Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Raya Kirisik - Wado No. 40 Desa Kirisik Kecamatan Jatinunggal

Akun Twitter

@desa_kirisik


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya propinsi yang menghubungkan Wado dengan Majalengka
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Antar-Kota Bandung - Sumedang - Bantarujeg

Desa Kirisik merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinunggal. Lokasinya berada di bagian timur wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka. Jaraknya dengan pusat Kecamatan Jatinunggal sekitar tujuh kilometer.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Jatinunggal tahun 2013, Desa Kirisik memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, Desa Kirisik memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 650 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Kirisik dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Sukamanah dan Desa Cipeundeuy di sebelah utara, Kabupaten Majalengka di sebelah timur, Desa Cimungkal Kecamatan Wado di sebelah selatan serta Desa Banjarsari di sebelah baratnya. Dan secara administratif, wilayah Desa Kirisik terbagi ke dalam empat dusun yaitu Dusun Kirisik, Dusun Jagatapa, Dusun Babakan, dan Dusun Pajagan. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 8 RW dan 25 RT.

Berdasarkan data Kecamatan Jatinunggal dalam Angka tahun 2013, Desa Kirisik memiliki luas total wilayah sebesar 441 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan seperti pertanian, pemukiman, kehutanan dan tanah pangangonan. Luas lahan pertaniannya sendiri memakan luas wilayah sebesar 225,4 hektar yang terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan perkebunan/ladang. Luas lahan pesawahannya sebesar 188,4 hektar dan luas lahan perkebunannya sebesar 37 hektar. Sementara luas lahan yang dipergunakan sebagai pemukiman dan pekarangan sebesar 84,6 hektar. Tanah kehutannya mencakup luas lahan sebesar 46 hektar. Sisanya seluas 57 hektar berupa lahan pangangonan.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk Desa Kirisik pada tahun 2013 sebanyak 6.110 orang. Dengan komposisi sebanyak 3.103 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 3.007 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.916 KK. Kepadatan penduduk Desa Kirisik sebesar 434,47 orang untuk tiap kilometer persegi luas wilayah Desa Kirisik.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, berdasarkan Potensi Desa tahun 2012, sebagian besar penduduk Desa Kirisik bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor konstruksi, transportasi, industri dan jasa. Sektor pertanian menjadi penyumbang perekonomian terbesar bagi Desa Kirisik. Hal ini berbanding lurus dengan porsi penggunaan lahan sebagai lahan pertanian terutama lahan pesawahan. Luas lahan pesawahannya sendiri menggunakan sistem pengairan non-teknis. Lahan pesawahan di Desa Kirisik menghasilkan produk utama berupa padi dengan produktivitas yang sangat baik. Selain dihasilkan oleh lahan pesawahan, padi juga dihasilkan oleh lahan ladang (huma). Hasil pertanian lainnya adalah kacang tanah. Sektor peternakan juga digeluti sebagian penduduk Desa Kirisik walaupun kadang tidak menjadi mata pencaharian utama. Berbagai jenis binatang ternak dipelihara oleh penduduk Desa Kirisik seperti sapi potong, domba, ayam kampung dan itik. Sementara sektor industri yang berkembangnya dari jenis industri rumahan dalam pengolahan makanan dan pengolahan kayu.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 15 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang