Logo Desa Cipicung

Desa Cipicung

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar, jalan lingkar timur bendungan Jatigede
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Berlokasi di dekat terminal Pamoyanan Jatigede

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cipicung Kecamatan Jatigede


Lokasi

Desa Cipicung merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatigede. Lokasinya berada di tengah-tengah wilayah Kecamatan Jatigede. Jika dilihat dari pusat kecamatan posisinya berada di sebelah tenggara. Jarak dengan pusat Kecamatan Jatigede sekitar 1,27 kilometer ke arah selatan.

Berdasarkan data Kecamatan Jatigede dalam Angka tahun 2014, Desa Cipicung memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya mula. Secara topografis, wilayah Desa Cipicung memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa lereng perbukitan. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berlokasi sekitar 386 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Cipicung dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut Desa Cijeungjing dan Desa Jembarwangi di sebelah utara, Desa Cintajaya di sebelah timur, Desa Cisampih di sebelah selatan, serta Desa Jemah dan Desa Cijeungjing di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cipicung terbagi ke dalam tiga dusun yaitu Dusun Cihanyir Landeuh, Dusun Cihanyir Tonggoh dan Dusun Cipicung. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing berjumlah enam RW dan 21 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Cipicung memiliki luas wilayah sebesar 678,57 hektar. Wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis pengelolaan yaitu sebagai lahan pertanian, lahan kehutanan, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Untuk wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian mencakup luasan sebesar 17,98 persen atau setara dengan 122 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan perkebunan/huma/ladang. Luasan lahan yang dipergunakan sebagai lahan pesawahan adalah 93,03 hektar. Dan sisanya seluas 28,97 hektar merupakan lahan pertanian berupa perkebunan, ladang dan huma. Lahan hutan rakyatnya sebesar 3,68 persen atau setara dengan 24,97 hektar. Pemukiman penduduk dan pekarangan rumahn menghabiskan lahan sebesar 0,59 persen atau setara dengan luasan empat hektar. Sisanya sebesar 77,75 persen atau setara 527,59 hektar dipergunakan untuk keperluan lainnya seperti lahan kehutanan.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Cipicung membentang luas dari utara ke arah selatan. Lokasinya berada tidak terlalu jauh dari pesisir bendungan Jatigede bagian timur. Wilayahnya merupakan perbukitan yang memanjang dari utara ke arah selatan. Wilayahnya didominasi oleh lahan kehutanan dan perkebunan. Lahan pesawahannya hanya berada di bagian barat wilayah Desa Cipicung dan yang berdekatan dengan aliran sungai dan perkampungan.

Untuk penduduknya, sebagaimana disajikan oleh sumber data keluaran BPS Kabupaten Sumedang tersebut, pada tahun 2013 Desa Cipicung dihuni oleh penduduk sebanyak 2.951 orang. Dengan rincian sebanyak 1.428 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.523 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 891 KK. Sementara kepadatan penduduknya, untuk tiap kilometer persegi luas wilayah Desa Cipicung dihuni oleh penduduk dengan rata-rata sebanyak 434,89 orang.

Untuk mata pencaharian penduduk Desa Cipicung, sebagian besar bekerja di sektor pertanian. Sektor pertanian di Desa Cipicung didominasi oleh produksi buah-buahan terutama buah mangga. Sebagai salah satu desa yang berlokasi di kawasan Kecamatan Jatigede, tidak mengherankan jika lahan perkebunannya ditanami oleh mangga. Jenis buah mangga yang ditanami di sini adalah mangga gedong gincu. Tak lupa juga lahan pesawahannya menghasilkan produk utama berupa padi di samping produk lain dari jenis palawija.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Desember 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang