loader

Gunung Pangadegan, Sumedang Utara

Gunung Pangadegan, Sumedang Utara

Kategori: Gunung

Alamat: Dusun Cisagasari Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

463

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki
Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Dusun Cisagasari Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Gunung Pangadegan merupakan merupakan sebuah gunung atau bukit yang berada di wilayah Dusun Cisagasari Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Gunung Pangadegan memiliki puncak dengan ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian sedemikian, Gunung Pangadegan bisa lebih cenderung lebih dikenal sebagai bukit, sebagaimana yang tercantum dalam peta yang diterbitkan Batavia tahun 1908 yang menyebutnya sebagai Pasir Pangadegan.

Secara administrasi, Gunung Pangadegan ini berada dalam cakupan empat wilayah desa di tiga kecamatan. Keempat wilayah desa yang memiliki cakupan di kawasan Gunung Pangadegan tersebut adalah Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan serta Desa Cikoneng Kulon dan Desa Cikondang (keduanya berada di wilayah Kecamatan Ganeas). Bagian utara dan barat laut wilayah Gunung Pangadegan masuk dalam cakupan wilayah Desa Rancamulya, dengan cakupan yang paling luas hingga ke kawasan puncak Gunung Pangadegan. Desa Gunasari melingkupi kawasan Gunung Pangadegan bagian barat daya, Desa Cikondang di bagian selatan dan Desa Cikoneng Kulon mencakup bagian timur kawasan Gunung Pangadegan.

Gunung Pangadegan berada di ujung utara kawasan deret perbukitan di sebelah timur pusat Kota Sumedang. Deret perbukitannya bersambung ke arah selatan, Gunung Sangkan, Pasir Anjing, Gunung Goong, Gunung Gajah, Gunung Kasur hingga ke kawasan Gunung Kareumbi. Dimana kawasan perbukitan Gunung Pangadegan dibatasi beberapa sungai, yaitu Sungai Cihonje di sebelah barat yang mengalir dari selatan ke utara dan bermuara di Sungai Cipeles, Sungai Cipeles di sebelah utara yang mengalir dari barat ke timur serta Sungai Cikoneng di sebelah timurnya yang mengalir dari selatan ke utara dan bermuara di Sungai Cipeles.

Kawasan Gunung Pangadegan dipergunakanan sebagai lahan pertanian, baik lahan perkebunan maupun lahan ladang. Ditambah sebagian kecil lahan pesawahan yang berada di lereng bagian barat laut, memanjang ke barat laut hingga pemukiman penduduk Kampung Limusnunggal. Di bagian lereng barat Gunung Pangadegan umumnya berupa lahan ladang, sementara lereng timur dan selatannya berupa lahan yang menghijau dipenuhi pepohonan.

Berdasarkan tulisan diterbitkan oleh Dedie Kusmayadi di facebook, di masa Prabu Geusan Ulun, Gunung Pangadegan ini digunakan sebagai lokasi untuk mengintai atau meneropong kedatangan pasukan atau tentara Cirebon yang datang dari arah Majalengka. Hal ini terjadi ketika Kerajaan Sumedanglarang bertikai dengan Kerajaan Cirebon. Dari ketinggian Gunung Pangadegan, pasukan Kerajaan Sumedanglarang di bawah pimpinan Jaya Prakosa bisa melihat kedatangan bala tentara Cirebon dari arah utara.

Kawasan Gunung Pangadegan ini memiliki potensi sebagai lokasi wisata. Dengan mengandalkan pemandangan/panorama alam sekitarnya, kawasan puncak Gunung Pangadegan dikembangkan menjadi kawasan wisata. Kawasan wisata ini dikenal dengan nama Kancah Nangkub.

Galeri Foto Lokasi
user

Gunung Pangadegan dari Pacuan Kuda

user

Kota Sumedang dari Gunung Pangadegan

/
Dusun Cisagasari Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With