Sekilas Kontak

Berdiri

12 Maret 1981

Alamat Lengkap

Dusun Cikawung Desa Sukajadi Kecamatan Wado


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan bebagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Desa Sukajadi merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Wado. Lokasi Desa Sukajadi berada di sebelah selatan pusat kecamatan dengan jarak sekitar lima kilometer. Bagian barat wilayahnya dilewati jalan propinsi yang menghubungkan kota Sumedang dengan wilayah Garut. Wilayahnya membentang ke arah tenggara sampai kaki Gunung Cakrabuana.

Sebelum menjadi desa yang mandiri, Desa Sukajadi merupakan wilayah yang menjadi bagian dari Desa Cilengkrang. Baru pada tahun 1981 tepatnya tanggal 12 Maret 1981, Desa Cilengkrang dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Cilengkrang dan Desa Sukajadi. Desa Sukajadi memiliki wilayah di bagian timur laut Desa Cilengkrang yang salah satunya meliputi Dusun Sukanyiru. Pengambilan nama Sukajadi sendiri berkaitan dengan kondisi warga masyarakat khususnya warga Dusun Sukanyiru yang sangat bahagia (Sukahati) karena akhirnya keinginan untuk membentuk desa sendiri terkabulkan (Jadi). Pada waktu itu, pejabat desa (Pjs Kepala Desa) dipegang oleh seorang Purnawiran ABRI yang bernama Duji Suparya.

Berdasarkan data Pendataan Potensi Desa/Kelurahan tahun 2014, Desa Sukajadi memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, Desa Sukajadi memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa perbukitan. Ketinggian dimana kantor desa berada sekitar 737 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, Desa Sukajadi dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cikareo Selatan, dan Desa Mulyajaya di sebelah utara, Desa Ganjaresik di sebelah timur, Desa Cilengkrang di sebelah selatan, serta Desa Cilengkrang di sebelah baratnya. Sementara secara administratif, Desa Sukajadi terbagi ke dalam enam dusun yaitu Dusun Sukanyiru, Dusun Sukasirna, Dusun Cikawung, Dusun Cisadap, Dusun Pasir Hurip, dan Dusun Pasir Cilangkap. Jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 6 RW dan 34 RT.

Berdasarkan sumber data yang sama, Desa Sukajadi memiliki luas wilayah sebesar 10,09 km persegi. Atau berdasarkan data monografi Desa Sukajadi yang disajikan oleh tim KKNM Unpad di Sukajadi tahun 2013, Desa Sukajadi memiliki luas wilayah sebesar 1.009,45 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan seperti lahan pertanian, pemukiman dan pangangonan. Luas lahan pertaniannya sendiri mencapai 747,8 hektar yang terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian kering. Luas lahan pesawahannya adalah 592,8 hektar sementara luas perkebunan dan ladangnya sebesar 155 hektar. Seluas 312,8 hektarnya dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Lahan pangangonan atau Carik Desa seluas 63 hektar dan sisanya seluas 194,85 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya seperti lahan kehutanan.

Berdasarkan data Pendataan Potensi Desa/Kelurahan tahun 2014, pada tahun 2014 Desa Sukajadi dihuni oleh penduduk dengan jumlah 5.121 orang. Dengan komposisi 2.615 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.506 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.427 KK. Kepadatan penduduk Desa Sukajadi sebesar 232 orang untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, berdasarkan sumber data yang sama, sebagian besar penduduk Desa Sukajadi bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun sebagai buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor konstruksi, jasa, industri, transportasi, dan perdagangan.

Lahan pesawahan di Desa Sukajadi masih menggunakan sistem pengairan setengah teknis dan sistem pengairan sederhana. Dan ada juga yang masih menggunakan pengairan tadah hujan. Namun demikian produktivitas lahan pesawahannya sangat baik dalam menghasilkan produk utama berupa padi. Selain menghasilkan padi, lahan pesawahan di Desa Sukajadi juga menghasilkan produk palawija seperti jagung, ubi kayu, kacang hijau, ubi jalar dan kacang tanah. Lahan perkebunan di Desa Sukajadi juga menghasilkan produk andalan berupa cengkeh. Di sektor peternakan, ada warga yang memelihara binatang ternak dari jenis ayam, kambing dan sapi. Sektor industrinya didominasi oleh industri rumah tangga yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan pengolahan kayu. Salah satu pengolahan makanan yang ada di Desa Sukajadi adalah pengolahan singkong menjadi tepung aci.

Berkaitan dengan seni budaya, di Desa Sukajadi terdapat beberapa kelompok kesenian yang masih eksis dan terawat walau kondisinya memprihatinkan. Kelompok kesenian yang masih ada diantaranya yang berkecimpung dalam seni calung, reog, dan pencak silat.

Untuk potensi wisata, di Desa Sukajadi terdapat curug yang bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Curug ini bernama Curug Cakrabuana yang berada di belakang puncak gunung di kawasan Desa Sukajadi yang masih alami. Hanya saja untuk menjangkaunya diperlukan perjalanan yang cukup jauh. Pengembangan potensi ini sudah dimulai dengan dibangunnya saung-saung peristirahatan hingga pendirian villa dan tempat makan di dekatnya.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan KKNM Unpad Sukajadi)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang