Logo Kampung Bobos, Wanajaya

Kampung Bobos, Wanajaya

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di bagian utara wilayah Desa Wanajaya
  2. Berada di perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Buahdua dengan Kecamatan Surian
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  4. Tidak dilewati angkutan umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Wanajaya Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Bobos merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Wanajaya Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian utara wilayah Desa Wanajaya, sebuah lokasi yang cukup dekat dengan pusat pemerintahan Desa Wanajaya. Dari kantor Desa Wanajaya jaraknya sekitar 300 meter ke arah utara melewati jalan raya kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Buahdua dengan Kecamatan Surian.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Bobos berada di kawasan dataran rendah dengan ketinggian sekira 120 meter di atas permukaan laut. Sekeliling kawasan pemukimannya dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan pesawahan. Hanya di bagian barat laut saja yang tidak berbatasan dengan lahan pesawahan karena berbatasan langsung dengan Kampung Talun. Sementara di sisi lainnya, utara, timur, selatan dan barat dibatasi oleh lahan pesawahan yang subur karena mendapatkan pengairan dari sistem irigasi yang diambil dari aliran Sungai Cikandung.

Secara lokasi, pemukiman penduduk Kampung Bobos di perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Buahdua di arah selatan dengan Kecamatan Surian di arah utara. Sehingga memiliki akses yang sangat mudah karena bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, namun belum dilintasi angkutan umum. Dengan demikian Kampung Bobos memiliki akses ke sejumlah arah, arah utara terhubung dengan Kampung Talun dan lebih jauhnya terhubung dengan Kampung Wanasari di Desa Wanasari, kemudian arah selatan terhubung dengan Kampung Pari ditambah arah timur terhubung dengan Kampung Pasirhuni via jalan kecil dan Jembatan Gantung Wanajaya.

Pemukiman penduduk Kampung Bobos memiliki populasi penduduk yang cukup banyak. Pemukiman penduduknya terkonsentrasi di satu lokasi di sebelah timur jalan raya kabupaten yang melintasinya dari arah selatan ke utara. Pemukimannya cenderung melebar ke arah timur dengan adanya akses masuk berupa jalan gang berukuran besar yang bisa dilewati kendaraan roda empat yang kemudian terhubung dengan Jembatan Gantung Wanajaya. Jarak antarpemukiman penduduknya umumnya cukup rapat, antara satu rumah dengan rumah lainnya cukup berdekatan.

Jika dibandingkan dengan komposisi pemukiman yang ditampilkan pada peta dikeluarkan pada jaman penjajahan Belanda tahun 1886, sudah tercantum pemukiman penduduk bernama sama di lokasi hampir mirip. Begitu juga dengan peta yang terbit pada tahun 1922, sudah ada pemukiman penduduk yang lokasi yang sama, hanya saja namanya berubah menjadi Boros 1.

Secara kewilayahan, Kampung Bobos berada dalam cakupan wilayah Dusun Bobos bersama Kampung Pasirhuni dan Kampung Talun. Untuk cakupan lebih kecilnya, Kampung Bobos berada dalam cakupan wilayah Rukun Warga (RW) 04 dan lebih khususnya lagi berada dalam kekuasaan wilayah Rukun Tetangga (RT) 09 dan RT 10.

Fasilitas umum yang ada di Kampung Bobos saat ini diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa Masjid Al-Hikmah yang berada di bagian barat pemukiman penduduk, pinggir jalan raya. Sementara fasilitas umum lainnya belum ada di Kampung Bobos ini termasuk fasilitas pendidikan khususnya pendidikan dasar. Sehingga anak-anak penduduk Kampung Bobos harus pergi ke kampung tetangga untuk mengenyam pendidikan. Sekolah dasar terdekat terletak di Kampung Pari yaitu SD Negeri Pari dengan jarak sekitar 450 meter ke arah barat daya melintasi jalan raya.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 Februari 2024

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang