loader

Kampung Gelasan

Kampung Gelasan

Kategori: UMKM, Wisata Belanja

Alamat: Kampung Maruyung Kidul Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

3.908

Menyukai

Jumlah Fans Page

1

Check In

Pengunjung Lokasi

2

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di Kampung Sirnamulya atau Kampung Maruyung Kidul Desa Kutamaya

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Kampung Maruyung Kidul Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Gelasan merupakan sebuah nama untuk lokasi yang berada di Kampung Sirnamulya atau Kampung Maruyung Kidul Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sesuai dengan namanya, di sini terdapat pengrajin yang pekerjaannya membuat gelasan atau benang untuk layang-layang. Selain membuat gelasan, para pengrajin di Kampung Gelasan juga membuat kelosan yang digunakan sebagai tempat menggulung benang gelasan.

Kampung Gelasan dimulai semenjak tahun 1990-an. Pada saat itu, para pengrajin di Kampung Gelasan bisa memproduksi 500 lusin gelasan per hari dengan jumlah pengrajin mencapai 100-an orang. Usaha pembuatan gelasan oleh para pengrajin gelasan ini tergolong usaha rumahan yang masih tradisional dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Begitu juga dengan bahan yang dipergunakannya juga cukup sederhana. Untuk menggulung benang gelasan ini, pengrajin biasanya menggunakan kincir yang terbuat dari bambu dilengkapi dengan pedal sepeda. Kincir untuk menggulung benang gelasan ini ditempatkan di dalam saung, baik berupa saung yang tinggi di atas tanah (saung ranggon) maupun saung di tanah. Benang gelasan yang digulung biasanya dibentangkan pada tiang yang cukup jauh dengan tinggi bisa mencapai 10 meter.

Untuk membuat benang gelasan ini, para pengrajin di Kampung Gelasan ini biasanya menggunakan bahan yang berasal dari limbah kaca seperti limbah beling kaca dan bubuk lampu neon. Bahan kaca ini digunakan untuk membuat benang gelasan menjadi tajam. Bahan kaca ini kemudian dihaluskan hingga berbentuk tepung halus. Setelah halus, bahan ini kemudian dicampurkan pada cat yang membuat benang menjadi warna-warni. Bahan limbah juga digunakan oleh para pengrajin dalam membuat kelosan yang merupakan tempat untuk menggulung gelasan.

Gelasan yang digunakan untuk menerbangkan layang-layang adu dari Kampung Gelasan ini memiliki harga yang bervariasi, tergantung dari tingkat ketajamannya. Harga paling murah sekitar Rp 3.000 per gulung sampai dengan Rp 20.000. Walau berharga murah, namun produk benang gelasan yang diproduksi oleh pengrajin di Kampung Gelasan ini sudah terkenal sampai ke luar daerah Sumedang. Bahkan peminatnya datang dari luar negeri juga seperti dari Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina.

Untuk saat ini, pengrajin yang memproduksi benang gelasan di Kampung Gelasan ini sudah banyak berkurang. Jumlah pengrajin yang masih memproduksinya sekitar 10 usaha rumahan.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Galeri Foto Lokasi
user

Produksi gelasan di Kampung Gelasan

user

Produksi gelasan di Kampung Gelasan

user

Produksi gelasan di Kampung Gelasan

user

Benang gelasan dari Kampung Gelasan siap dijual

/
1990-an
Kampung Maruyung Kidul Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang
Benang gelasan untuk layang adu

Kelosan untuk gulungan benang gelasan

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With