Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Pangeran Sumedang

Berdiri

1973

Alamat Lengkap

Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40 Srimanganti Sumedang 45311

Nomor Telepon

0261-201714

Email

info@museumprabugeusanulun.org

Web Site

Museum Prabu Geusan Ulun

Page Facebook

Museum Prabu Geusan Ulun


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Dari Alun-alun Sumedang, masuk kompleks Museum di sebelah selatan Alun-alun
  2. Diewati Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) No. 04 dan 07

Menilik pada perjalanan sejarah panjang Sumedang mulai dari kerajaan Sumedang Larang sampai berbentuk pemerintahan Kabupaten Sumedang, banyak barang peninggalan yang bernilai sejarah. Barang peninggalan sejarah ini dikumpulkan oleh keturunan Sumedang sampai pada Pangeran Aria Soeria Atmadja. Pada tahun 1955 dibentuklah Yayasan Pangeran Sumedang dengan tujuan mengurus, mengelola dan memelihara barang peninggalan sejarah Sumedang yang diwakafkan oleh Pangeran Aria Soeria Atmadja.

Agar barang peninggalan sejarah Sumedang tersebut bisa diperlihatkan kepada khalayak umum, bukan hanya keluarga Sumedang saja, timbulah gagasan untuk membuat museum. Sehingga dengan melihat peninggalannya di museum ini, lebih banyak orang yang akan mengenal mengenai Kerajaan Sumedang Larang.

Pada tahun 1973 museum ini didirikan dengan nama Museum Yayasan Pangeran Sumedang yang dikelola langsung oleh Yayasan Pangeran Sumedang. Ketika diadakan seminar sejarah yang dilaksanakan di Sumedang, akhirnya disepakati perubahan nama museum menjadi Museum Prabu Geusan Ulun. Nama ini mengacu pada Raja terakhir yang memerintah Kerajaan Sumedang Larang.

Pada saat itu gedung yang dipergunakan untuk museum yaitu Gedung Srimanganti, Bumi Kaler, Gedung Gendeng dan Gedung Gamelan. Pada tahun 1980, Pemerintah melalui Dinas Jawatan Permuseuman dan Kepurbakalaan Kebudayaan Jawa Barat, mengulurkan tangan dan memugar Gedung Srimanganti dan Bumi Kaler. Dan pada tanggal 21 April 1982, Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. DR. Haryati Soebadio, meresmikan dan menyerahkan kedua bangunan yang selesai dipugar kepada Yayasan Pangeran Sumedang dan bernaung di bawah Momenten Ordonnatie Nomor 19 Tahun 1931 (Staatsblad Tahun 1931 Nomor 238).

Museum Prabu Geusan Ulun terletak di tengah kota Sumedang, 50 meter dari Alun-alun ke sebelah selatan, berdampingan dengan Gedung Bengkok atau Gedung Negara dan berhadapan dengan Gedung-gedung Pemerintah. Jarak dari Bandung 45 kilometer, sedangkan jarak dari Cirebon 85 kilometer, jarak tempuh dari Bandung 1 jam, sedangkan dari Cirebon 2 jam (jika kondisi lalu lintas sedang lancar).

Museum Prabu Geusan Ulun dikelilingi tembok/dinding yang tingginya 2,5 meter, dibuat pada tanggal 16 Agustus 1797. Luas halaman Museum seluas 1,88 ha dihiasi taman-taman dan ditanami pohon-pohon langka.

(Sumber: dokumen Profil Museum Prabu Geusan Ulun)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 01 November 2014

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang