Logo Kampung Nanggerang Baru, Cinangsi

Kampung Nanggerang Baru, Cinangsi

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di bagian utara wilayah Desa Cinangsi
  2. Bagian selatannya dilintasi jalan raya provinsi yang menghubungkan kota Sumedang dengan Garut
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  4. Dilintasi Angkot 24 jurusan Terminal Rancamulya - Wado, Angdes 53 jurusan Situraja - Darmaraja - Wado, dan Bus AKDP Bus Medal Sekarwangi, CBU dan Bus Budiman

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Nanggerang Baru merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian utara wilayah Desa Cinangsi, sebuah lokasi yang menjadi bagian dari pusat pemerintahan Desa Cinangsi.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Nanggerang Baru berada di kawasan lereng perbukitan yang menghadap ke arah tenggara, di bagian tenggara lereng Gunung Tanjung. Bagian tenggara kawasan pemukimannya sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian barat lautnya. Ketinggian wilayahnya berkisar antara 380 hingga 450 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Nanggerang Baru dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Di sekeliling pemukiman penduduknya didominasi dengan lahan perkebunan, baik di utara, barat, selatan maupun timur. Dengan tambahan di sebelah tenggara dan timurnya selain berbatasan dengan lahan perkebunan juga berbatasan dengan lahan pesawahan. Kemudian sebelah selatan berseberangan juga dengan kawasan pemukiman penduduk Kampung Nanggerang. Kawasan perkebunan di sekitaran Kampung Nanggerang Baru menghijau ditumbuhi berbagai macam pepohonan dari jenis buah-buahan dan penghasil kayu. Jenis pepohonan buah-buahan diantaranya pisang, rambutan, mangga dan lainnya, sementara penghasil kayu diantaranya albasiah dan mahoni.

Pemukiman penduduk Kampung Nanggerang Baru berada di sebelah utara perlintasan jalan raya provinsi yang menghubungkan kota Sumedang dengan Kabupaten Garut. Pemukiman penduduknya menempati kawasan yang cukup luas melebar ke arah utara, menjauhi jalan besar. Pemukiman penduduknya tidak terkonsentrasi di satu lokasi, tetapi menyebar menjadi beberapa blok pemukiman penduduk, dengan akses sebagian tersambung via jalan besar yang mengelilingi kawasan pemukiman penduduk dan sebagian menggunakan akses jalan gang. Jarak antarpemukiman penduduknya masih cukup renggang dengan adanya halaman rumah yang cukup luas. Antar blok pemukiman penduduk juga terdapat lahan yang cukup lebar berupa lahan perkebunan dan sebagian lahan pesawahan.

Pemukiman penduduk Kampung Nanggerang Baru memiliki populasi penduduk terbanyak jika dibandingkan dengan jumlah pemukiman penduduk lainnya di Desa Cinangsi. Di pemukiman tersebut memiliki sejumlah fasilitas umum yang bisa digunakan oleh masyarakatnya. Fasilitas peribadahan ada di Kampung Nanggerang Baru berupa Masjid Jami' Al-Amanah Desa Cinangsi yang terletak di bagian selatan pemukiman penduduk, pinggir jalan raya. Ditambah masjid lainnya yang ada di bagian timur pemukiman penduduk dan di bagian utara. Ada juga fasilitas pendidikan formal tingkat dasar berupa SD Negeri Nanggerang yang berlokasi di bagian barat pemukiman penduduk. Tak ketinggalan juga fasilitas pemerintahan Desa Cinangsi ada di kawasan Kampung Nanggerang Baru, tepatnya di bagian barat dekat dengan SD Negeri Nanggerang.

Secara kewilayahan, Kampung Nanggerang Baru berada dalam cakupan wilayah Dusun Nanggerang Baru. Untuk cakupan lebih kecilnya, Kampung Nanggerang Baru ini terbagi ke dalam tiga wilayah Rukun Warga (RW) yaitu RW 06, 07 dan RW 08.

Jika melihat peta yang diterbitkan jaman penjajahan Belanda, Kampung Nanggerang Baru sudah muncul setidak berdasarkan peta yang diterbitkan pada tahun 1909 dengan nama Nanggerang. Kemudian pada peta yang terbit pada tahun 1922, pemukiman yang sama diberi nama Nanggerang 1 untuk membedakan dengan Kampung Nanggerang yang dilabeli Nanggerang 2.

Akses ke Kampung Nanggerang Baru cukup mudah karena bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Dan tidak jauh dari perlintasan Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) misalnya Angkot 24 jurusan Terminal Rancamulya - Wado dan Angkutan Umum Pedesaan (Angdes) 53 jurusan Situraja - Darmaraja - Wado.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 29 Januari 2024

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang