loader

Kampung Babakan Embe, Mekarsari

Kampung Babakan Embe, Mekarsari

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

44

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di bagian tengah wilayah Desa Mekarsari

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilintasi angkutan umum

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Babakan Embe merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian tengah wilayah Desa Mekarsari, sebuah lokasi yang cukup dekat dari pusat pemerintahan Desa Mekarsari. Dari kantor Desa Mekarsari jaraknya sekitar 300 meter melintasi jalan besar ke arah barat jika menggunakan jalan besar dari Kampung Padasuka ke Kampung Babakan Embe.

Secara topografis, wilayah Kampung Babakan Embe berada di kawasan yang cukup miring. Dengan bagian utara kawasan pemukiman penduduknya lebih rendah jika dibandingkan dengan pemukiman penduduk bagian selatan. Ketinggian wilayahnya berada pada kisaran 870 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dan secara geografis, Kampung Babakan Embe berada di kawasan yang dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan pesawahan dan perkebunan. Bagian utara, timur dan selatan kawasan pemukiman berbatasan langsung dengan lahan pesawahan, sementara di bagian barat dayanya merupakan kawasan perkebunan yang ditanami utamanya pepohonan bambu dan sejumlah pepohonan lainnya.

Secara historis, pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe sudah tercantum dalam peta yang diterbitkan oleh penjajah Belanda. Setidaknya berdasarkan peta yang diterbitkan pada tahun 1909 yang didalamnya memuat lokasi pemukiman penduduk di lokasi yang sama dengan saat ini. Pada peta tersebut, pemukiman penduduknya diberi nama Bab. Embe, dengan posisinya berada di lokasi yang sam dengan pemukiman penduduk saat ini. Dan pada peta yang terbit pada tahun 1943, terdapat pemukiman di lokasi yang sama dengan penamaan yang sama juga, Bab. Embe.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe memiliki pola sebaran menyebar serta memanjang dari barat ke timur. Hal ini sesuai dengan akses jalan besar yang melintasinya dari barat ke timur. Umumnya pemukiman penduduknya tidak terlalu jauh dari akses jalan besar tersebut, kecuali di bagian baratnya, ada sebagian kecil yang melebar ke arah utara. Jarak antar-rumah di pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe cukup rapat.

Kampung Babakan Embe memiliki akses yang berasal dari tiga arah yang berupa jalan besar yang bisa dilintasi kendaraan roda empat. Akses di sebelah timur terhubung dengan pemukiman penduduk Kampung Padasuka dimana kantor desa berada. Akses ke sebelah selatan terhubung dengan pemukiman penduduk Kampung Manglayang, sementara akses ke arah barat laut terhubung dengan pemukiman penduduk Kampung Cilame. Ada tambahan juga akses jalan yang berupa jalan gang yang menjadi jalan pintas ke pemukiman penduduk lainnya, seperti ke arah utara ada akses jalan kecil melintasi kawasan pesawahan menuju ke Kampung Sukadano, dan akses jalan kecil ke arah timur laut yang juga melintasi kawasan pesawahan menuju ke Kampung Padasuka serta akses jalan pintas ke arah selatan menuju ke Kampung Nyalindung. Dengan demikian, pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe cukup mudah diakses karena bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat, namun belum dilintasi angkutan umum.

Sejumlah fasilitas umum sudah ada di kawasan pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe. Salah satunya fasilitas peribadahan dengan adanya Masjid Jamie Al-Hidayah yang ada di bagian utara kawasan pemukiman penduduk, dan satu masjid lagi yang terletak di bagian tenggara pemukiman penduduk serta satu lagi di bagian barat pemukiman penduduk. Di Kampung Babakan Embe juga ada fasilitas olahraga berupa lapangan bola voli yang berada di bagian utara pemukiman penduduk. Sementara untuk fasilitas umum lainnya, seperti fasilitas pendidikan formal, tidak ada di Kampung Babakan Embe. Sehingga bagi anak-anak yang ingin bersekolah harus pergi ke kampung tetangga. Untuk pendidikan sekolah dasar terdekat berlokasi di Kampung Padasuka berupa SD Negeri Padasuka dengan jarak sekitar 350 meter ke arah timur melintasi jalan besar.

Secara kewilayahan, Kampung Babakan Embe berada dalam cakupan wilayah Rukun Warga (RW) 03. Karena memiliki cakupan wilayah yang cukup besar, pemukiman penduduk Kampung Babakan Embe terbagi kembali menjadi tiga wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu Rt 01, 02 dan RT 03.

Galeri Foto Lokasi
user

Kampung Babakan Embe di Desa Mekarsari

/
Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With