Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja

Akun Twitter

@BrilliantTaufik

Akun Facebook

Pesona JG. Pesona Jatigede


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir bendungan Jatigede sebelah barat, tepatnya di Dusun Ciduging Desa Tarunajaya
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum secara langsung
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Sumedang - Wado. Turun di Cipaok, dilanjut naik ojeg ke Ciduging

Pesona JG merupakan sebuah kawasan wisata yang berlokasi di pesisir bendungan Jatigede. Pesona JG yang juga bisa disebut dengan nama Pesona Jatigede memanfaatkan kawasan pesisir barat bendungan Jatigede dan termasuk wilayah Dusun Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja.

Wisata Pesona JG menyajikan keindahan panorama alam bendungan Jatigede yang digabungkan dengan suasana alam di kawasan sebelah utara Dusun Ciduging yang didominasi oleh rerumpunan pohon bambu. Tidak mengherankan jika lokasi wisata ini menyajikan suasana alam yang sejuk di bawah rimbunnya pohon bambu. Dari mulai masuk ke kawasan wisata ini, termasuk tempat parkir kendaraan sampai pesisir bendungan Jatigede, dikerubungi pepohonan bambu dari jenis bambu tali. Tidak mengherankan jika pengunjung bisa jalan-jalan menjelajahi berbagai tempat di kawasan wisata Pesona JG tidak akan kepanasan walau di siang hari.

Selain menyajikan suasana alam yang asri dan menyejukkan, Pesona JG menyajikan berbagai fasilitas dan wahana yang bisa dicoba oleh pengunjung. Fasilitas dan wahana yang tentunya akan memanjakan pengunjung. Bagi pengunjung yang ingin berlayar menjelajahi bendungan Jatigede bisa menggunakan perahu yang tersedia di Pesona JG. Di atas perahu ini tersedia tempat untuk memotret diri atau selfie dengan rasa yang berbeda. Atau bagi pengunjung yang menyenangi wisata memancing, bisa sekalian memancing di atas perahu ini.

Selain di atas perahu, pengunjung juga bisa selfie di beberapa lokasi yang tersedia di Pesona JG ini. Salah satu spot selfie yang menarik adalah Cinta Pesona JG yang berlokasi di pesisir bendungan dengan latar air bendungan Jatigede ditambah ornamen berbentuk love di atas panggung dari bambu. Selain panggung dari bambu, di sini juga terdapat bangunan panggung dari kayu yang bisa dinaiki oleh pengunjung untuk melihat-lihat permukaan air bendungan Jatigede.

Bagi pengunjung anak-anak, Pesona JG juga menyediakan fasilitas atau wahana bermain bagi anak-anak. Fasilitas yang bisa dicoba adalah minimotocross dan Pesona ATV sert kuda tunggang. Pengunjung bisa menaiki fasilitas ini untuk berkeliling di jalur atau track yang sudah disediakan. Fasilitas lainnya yang bisa digunakan untuk tempat bermain bagi anak-anak adalah ayunan-ayunan.

Menginginkan hiburan lainnya? Bisa saja karena di Pesona JG juga tersedia tempat untuk karaoke bagi keluarga. Jadi bagi pengunjung yang ingin berkaraoke, bisa mencobanya di Pesona JG. Atau ingin mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang? Bisa juga dilaksanakan di Pesona JG karena menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk acara banyak orang seperti acara reuni atau meeting.

Bagi pengunjung yang merasa lelah setelah berkeliling dan mencoba berbagai fasilitas yang tersedia, bisa mengistirahatkan tubuhnya di tempat yang sudah tersedia. Ada berbagai lokasi yang bisa digunakan untuk beristirahat seperti saung ranggon Peson JG yang dibangun di bawah rimbunnya pohon bambu. Atau bisa juga beristirahat di bangku-bangku yang terbuat dari kayu dan tersedia di bawah naungan tenda yang dikelilingi pepohonan bambu.

Atau merasa lapar dan dahaga? Tak perlu takut karena tidak membawa perbekalan. Karena di Pesona JG disediakan berbagai menu makanan dan minuman yang bisa dipesan oleh pengunjung. Pengunjung bisa makan bersama atau balakecrakan di Pesona JG ini. Ada makanan liwet balakecrakan dan menu paket serta menu lainnya yang bisa dicoba pengunjung.

Penasaran dengan wisata Pesona JG?

Wisata Pesona JG bisa diakses pengunjung dengan mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa mengaksesnya dengan melewati jalur Sumedang Wado. Ketika sampai di daerah Desa Tarunajaya Kecamatan Wado tepatnya Dusun Cipaok masuk ke jalan yang menuju ke Dusun Ciduging. Patokannya, jika dari arah kota Sumedang, ketika masuk ke wilayah Desa Tarunajaya (Dusun Cipaok) ada pertigaan ke kiri, masuk ke jalan tersebut untuk menuju ke Dusun Ciduging. Jika dari arah Wado, sekitar 700 meter setelah SPBU Darmaraja ada pertigaan Dusun Cipaok ke arah kanan. Masuk ke jalan tersebut dan menuju ke Dusun Ciduging.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 18 Juni 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang