loader

Kampung Manglayang, Mekarsari

Kampung Manglayang, Mekarsari

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

66

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berada di bagian barat daya wilayah Desa Mekarsari

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Manglayang merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian barat daya wilayah Desa Mekarsari yang berbatasan dengan wilayah Desa Sindangsari di wilayah kecamatan yang sama. Sebuah lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Mekarsari, dari kantor Desa Mekarsari jaraknya sekitar 950 meter melintasi jalan besar ke arah barat daya dengan melewati pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe.

Secara topografis, wilayah Kampung Manglayang berada di kawasan yang cukup landai. Bagian barat kawasan pemukiman penduduknya sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemukiman penduduk bagian timur. Ketinggian wilayahnya berada pada kisaran 880 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dan secara geografis, Kampung Manglayang berada di kawasan yang dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan pesawahan. Bagian utara, timur, selatan dan barat kawasan pemukiman umumnya berbatasan dengan lahan pesawahan, dengan tambahan di bagian utara dan selatan ada sedikit kawasan perkebunan yang memisahkan antara piggiran pemukiman penduduk dengan lahan pesawahan. Bagian baratnya, selain berbatasan dengan lahan pesawahan juga berbatasan langung dengan pemukiman penduduk di wilayah Desa Sindangsari yaitu Kampung Babakan Muncang. Kedua pemukiman penduduk tersebut dipisahkan oleh aliran air di saluran irigasi yang mengairi lahan pesawahan.

Secara historis, pemukiman penduduk Kampung Manglayang sudah tercantum dalam peta yang diterbitkan oleh penjajah Belanda. Setidaknya berdasarkan peta yang diterbitkan pada tahun 1909 yang didalamnya memuat lokasi pemukiman penduduk di lokasi yang sama dengan saat ini. Pada peta tersebut, pemukiman penduduknya diberi nama Manglajang, dengan pola pemukiman memanjang dari barat laut ke tenggara. Sementara pada peta yang terbit pada tahun 1943, pemukiman Manglajang lebih menyerupai saat ini dengan adanya pelebaran pemukiman ke arah utara di bagian barat laut.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Manglayang memiliki pola yang memanjang dari barat laut ke arah tenggara, sesuai dengan alur jalan besar yang melintasinya. Pemukiman penduduknya rata-rata tidak terlalu jauh dari akses jalan besar kecuali di bagian barat laut dimana sebagian pemukiman penduduknya melebar ke arah utara menjauhi akses jalan besar. Akses ke kawasan bagian utara ini berupa jalan gang yang terhubung dengan akses jalan besar. Jarak antar-rumah di pemukiman penduduk Kampung Manglayang cukup rapat terutama yang berlokasi di pinggir jalan besar.

Kampung Manglayang memiliki akses yang berasal dari tiga arah, dimana ketiganya berupa jalan besar yang bisa dilintasi kendaraan roda empat. Yang pertama arah barat yang terhubung dengan Kampung Babakan Muncang di Desa Sindangsari, kemudian arah tenggara yang terhubung dengan pemukiman Kampung Nyalindung di Desa Mekarsari, serta arah timur laut yang terhubung dengan pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe di desa yang sama. Akses jalan kedua terakhir bersatu di ujung pemukiman Kampung Manglayang bagian tenggara. Sehingga akses ke pemukiman penduduk Kampung Manglayang cukup mudah karena bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat, namun belum dilintasi angkutan umum.

Sejumlah fasilitas umum sudah ada di kawasan pemukiman penduduk Kampung Manglayang. Salah satunya fasilitas peribadahan dengan adanya Masjid Jami' Al-Munir yang berlokasi di bagian selatan kawasan pemukiman penduduk. Sementara untuk fasilitas umum lainnya, seperti fasilitas pendidikan formal, tidak ada di Kampung Manglayang. Sehingga bagi anak-anak yang ingin bersekolah harus pergi ke kampung tetangga. Untuk pendidikan sekolah dasar terdekat berlokasi di Kampung Babakan Muncang berupa SD Negeri Manglayang I dan SD Negeri Manglayang II dengan jarak sekitar 250 meter ke arah barat melintasi jalan besar.

Secara kewilayahan, Kampung Manglayang berada dalam cakupan wilayah Dusun Manglayang. Kampung Manglayang di Dusun Manglayang tersebut berada dalam cakupan kawasan yang lebih kecil yaitu Rukun Warga dengan nama RW 01.

Galeri Foto Lokasi
user

Gerbang masuk Kampung Manglayang di Desa Mekarsari

/
Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With