loader

MTs Negeri 4 Sumedang

MTs Negeri 4 Sumedang

Kategori: MTs

Alamat: Jalan Raya Tarikolot No. 33 Kecamatan Jatinunggal

Tayangan

Jumlah View Page

1.568

Menyukai

Jumlah Fans Page

4

Check In

Pengunjung Lokasi

1

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di pinggir jalan raya Wado Jatinunggal

Dilintasi Angkutan Umum Pedesaan Wado - Kirisik dan Angkutan Umum Bantarujeg - Wado

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jalan Raya Tarikolot No. 33 Kecamatan Jatinunggal
No. Telp
0262-428632
No. Handphone
0812-2701-7365
No. WhatsApp
0812-2701-7365
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

MTs Negeri 4 Sumedang atau Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sumedang merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang sederajat dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP). MTs Negeri 4 Sumedang menjadi lembaga pendidikan formal negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia dan menyelenggarakan pendidikan umum dengan berciri khas muatan agama Islam.

Sebagaimana jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), jangka waktu pendidikan yang dilangsungkan di MTs Negeri 4 Sumedang juga selama tiga tahun dari kelas tujuh sampai kelas sembilan. MTs Negeri 4 Sumedang menjadi lembaga pendidikan lanjutan dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD) sebelum melanjutkan ke jenjang Madrasah Aliyah (MA) yang setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain mendapatkan pengajaran yang berhubungan dengan pengetahuan umum sebagaimana diajarkan di tingkat SMP, siswa di MTs Negeri 4 Sumedang juga mendapatkan tambahan pengajaran ilmu-ilmu agama yang lebih mendalam dari pada pembelajaran agama di SMP.

MTs Negeri 4 Sumedang berdiri semenjak tahun 1996. Pendiriannya berdasarkan pada Surat Keputusan nomor PP/301/SU/V/1996 tertanggal 3 Mei 1996. Pada awalnya, MTs ini bernama MTs Negeri Tarikolot, sesuai dengan alamatnya di Jalan Raya Tarikolot No. 33 Kecamatan Jatinunggal. Mulai tahun 2015, MTs ini resmi memiliki nama MTs Negeri 4 Sumedang. Hal ini berdasarkan pada Keputusan Menteri Agama Nomor 212 Tahun 2015 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Barat. SK tersebut terbit pada tanggal 27 Juli 2015.

Pada tahun 2021, MTs Negeri 4 Sumedang telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Keputusan hasil akreditasi ini sesuai dengan SK Akreditasi dengan nomor 999/BAN-SM/SK/2021 tertanggal 18 Oktober 2021.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, MTs Negeri 4 Sumedang juga menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di luar jam pelajaran seperti kegiatan keorganisasian dan kegiatan ekstrakurikuler. Keorganisasian yang bisa diikuti oleh siswa-siswi MTs Negeri 4 Sumedang ini yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Sementara kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa-siswi MTs Negeri 4 Sumedang diantaranya adalah Pramuka, Olahraga (Bola Voli, Futsal, Tenis Meja), Kesenian (Marching Band Gita Swara Manunggal), Keagamaan (Qira'at dan Muratal Quran). Kegiatan ekstrakurikuler ini diadakan dalam rangka menyalurkan minat dan bakal peserta didik MTs Negeri 4 Sumedang.

Kegiatan ekstrakurikuler di MTs Negeri 4 Sumedang ini telah meraih berbagai prestasi baik di kejuaraan lokal, maupun level di atasnya seperti level kabupaten, provinsi dan nasional bahkan pernah meraih prestasi internasional. Prestasi yang banyak diraih terutama ekstrakurikuler Bola Voli dan Marching Band.

Setiap awal tahun pelajaran, MTs Negeri 4 Sumedang menerima pendaftaran siswa baru yang berasal dari Madradah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD). Pendaftaran bisa langsung ke lokasi sekolah atau bisa menggunakan formulir online yang disediakan sekolah atau panitia penerimaan siswa baru. Pendaftaran bisa dilakukan bersama dengan orang tua siswa atau secara kolektif dari sekolah asal.

Galeri Foto Lokasi
user

Kampus MTs Negeri 4 Sumedang

user

Lapangan olahraga MTs Negeri 4 Sumedang

user

Staf pengajar MTs Negeri 4 Sumedang

user

Ekskul Bola Voli MTs Negeri 4 Sumedang

Kementerian Agama RI/Kementerian Agama RI
1996
Jalan Raya Tarikolot No. 33 Kecamatan Jatinunggal
0262-428632
0812-2701-7365
MTsN4 Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With