Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jl. Mayor Abdurachman No. 214 Sumedang

Web Site

Desa Kota Kaler

Akun Facebook

Kelurahan Kotakaler


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan protokol kota Sumedang
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. DIlewati Angkutan Umum Perkotaan 06, 01 dan 02, serta Angkutan Pedesaan Sumedang - Citimun

Kelurahan Kotakaler merupakan sebuah kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Utara. Lokasinya berada di bagian timur wilayah kecamatan, namun jika dilihat dari pusat Kecamatan Sumedang Selatan, lokasinya berada di sebelah utara dengan jarak akses sekitar 1,8 km.

Berdasarkan data Kecamatan Sumedang Utara dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Kelurahan Kotakaler memiliki status sebagai kelurahan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, wilayah Kelurahan Kotakaler berada di kawasan dengan bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor kelurahan berada pada 500 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, wilayah Kelurahan Kotakaler terbagi ke dalam 14 kelompok lingkungan atau Rukun Warga (RW) yaitu Sindangraja, Angkrek, Sukarame, Panyingkiran, Pasar, Cipadung, Ketib, Babakan Hurip, Tegalkalong, Sindangraja, Dano, Ketib, Babakan Hurip, dan Cipadung. Sementara jumlah Rukun Tetangganya sebanyak 64 RT. Secara geografis, wilayah Kelurahan Kotakaler dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Kebonjati di sebelah utara, Desa Rancamulya di sebelah timur, Kelurahan Talun di sebelah selatan, serta Kelurahan Situ di sebelah baratnya.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, Kelurahan Kotakaler memiliki luas wilayah sebesar 254,6 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis penggunaan atau tata guna lahan. Sebagian besar dari luas wilayah Kelurahan Kotakaler merupakan kawasan pemukiman (perumahan dan pekarangan) dengan komposisi sebesar 55,5 persen dari luas total atau sebanding dengan 141,30 hektar. Kemudian luasan wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 6,13 persen dari luas total wilayah yang sebanding dengan luasan 15,61 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan, dengan komposisi masing-masing sebesar 5,93 persen dari luas total (sebanding dengan 15,1 hektar) dan 0,2 persen (sebanding dengan 0,6 hektar). Sisanya sebesar 38,37 persen dari luas total dipergunakan sebagai lahan lainnya seperti perkantor, pasar dan fasilitas umum yang sebanding dengan luasan sebesar 97,69 hektar.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Kelurahan Kotakaler mencakup wilayah di bagian utara ke arah timur perkotaan Sumedang. Hal ini mungkin juga terkait dengan namanya yaitu Kotakaler yang menunjukan kota yang berada di bagian utara. Wilayah Kelurahan Kotakaler mencakup kawasan perdagangan di kota Sumedang dan fasilitas umum lainnya seperti Pasar Sandang Sumedang, pusat perbelanjaan, Stadion Ahmad Yani, Pacuan Kuda Dano dan beberapa sekolah serta perguruan tinggi. Wilayah Kelurahan Kotakaler merupakan kawasan dataran dengan ujung timurnya dibatasi oleh aliran Sungai Cipeles yang mengalir dari bagian selatan ke utara. Sebagai bagian dari wilayah perkotaan, sebagian besar wilayah Kelurahan Kotakaler merupakan kawasan yang didominasi oleh pemukiman dan fasilitas umum. Wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian tertelak di bagian tenggara dan tengah yaitu di wilayah Pacuan Kuda Dano.

Untuk jumlah penduduknya sebagaimana disebutkan sumber data utama, pada tahun 2013 Kelurahan Kotakaler dihuni penduduk sebanyak 12.465 orang. Dengan rincian sebanyak 6.284 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 6.181 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 3.600 KK. Dan kepadatan penduduk Kelurahan Kotakaler, untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 2.307,69 orang.

Terkait mata pencahariannya sebagian besar penduduk Kelurahan Kotakaler bekerja sebagai karyawan. Kemudian disusul di bidang perdagangan, PNS/TNI dan bidang jasa. Dan sisanya bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani.

Potensi perekonomian Kelurahan Kotakaler didukung oleh sarana prasarana modern, tidak mengandalkan sektor pertanian. perekonomian Kelurahan Kotakaler didukung oleh sarana pasar modern, pasar swalayan yang jumlahnya banyak, begitu juga perbankannya. Sektor industri juga cukup banyak terutama yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman serta pengolahan kayu. Walau sektor pertaniannya tidak terlalu menonjol, namun lahan pertanian di Kelurahan Kotakaler menghasilkan produk berupa padi, jagung dan ubi jalar.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan Desa Kotakaler)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Februari 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang