loader

Masjid Al-Kamil IPP Sumedang

Masjid Al-Kamil IPP Sumedang

Kategori: Masjid

Alamat: Kompleks Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Jl. Raya Prabu Gajah Agung No. 09 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara

Tayangan

Jumlah View Page

2.680

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di kompleks Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang

Dekat Jalan Raya Prabu Gajah Agung

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Kompleks Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Jl. Raya Prabu Gajah Agung No. 09 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Masjid Al-Kamil merupakan masjid yang dibangun di kawasan Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, Jalan Prabu Gajah Agung Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Tepatnya berada di bagian barat daya kawasan perkantoran di IPP Kabupaten Sumedang. Sebelah kanan jalan akses masuk ke kawasan IPP Kabupaten Sumedang, sekitar 140 meter dari Jalan Raya Prabu Gajah Agung.

Masjid Al-Kamil ini melengkapi sarana atau fasilitas peribadahan bagi para pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan IPP Kabupaten Sumedang, dimana sebelumnya para pegawai pemerintahan Kabupaten Sumedang kerepotan dalam menjalankan ibadahnya, terutama ibadah Shalat Jumat. Untuk melaksanakan ibadah Shalat Jumat harus ke luar kawasan kantor IPP Kabupaten Sumedang.

Masjid Al-Kamil ini dibangun pada pertengahan tahun 2020 tepatnya pada bulan Juli 2020. Sebenarnya, pembangunannya bisa saja dilakukan di awal tahun, namun karena kondisi yang dinamis terlebih adanya situasi pandemi, peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Kamil ini baru dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2020. Peletakan batu pertama dilaksanakan oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir setelah pelaksanaan Shalat Ied. Peletakan baru pertama turut dihadiri oleh K.H. Muhammad Muhyidin Abdul Qodir Al-Manafi, Perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Ketua TP. PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini, para Asisten dan Kepala SKPD.

Masjid Al-Kamil ini dibangun di atas lahan tanah seluas 5.000 meter persegi. Luas bangunannya sendiri mencakup luasan 1.152 meter persegi. Biaya pembangunan masjid ini bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat dengan pagu anggaran sebesar 15 Miliar rupiah. Pembangunannya terbagi ke dalam dua tahap, dimana pada tahap pertama meliputi bangunan masjid itu sendiri lengkap dengan fasilitas tempat wudlu sebanyak 34 unit ditambah fasilitas kamar mandi. Tak ketinggalan juga fasilitas untuk pengunjung difabel, ruangan untuk ibu menyusui dan ibu hamil. Sementara pembangunan tahap kedua meliputi menara, taman, kolam di depan masjid dan sarana pendukung lainnya.

Selesai pembangunan tahap pertama, Masjid Al-Kamil ini langsung dipergunakan. Penggunaan masjid ini ditandai dengan dilaksanakannya Shalat Zhuhur berjamaah yang dipimpin oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir bersama para pegawai ASN yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2021. Turut hadir mengikuti Shalat Zhuhur Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Sekretaris Daerah Herman Suryatman, para Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian, dan diisi dengan penceramah oleh Abuya K.H. M. Muhyiddin Abdul Qodir pimpinan Pondok Pesantren Internasional Islam Asy-Syifa Walmahmudiyah. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Bangunan utama Masjid Al-Kamil terdiri atas tiga lantai. Lantai pertama yang terletak di basement, kemudian lantai dua dan lantai tiga di bagian atasnya. Bentuk bangunan masjidnya memiliki arsitektur yang unik dan modern serta terlihat berbeda dengan keumuman bangunan masjid tradisional.

Untuk menunjang dan memantau keamanan, di Masjid Al-Kamil dilengkapi dengan fasilitas kamera pemantau atau CCTV sebanyak delapan buah yang dipasang di lantai dasar dan lantai atas.

Masjid Al-Kamil di kawasan IPP Kabupaten Sumedang ini memiliki fungsi sebagai tempat pendidikan, kegiatan dakwah dan tempat menyelenggarakan kegiatan kemaslahatan umat lainnya. Dan selama ini sudah digunakan untuk berbagai jenis kegiatan seperti kegiatan Taklim Aparatur Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang dalam Peringatan Isra Mi'raj, pelatihan imam dan khatib Jumat yang dilakukan MUI Sumedang Utara, Tabligh Akbar dalam Peringatan Hari Jadi Sumedang, dan Kajian-kajian Keislaman lainnya. Selain digunakan sebagai tempat kegiatan peribadahan seperti Shalat Berjamaah Fardu dan Shalat Berjamaah Jumat.

Untuk mendapatkan informasi terkait kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Kamil Kompleks IPP Kabupaten Sumedang, bisa mengikuti akun facebook Masjid Al Kamil Sumedang atau akun instagram Masjid Al Kamil Sumedang.

Galeri Foto Lokasi
user

Masjid Al-Kamil IPP Kabupaten Sumedang

user

Masjid Al-Kamil IPP Kabupaten Sumedang

user

Shalat Jumat di Masjid Al-Kamil IPP Sumedang

user

Kajian Islam di Masjid Al-Kamil IPP Sumedang

/
Juli 2020
Kompleks Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Jl. Raya Prabu Gajah Agung No. 09 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara
Masjid Al Kamil Sumedang
Masjid Al Kamil Sumedang
Tempat beribadah

Tempat kajian Keislaman

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With