Logo Desa Tanjungmulya

Desa Tanjungmulya

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. DIlewati Angkutan Umum Sumedang - Hariang

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jl. Tanjungkerta - Hariang No. 306 SMD 45354


Lokasi

Desa Tanjungmulya merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian utara wilayah Kecamatan Tanjungkerta. Jika dilihat dari pusat kecamatan posisinya berada di sebelah timur laut dengan jarak sekitar 4,5 kilometer.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Tanjungmulya merupakan sebuah desa induk pemekaran. Pada awalnya wilayah Desa Tanjungmulya mencakup juga wilayah Desa Awilega. Pada tahun 2011 Desa Tanjungmulya dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Tanjungmulya dan Desa Awilega. Pemekaran wilayah Desa Tanjungmulya ini didasarkan pada perkembangan situasi dan kondisi masyarakat yang lebih dinamis yang menuntut peningkatan pelayanan publik serta untuk mempercepat proses pelayanan. Pemekaran Desa Tanjungmulya diresmikan berdasar pada Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 16 tahun 2011 tentang Pembentukan Desa-desa Baru Hasil Pemekaran Desa Tahun 2011 di Kabupaten Sumedang. Perda ini ditetapkan pada tanggal 22 Desember 2011.

Paska pemekaran wilayah desa ini, wilayah Desa Tanjungmulya yang baru mencakup bagian selatan bekas wilayah desa induk sebelum pemekaran.

Berdasarkan data Kecamatan Tanjungkerta dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Tanjungmulya memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, wilayah Desa Tanjungmulya berada di kawasan dengan bentang permukaan lahan berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 550 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Tanjungmulya dikelilingi oleh wilayah-wilayah: Desa Awilega di sebelah utara, Desa Boros di sebelah timur, Desa Mulyamekar di sebelah selatan, serta Desa Kertamekar dan Desa Kertaharja di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Tanjungmulya terbagi ke dalam dua wilayah dusun yaitu Dusun Janggot dan Dusun Cinungku. Dan terbagi lagi ke dalam wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangga dengan jumlah masing-masing sebanyak lima RW dan 16 RT.

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Tanjungmulya memiliki wilayah dengan luas total sebesar 264 hektar. Dari luas wilayah tersebut, sebagian besar lahan di Desa Tanjungmulya merupakan lahan pertanian dengan cakupan seluas 188 hektar. Lahan pertanian di Desa Tanjungmulya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan. Luasan lahan pertanian yang berupa pesawahan sebesar 174 hektar, dan lahan pertanian bukan pesawahannya seluas 14 hektar. Sebagian kecil lahan di Desa Tanjungmulya dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan lahan lainnya. Untuk lahan pemukimannya atau perumahan dan pekarangan di Desa Tanjungmulya mencakup luasan sebesar 58 hektar, dan sisanya seluas 18 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Tanjungmulya berada di kawasan kaki Gunung Tampomas di sebelah barat laut. Kontur wilayahnya relatif datar dengan sedikit kemiringan, dimana bagian baratnya lebih rendah dari pada bagian timurnya. Tata guna lahannya, wilayah Desa Tanjungmulya didominasi oleh lahan pertanian terutama lahan pesawahan. Lahan pesawahannya hampir merata di setiap sudut wilayah Desa Tanjungmulya dengan dominan di bagian baratnya. Sementara pemukiman penduduk lebih dominan dibagian barat dan utara.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Tanjungmulya dihuni penduduk sebanyak 2.141 orang. Dengan rincian sebanyak 1.004 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.137 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 690 KK. Dan kepadatan penduduk Desa Tanjungmulya, untuk tiap kilometer persegi laus wilayahnya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 811 orang.

Untuk data pekerjaan penduduk Desa Tanjungmulya, tidak ditemukan di sumber data utama. Sebagian datanya bisa dilihat di blog KKNM Unpad. Pekerjaan utama sebagian besar penduduk Desa Tanjungmulya di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sektor pertaniannay didukung oleh lahan pertanian yang luas terutama lahan pesawahannya. Sebagian lahan pesawahannya sudah mendapatkan sistem pengairan irigasi.

Sebagian lainnya bekerja sebagai peternak dan industri. Peternakan yang digarap penduduk Desa Tanjungmulya dari jenis hewan sapi potong, kambing, domba, ayam buras dan itik. Kemudian sektor industri yang digeluti masyarakat Desa Tanjungmulya adalah industri kecil skala rumah tangga. Hasil dari industri ini diantaranya adalah cipeng, ranggining dan rangginang.

Untuk seni budayanya, di Desa Tanjungmulya masih terdapat beberapa jenis kesenian tradisional Sunda yang terpelihara. Kesenian tradisional ini diantaranya adalah Kuda Renggong, Seni Bela diri Pencak Silat dan Seni Tari Jaipong.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan KKNM Unpad Tanjungmulya)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 01 Desember 2017

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang