Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cicarimanah Kecamatan Situraja

Web Site

Desa Cicarimanah

Akun Facebook

Desa Cicarimanah


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Cicarimanah merupakan sebuah desa yang berlokasi di Kecamatan Situraja. Lokasi berada di bagian utara kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Tomo. Awalnya, Desa Cicarimanah termasuk wilayah Kecamatan Tomo, namun akses ke kecamatan terisolasi oleh keberadaan sungai Cipeles. Sementara akses ke wilayah Kecamatan Situraja lebih mudah, sehingga penduduk Desa Cicarimanah memutuskan untuk pindah ke Kecamatan Situraja. Mulai awal tahun 2014, Desa Cicarimanah resmi masuk wilayah Kecamatan Situraja.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Tomo tahun 2013, Desa Cicarimanah memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swasembada. Secara topolografis, wilayah Desa Cicarimanah memiliki bentang permukaan tanah berupa pegunungan. Ketinggian tempat kantor desa berada sekitar 250 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, wilayah Desa Cicarimanah terbagi ke dalam 4 RW dan 13 RT yang tersebar ke dalam empat kampung yaitu Kampung Cicarimanah, Kampung Babakan, Kampung Limusnunggal, dan Kampung Hegarmanah. Dan secara geografis, wilayah Desa Cicarimanah dibatasi oleh wilayah-wilayah Desa Bugel Kecamatan Tomo dan Desa Padanaan Kecamatan Paseh di sebelah utara, Desa Wanakerta Kecamatan Situraja di sebelah barat, Desa Cilopang Kecamatan Cisitu dan Desa Karedok Kecamatan Jatigede di sebelah selatan dan Desa Karedok Kecamatan Jatigede dan Desa Cipeles Kecamatan Tomo di sebelah timur.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Tomo tahun 2013, luas wilayah Desa Cicarimanah sebesar 747,44 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan, yaitu sebagai lahan pesawahan seluas 140 hektar, sebagai lahan pertanian kering seperti ladang dan huma seluas 27 hektar, sebagai lahan hutan seluas 184 hektar, sebagai lahan pemukiman seperti rumah dan pekarangan seluas 13 hektar. Sisanya seluas 383,44 hektar dipergunakan untuk fungsi lainnya.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cicarimanah sebanyak 1.381 orang. Rinciannya sebanyak 640 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 691 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 420 KK. Kepadatan penduduknya sebesar 56,22 orang untuk tiap km luas wilayah Desa Cicarimanah.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Cicarimanah bekerja di sektor pertanian. Produk utama pertaniannya adalah padi yang dihasilkan lahan pesawahan. Selain menghasilkan padi, lahan pertanian Desa Cicarimanah juga menghasilkan jagung, ubi kayu, kacang hijau, kacang tanah, mentimun dan kacang panjang. Lahan perkebunan Desa Cicarimanah juga menghasilkan berbagai jenis buah-buahan diantaranya mangga, pisang, rambutan, dan pepaya.

(Sumber: Welcome to Cicarimanah Blog dan BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Januari 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang