Logo Desa Padajaya

Desa Padajaya

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Bojongsalam Desa Padajaya


Lokasi

Desa Padajaya merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Wado. Lokasinya berada di bagian utara wilayah kecamatan, menjorok ke wilayah Kecamatan Darmaraja dan Kecamatan Jatinunggal. Wilayahnya berada di pinggir sebelah timur Sungai Cimanuk.

Secara administratif, wilayah Desa Padajaya berbatasan dengan wilayah Desa Sukakersa Kecamatan Jatigede di sebelah utara, Desa Leuwihideung dan Desa Sukamenak (keduanya berada di Kecamatan Darmaraja) di sebelah barat, Desa Wado dan Desa Pawenang (Kecamatan Jatinunggal) di sebelah selatan serta Desa Mekarasih dan Desa Pawenang (keduanya berada di Kecamatan Jatinunggal) di sebelah timurnya. Wilayah Desa Padajaya terdiri atas tiga dusun yaitu Dusun Sundulan, Dusun Bojongsalam dan Dusun Bantarawi.

Berdasarkan data profil desa pada tahun 2008 yang diperbaharui pada tahun 2011, Desa Padajaya memiliki luas wilayah sebesar 309,5 hektar. Berbagai penggunaan wilayah Desa dirinci sebagai berikut: sebagai lahan pesawahan seluas 200 hektar, lahan kehutanan rakyat seluas 45 hektar, sebagai lahan pekarangan seluas 13 hektar, sebagai lahan sungai atau selokan seluas 6 hektar, sebagai tanah perkebunan palawija    seluas 5 ha, sebagai lahan irigasi seluas 4 hektar, sebagai tanah hibah masyarakat seluas 3 hektar, sebagai lahan sumber mata air seluas 1,5 hektar, dan sebagai lahan lainnya seluas 13,9 hektar.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Padajaya sebanyak 3.925. Ini berdasarkan data kependudukan Desa Padajaya pada tahun 2011. Rinciannya adalah sebagai berikut: jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki sebanyak 1.940 orang sementara penduduk yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 1.985 orang.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Padajaya bekerja sebagai petani baik petani pemilik lahan maupun buruh tani. Petania yang menggarap lahan pesawahan dengan produk utamanya padi. Bidang lainnya bergerak di bidang perdagangan dan wiraswasta serta pengrajin pengolahan kayu seperti mebel.

Di wilayah Desa Padajaya terdapat beberapa lokasi yang termasuk kawasan keramat. Kawasan di dalamnya terdapat beberapa makam keramat. Makam keramat yang berlokasi di Desa Padajaya diantaranya adalah Situs Gagak Sangkur, berupa makam keramat Raden Aria Sutadinata (berasal dari Banten) yang berlokasi di Kampung Sundulan; Situs Tulang Gintung, yaitu makam keramat Eyang Haji Rarasakti atau Jayasakti yang berlokasi di Pasir Leutik, Kampung Sundulan; Situs Keramat Gunung Penuh, yaitu makam keramat Tresna Putih, yang berlokasi di Kampung Bantarawi; dan Situs Keramat Buah Ngariung, makam Embah Wangsapraja, penyebar Islam di Buah Ngariung, yang berlokasi di Kampung Buah Ngariung.

Berdasarkan informasi, wilayah Desa Padajaya merupakan salah satu dari enam desa yang wilayahnya akan tenggelam keseluruhannya jika bendungan Jatigede diaktifkan.

(Sumber: KKNM Unpad 2013)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 Juli 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang