ada jalur boulder-nya yang biasa digunakan sebagai tempat boulder. Batu ini menjadi salah satu lokasi program sejuta pemanjat yang digagas oleh seorang pemanjat profesional Teddy Ixdiana. Bersama tim dari Sumedang, Teddy membuat jalur boulder di batu Gunung Karang dan mengajak sejuta pemanjat lain untuk mencoba jalur ini.

Kemudian yang lebih menarik di Gunung Karang ini karena ada banyak binatang asli Gunung Tampomas seperti monyet, lutung, burung pancawarna, dan burung anis. Ditambah dengan beberapa jenis binatang mamalia dan reptil lainnya. Di waktu pagi hari, dari puncak Gunung Karang ini bisa menyaksikan matahari terbit di dekat Gunung Ciremai.

Jadi, bagi yang menyukai dunia pendakian, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki Gunung Karang ini. Atas bagi yang mau mendaki Gunung Tampomas, tidak ada salahnya juga jika singgah dulu di Gunung Karang ini. Mau mencoba panjat tebing? Bisa juga di Gunung Karang ini.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk Inilah.com dan Atep Wendi Rahayu Mobile Blog)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 15 Mei 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang