loader

Kampung Hariang, Hariang

Kampung Hariang, Hariang

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Hariang Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

348

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di wilayah selatan Desa Hariang

Berada pada perlintasan jalan raya kabupaten

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Bisa menggunakan Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 10 jurusan Sumedang - Hariang dan Angkot 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Hariang Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Hariang merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Hariang Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah Desa Hariang, dimana pusat pemerintahan Desa Hariang berada. Kantor Desa Hariang berlokasi di Kampung Hariang.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Hariang berada di kawasan yang cukup landai dengan kemiringan mengarah ke utara, dimana bagian utaranya sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian selatan. Ketinggian wilayahnya sekitar 300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Hariang dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan serta dibatasi oleh pemukiman lainnya. Di sebelah timur Kampung Hariang merupakan lahan pesawahan, sementara di sebelah selatannya campuran antara lahan pesawahan dan lahan perkebunan. Di sebelah timurnya berbatasan langsung dengan pemukiman Kampung Tipar di seberang Sungai Cimamut yang mengalir dari selatan di wilayah Desa Cikurubuk ke arah utara hingga bermuara di aliran Sungai Cikandung. Dan di bagian utara Kampung Hariang berbatasan langsung dengan Kampung Curug.

Pemukiman penduduk Kampung Hariang berada di perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan wilayah Kecamatan Tanjungkerta di sebelah selatan dan wilayah Kecamatan Buahdua di sebelah timur. Sehingga kampung ini memiliki akses yang sangat mudah karena bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, termasuk sudah dilewati angkutan umum. Angkutan umum yang melintasi Kampung Hariang ini adalah Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang dan Angkot 10 jurusan Sumedang - Hariang. Akses menuju dan keluar dari Kampung Hariang ini berasal dari arah selatan, utara dan arah timur. Arah selatan terhubung dengan Kampung Cihayam di Desa Awilega, dan arah utara terhubung dengan Kampung Pari di Desa Wanajaya, kemudian arah timur laut ke Kampung Tipar yang kemudian terhubung dengan Kampung Ciliang di Desa Mekarmukti. Sementara arah timur terhubung dengan Kampung Tonjong.

Pemukiman penduduk Kampung Hariang memiliki populasi penduduk yang paling banyak jika dibandingkan dengan pemukiman lainnya di Desa Hariang. Pemukiman penduduknya tersebar di satu lokasi, di sebelah barat aliran Sungai Cimamut dan di sebelah utara jalan raya kabupaten. Hanya sedikit yang terletak di sebelah selatan jalan raya. Kepadatan pemukiman semakin rapat ke arah utara, sementara di bagian selatan cukup renggang. Akses ke pemukiman penduduk bagian utara berupa jalan besar yang menghubungkan Kampung Hariang dengan Kampung Curug ditambah jalan gang.

Secara kewilayahan, Kampung Hariang berada dalam cakupan wilayah Dusun Hariang. Untuk cakupan lebih kecilnya, Kampung Hariang terbagi ke dalam dua wilayah Rukun Warga (RW) yaitu RW 01 dan RW 02. Dan wilayah RW tersebut dibagi lagi menjadi wilayah Rukun Tetangga (RT) dengan masing-masing wilayah RW tersebut terbagi ke dalam tiga wilayah RT, yaitu di RW 01 ada RT 01, 02 dan RT 03, dan RW 02 terbagi menjadi RT 04, 05 dan RT 06.

Pada tahun 2023, berdasarkan Jumlah Ibu Rumah Tangga di Desa Hariang, jumlah Kepala Keluarga di Kampung Hariang ini sebanyak 320 KK. Jumlah KK tersebut terbagi ke dalam dua wilayah RW dengan masing-masing RW memiliki 166 KK di RW 01 dan 154 KK di RW 02. Untuk tiap wilayah RT-nya, jumlah KK-nya adalah 50 KK untuk RT 01, 63 KK (RT 02), 53 KK (RT 03), 54 KK (RT 04), 67 KK (RT 05) dan 33 KK (RT 06).

Fasilitas umum yang ada di Kampung Hariang saat ini diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa Masjid Agung Al-Amaliyah yang berlokasi di bagian tengah pemukiman penduduk. Kemudian fasilitas pendidikan khususnya pendidikan dasar, sudah ada di Kampung Hariang ini yaitu dengan adanya SD Negeri Hariang yang berlokasi di bagian selatan pemukiman penduduk. Untuk fasilitas kesehatan di Kampung Hariang juga ada dengan adanya Puskesmas Hariang yang terletak di bagian selatan pemukiman penduduk.

Galeri Foto Lokasi
user

Kampung Hariang di Desa Hariang

user

Salah satu sudut Kampung Hariang

/
Desa Hariang Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang
Dusun Hariang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With