loader

Gunung Bongkok

Gunung Bongkok

Kategori: Wisata Alam

Alamat: Desa Dayeuh Luhur Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

3.911

Menyukai

Jumlah Fans Page

2

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Parkir bisa di perkampungan penduduk, dilanjut dengan jalan kaki

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Dayeuh Luhur Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Walau dinamai dengan nama gunung, sebenarnya Gunung Bongkok lebih cocok jika disebut sebagai sebuah bukit. Hal ini dikarenakan Gunung Bongkok memiliki ketinggian kurang dari 1000 meter dari permukaan laut. Ketinggian puncak Gunung Bongkok sendiri berada pada elevasi 810 meter di atas permukaan laut.

Gunung Bongkok ini berlokasi di wilayah Desa Dayeuh Luhur Kecamatan Ganeas. Tepatnya di sisi barat laut wilayah Desa Dayeuh Luhur yang berbatasan dengan wilayah Desa Tanjunghurip di kecamatan yang sama. Gunung Bongkok ini menjadi bagian dari barisan perbukitan yang memanjang dari utara ke selatan di Kecamatan Ganeas, dimulai dari Pasir Karajunan, Gunung Bongkok, Gunung Gedogan, dan Gunung Bedil yang tersambung juga dengan barisan perbukitan dimana lokasi Gunung Gajah berada.

Lokasi puncak Gunung Bongkok sendiri tidak terlalu jauh dari akses jalan yang menghubungkan pusat Kecamatan Ganeas dengan Desa Dayeuh Luhur. Tidak terlalu jauh dari Kampung Sukarasa yang berada di ujung utara Desa Dayeuh Luhur. Posisinya sebelah kanan jalan sekitar 100 meter dari jalan. Akses menuju puncak Gunung Bongkok, menggunakan jalan setapak yang bisa dilewati dengan jalan kaki atau naik sepeda, baik dari arah utara maupun arah timur. Aksesnya melintasi lahan pertanian penduduk dengan jalanan yang cukup menanjak.

Yang menjadi ciri khas Gunung Bongkok adalah adanya bongkahan batu besar di puncaknya. Setidaknya ada tiga bongkahan batu besar yang menghiasi puncak Gunung Bongkok. Bongkahan batu pertama terletak di dekat puncak Gunung Bongkok. Dan yang kedua dan ketiga terletak di tebing sebelah barat laut puncak Gunung Bongkok dengan letak yang tidak terlalu jauh dari bongkahan batu pertama. Jika dilihat dari kejauhan, bentuk bongkahan batu kedua dan ketiga ini sekilas mirip bagug anjing. Sehingga tidak mengherankan jika Gunung Bongkok ini memiliki nama lain yaitu Gunung Bagug Anjing.

Puncak Gunung Bongkok ini bisa dijadikan lokasi tujuan wisata alam. Dari puncak Gunung Bongkok ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sekitar Gunung Bongkok, bisa memandang ke segala penjuru wilayah. Dari sini juga, pengunjung bisa melihat dengan jelas Gunung Tampomas yang terletak di sebelah utara, serta wilayah di bawahnya seperti daerah Ganeas. Memandang ke sebelah baratnya terdapat hamparan pesawah di lembah Batugara sampai ke Cigobang beserta bebukitan di ujungnya seperti Gunung Gajah. Menoleh ke sebelah timur terdapat hamparan pemandangan di bawahnya, campuran pesawahan dan perbukitan.

Apabila pagi hari, pengunjung bisa melihat matahari terbit di sebelah timur, dan ketika di sore hari pengunjung bisa berburu matahari terbenam di barat. Selain melihat indahnya pemandangan, pengunjung di bisa selfie dengan latar pemandangan alam.

Galeri Foto Lokasi
user

Puncak Gunung Bongkok atau Bagug Anjing

user

Gunung Tampomas dari Gunung Bongkok

user

Gunung Bongkok dari Kampung Sukarasa

user

Batu besar di puncak Gunung Bongkok

/
Desa Dayeuh Luhur Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang
Gunung Bongkok
Wisata Alam

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With