Logo Kampung Tipar, Hariang

Kampung Tipar, Hariang

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di wilayah selatan Desa Hariang
  2. Berada pada perlintasan jalan raya kabupaten
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 10 jurusan Sumedang - Hariang dan Angkot 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Hariang Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Tipar merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Hariang Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah Desa Hariang, sebuah lokasi yang cukup dekat dengan pusat pemerintahan Desa Hariang. Dari kantor Desa Hariang sekitar 200 meter ke arah utara, bahkan bisa dikatakan lokasi pusat pemerintahan Desa Hariang berlokasi di bagian selatan Kampung Tipar.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Tipar berada di kawasan yang cukup landai dengan kemiringan mengarah ke utara, dimana bagian utaranya sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian selatan. Ketinggian wilayahnya sekitar 290 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Tipar dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan serta dibatasi oleh pemukiman penduduk lainnya. Di sebelah timur Kampung Tipar merupakan lahan pesawahan dan lahan perkebunan, sementara di sebelah utaranya merupakan lahan perkebunan. Di sebelah baratnya berbatasan langsung dengan pemukiman Kampung Hariang di seberang aliran Sungai Cimamut yang mengalir dari selatan di wilayah Desa Cikurubuk ke arah utara hingga bermuara di aliran Sungai Cikandung. Dan di bagian selatan Kampung Tipar juga masih berbatasan langsung dengan Kampung Hariang dan lahan perkebunan.

Pemukiman penduduk Kampung Tipar berada di sebelah timur pemukiman Kampung Hariang, yang terpisahkan oleh aliran Sungai Cimamut. Kampung ini berada di perlintasan jalan besar yang menyusuri bagian barat pemukiman penduduk dari arah tenggara ke arah utara. Bagian selatan jalannya merupakan jalan raya kabupaten yang menghubungkan wilayah Kecamatan Tanjungkerta dan Kecamatan Buahdua. Sementara bagian utaranya adalah jalan raya menghubungkan Kampung Hariang dengan wilayah Desa Mekarmukti di sebelah utara. Sehingga kampung ini memiliki akses yang sangat mudah karena bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, dan sudah dilewati angkutan umum. Angkutan umum yang melintasi kawasan pemukiman ini adalah Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang dan Angkot 10 jurusan Sumedang - Hariang.

Akses ke Kampung Tipar berasal dari arah utara, barat dan arah tenggara. Arah utara terhubung dengan Kampung Ciliang di Desa Mekarmukti, dan arah barat terhubung dengan Kampung Hariang, sementara arah tenggara terhubung dengan Kampung Tonjong.

Pemukiman penduduk Kampung Tipar memiliki populasi penduduk yang cukup banyak. Pemukiman penduduknya tersebar di satu lokasi, memanjang dari selatan ke utara. Bagian selatan dan baratnya terhubung langsung dengan Kampung Hariang. Sebagian besar pemukimannya berada di sebelah timur jalur jalan besar yang melintasinya, dengan akses masuk berupa jalan gang baik yang ukuran besar maupun sempit. Sebagian lagi berlokasi di sebelah utara jalan besar dikarenakan akses jalan berupa belokan dari barat ke timur.

Jika melihat peta yang diterbitkan jaman penjajahan Belanda pada tahun 1922, lokasi Kampung Tipar saat ini diberi nama sebagai Kampung Curug (Tjoeroeg), yang berlokasi di sebelah timur Kampung Hariang, terpisahkan aliran Sungai Cimamut (Tjimamoet). Sementara lokasi Kampung Curug saat ini, pada peta tersebut diberi nama Peuntas 4.

Secara kewilayahan, Kampung Tipar berada dalam cakupan wilayah Dusun Tipar. Untuk cakupan lebih kecilnya, Kampung Tipar terbagi ke dalam satu wilayah Rukun Warga (RW) yaitu RW 04. Dan wilayah RW tersebut dibagi lagi menjadi lima wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 11, 12, 13, 14 dan RT 15.

Pada tahun 2023, berdasarkan Jumlah Ibu Rumah Tangga di Desa Hariang, jumlah Kepala Keluarga di Kampung Tipar ini sebanyak 241 KK. Jumlah KK tersebut terbagi ke dalam satu wilayah RW 04 saja. Dan untuk masing-masing wilayah RT-nya, jumlah KK-nya adalah 46 KK untuk RT 11, 44 KK (RT 12), 44 KK (RT 13), 56 KK (RT 14), dan 51 KK (RT 15).

Fasilitas umum yang ada di Kampung Tipar saat ini diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa masjid yang berlokasi di bagian utara dan selatan pemukiman penduduk. Kemudian fasilitas pendidikan khususnya pendidikan dasar, belum ada di Kampung Tipar ini, sehingga bagi anak-anak yang akan bersekolah harus pergi ke Kampung Hariang dengan adanya SD Negeri Hariang yang berlokasi di bagian selatan dengan jarak sekitar 300 meter. Untuk fasilitas kesehatan di Kampung Tipar sudah ada dengan terdapatnya Klinik Umum Pratama Rawat Inap Azzahra yang berada di bagian selatan pemukiman penduduk, pinggir jalan raya. Fasilitas lainnya berupa fasilitas olahraga dengan adanya lapangan sepak bola yang berlokasi di siis timur pemukiman penduduk dengan nama Lapang Sepak Bola Bitung Perbangsa. Dan fasilitas rekreasi dengan adanya Water Boom Saung Joglo yang berlokasi di bagian utara pemukiman penduduk.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 01 Februari 2024

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang