loader

Kampung Cihanyir Tonggoh, Cipicung

Kampung Cihanyir Tonggoh, Cipicung

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

622

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi tidak jauh dari jalan raya Tolengas - Jatigede

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dillintasi angkutan umum secara langsung

Jika menggunakan Angkutan Umum, bisa naik Angdes 41 jurusan Tolengas - Cijeungjing - Wado, turun di pertigaan Kampung Pamoyanan, dilanjut jalan kaki ke arah timur sejauh 1 km

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
0822-6239-4504
No. WhatsApp
0822-6239-4504
Alamat Email
bapanyaraffino1@gmail.com
Website
Peta Lokasi

Kampung Cihanyir Tonggoh merupakan sebuah pemukiman penduduk yang berada di wilayah Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian barat wilayah Desa Cipicung, cukup dekat dari pusat pemerintahan Desa Cipicung. Dari kantor Desa Cipicung jarak tempuhnya sekitar 950 meter, tepat menggunakan jalan yang melintasi depan kantor Desa Cipicung ke arah timur, melewati pemukiman penduduk Kampung Babakanpari.

Kampung Cihanyir Tonggoh berada di kawasan lereng yang tidak terlalu curam, bagian utara kawasan pemukimannya lebih rendah dibandingkan bagian selatannya. Ketinggian lokasinya berkisar antara 320 hingga 360 meter di atas permukaan laut. Pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Tonggoh dikelilingi oleh kawasan pertanian, yang berupa lahan perkebunan. Di bagian utara, timur, selatan dan baratnya merupakan lahan perkebunan yang didominasi oleh tanaman pohon mangga Gedong Gincu. Ada sedikit lahan pesawahan yang terletak di bagian barat pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Tonggoh.

Kampung Cihanyir Tonggoh berlokasi di tidak terlalu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Tolengas dengan Jatigede. Ada jalan desa yang yang menjadi penghubung Kampung Cihanyir Tonggoh dengan jalan raya Tolengas - Jatigede di betulan Pamoyanan. Menjadikannya sebagai penghubung dari Kampung Cihanyir Tonggoh ke arah barat. Ke arah selatan dari pemukiman penduduk ini juga ada akses jalan besar yang menghubungkan Kampung Cihanyir Tonggoh dengan jalan besar antara Pamoyanan dan Kampung Ciawi/Kampung Cisaar Tonggoh. Dari jalan ini bisa juga terhubung dengan Jalan Raya Lingkar Timur Jatigede via jalan kecil di Kampung Cipicung. Sementara ke arah timur laut, ada akses jalan besar menuju ke Kampung Cisaar Landeuh serta wilayah Desa Cintajaya dan Desa Lebaksiuh. Ketiga akses jalan tersebut bisa dilintasi kendaraan roda empat.

Pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Tonggoh tidak terkonsentrasi di satu lokasi yang berdekatan, namun cukup tersebar dengan jarak antarpemukiman penduduknya cukup renggang. Namun sebagian besar pemukiman penduduknya berada di bagian utara di kawasan yang cukup landai dibandingkan bagian selatannya. Sebaran pemukiman penduduknya cenderung memanjang dari utara ke selatan, dan sebagian lagi melebar ke arah timur. Pemukiman penduduk di kawasan bagian utara cenderung berdekatan atau rapat. Sementara di bagian selatan, kelompok pemukiman penduduknya tersebar ke dalam beberapa lokasi, yang terpisahkan oleh lahan menghijau ditanami berbagai jenis pepohonan.

Berdasarkan data website Desa Cipicung, wilayah Kampung Cihanyir Tonggoh termasuk ke wilayah Dusun Cihanyir Tonggoh. Wilayah Dusun Cihanyir Tonggoh tersebut termasuk dalam wilayah Rukun Warga (RW) 02. Cakupan wilayah RW 02 yang melingkupi Kampung Cihanyir Tonggoh terbagi ke dalam empat wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01, 02, 03 dan RT 04.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, penduduk Kampung Cihanyir Tonggoh sebanyak 785 orang dengan rincian sebanyak 388 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 397 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya adalah 280 KK. Untuk rincian masing-masing penduduk tiap RT nya adalah 195 orang penduduk di RT 01 dengan rincian 99 laki-laki dan 96 perempuan, serta 68 KK, sementara di RT 02 jumlah penduduknya sebanyak 167 orang (88 laki-laki dan 79 perempuan) dengan jumlah KK-nya 59, RT 03 jumlah penduduknya 187 (92 laki-laki dan 95 perempuan) dengan jumlah KK 67, serta RT 04 jumlah penduduknya 236 (109 laki-laki dan 127 perempuan) dengan KK berjumlah 86.

Untuk potensi yang dimiliki Kampung Cihanyir Tonggoh, diantaranya adalah hasil pertanian yang utama berupa Mangga Gedong Gincu. Mata pencaharian penduduk Kampung Cihanyir Tonggoh utamanya bergerak di bidang pertanian, dengan sebagian kecil bergerak di bidang jasa seperti perdagangan, penjahit, bengkel dan penggilingan padi.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Cihanyir Tonggoh diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa masjid yang terletak di bagian utara wilayah pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Tonggoh, pinggir jalan besar. Kemudian terdapat juga fasilitas olahraga berupa lapangan bola voli yang berada di sebelah barat laut pemukiman penduduk, pinggir jalan besar. Untuk fasilitas pendidikan formal, di Kampung Cihanyir Tonggoh sudah ada lembaga pendidikan formal jenjang dasar yaitu SD Negeri Pamoyanan yang berlokasi di bagian barat daya kawasan pemukiman penduduk, di luar kawasan pemukiman penduduk sekitar 300 meter. Sehingga bagi penduduk yang memiliki anak dan ingin menyekolahkannya, tidak harus jauh-jauh ke luar kampung.

Akses ke Kampung Cihanyir Tonggoh ini cukup mudah karena berada tidak jauh dari perlintasan jalan besar yang menghubungkan Tolengas dengan wilayah Jatigede. Sehingga bisa diakses dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Pedesaan (Angdes) 41 jurusan Tolengas - Cijeungjing - Wado, turun di pertigaan Pamoyanan, dilanjut jalan kaki ke arah timur sejauh satu km.

Galeri Foto Lokasi
user

Pemukiman Kampung Cihanyir Tonggoh

user

Kerja bakti Kampung Cihanyir Tonggoh

/
Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang
0822-6239-4504
bapanyaraffino1@gmail.com
Cihanyir Tonggoh GO
Cihanyir Tonggoh Official
DJ-Channel

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With