Logo Desa Margaluyu

Desa Margaluyu

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jl. Desa Margaluyu No. Kecamatan Tanjungsari

Web Site

Desa Margaluyu

Akun Google+

Desa Margaluyu


Lokasi

Desa Margaluyu merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian barat wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Sukasari. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Tanjungsari, posisinya berada di sebelah utara dengan jarak sekitar 1,3 kilometer.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Margaluyu merupakan sebuah desa induk dari desa pemekaran. Pada awalnya, wilayah Desa Margaluyu mencakup juga wilayah Desa Kutamandiri dan Desa Sukarapih (saat ini Desa Sukarapih berada di wilayah Kecamatan Sukasari). Pada tahun 1983 tepatnya tanggal 22 Januari 1983, terbit Surat Keputusan Bupati Sumedang No. 140/SK/SK.19.Pem/1983 yang salah satu isinya tentang pemekaran wilayah Desa Margaluyu menjadi tiga desa. Tiga desa pemekaran Desa Margaluyu tersebut adalah Desa Margaluyu, Desa Kutamandiri dan Desa Sukarapih. Pertimbangan dilakukan pemekaran wilayah Desa Margaluyu ini dikarenakan luas wilayah yang besar ditambah jumlah penduduk yang sudah mencukupi untuk dilakukan pemekaran.

Paska pemekaran wilayah, Desa Margaluyu memiliki cakupan wilayah di ujung utara bekas wilayah desa induk sebelum pemekaran.

Berdasarkan data Kecamatan Tanjungsari dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Margaluyu memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Margaluyu berada di kawasan dengan bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian lokasi dimana kantor desa berada pada 891 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Margaluyu dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Sukasari Kecamatan Sukasari dan Desa Pasigaran di sebelah utara, Desa Pasigaran dan Desa Gudang di sebelah timur, Desa Jatisari dan Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari di sebelah selatan serta Desa Mekarsari dan Desa Sukasari (keduanya berada di wilayah Kecamatan Sukasari) di sebelah baratnya. Dan secara administratif, wilayah Desa Margaluyu terbagi ke dalam sebelas wilayah Rukun Warga (RW) dan terbagi lagi menjadi 33 wilayah Rukun Tetangga (RT).

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Margaluyu memiliki wilayah dengan total luas sebesar 149,7 hektar. Wilayahnya secara garis besar terbagi ke dalam dua jenis tata guna lahan yaitu yang dipergunakan sebagai lahan pertanian dan lahan non pertanian. Luasan lahan pertanian di Desa Margaluyu mencakup wilayah seluas 115,2 hektar. Jenis lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenia yaitu lahan pesawahan dan lahan non pesawahan (atau lahan perkebunan, ladang dan hum). Untuk jenis lahan pesawahannya mencakup wilayah seluas 109,4 hektar. Dan lahan non pesawahannya memiliki luasan sebesar 5,8 hektar. Sisanya seluas 34,5 hektar dipergunakan sebagai lahan non pertanian seperti lahan pemukiman (perumahan dan pekarangan) dan lahan lainnya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Margaluyu terletak di sebelah utara pusat Kecamatan Tanjungsari. Wilayahnya menjadi akses menuju wilayah Kecamatan Tanjungsari bagian utara. Topografi wilayah Desa Margaluyu relatif datar dengan bagian tengahnya berupa lembah yang dilewati aliran anak sungai dari ujung utara ke selatan. Bagian timur dan baratnya menjadi wilayah yang memiliki elevasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian tengahnya. Penggunaan lahannya, Desa Margaluyu didominasi oleh lahan pesawahan. Hanya sedikit saja lahan yang berupa lahan perkebunan. Hampir seluruh wilayahnya merupakan kawasan pesawahan kecuali di bagian tenggara, sebagia utara dan bagian baratnya yang bercampur dengan kawasan pemukiman penduduk.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Margaluyu dihuni penduduk sebanyak 4.956 orang. Dengan komposisi sebanyak 2.440 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.516 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganyanya sebanyak 1.604 KK. Dan kepadatan penduduk Desa Margaluyu untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni penduduk sebanyak 3.304 orang.

Terkait mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Margaluyu bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Walau banyak yang bekerja di sektor pertanian, namun melihat jumlahnya dan jika dibandingkan dengan sektor lainnya, sektor pertanian tidak mendominasi. Karena banyak juga yang bekerja sebagai karyawan atau huruh dan bekerja sebagai wiraswasta. Sebagian kecil lainnya bekerja sebagai pedagang dan pegawai negeri sipil atau TNI.

Sektor pertanian di Desa Margaluyu didukung oleh lahan pertanian khususnya lahan pesawahan yang subur. Sebagian besar lahan pesawahannya sudah menggunakan sistem pengairan teknis dan sebagian lagi setengah teknis. Tidak mengherankan jika lahan pesawahan di Desa Margaluyu memiliki produktivitas yang bagus dalam menghasilkan produk utama berupa padi. Jika dibandingkan dengan produktivitas lahan pesawahan di desa lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Tanjungsari, lahan pesawahan di Desa Margaluyu memiliki produktivitas paling besar. Selain menghasilkan padi, dihasilkan juga produk lain berupa palawija seperti ubi kayu, kacang tanah, dan ubi jalar. Kemudian dihasilkan juga beberapa jenis buah-buahan seperti alpukat, belimbing, dukuh, durian, jambu air, jambu biji, jeruk, nanas, rambutan, sirsak, sawo, melinjo, petai, pepaya, pisang, dan nangka. Dan hasil sayurannya berupa bawang daun, kubis, petsai, cabai, kacang panjang, tomat, buncis, kangkung, kacang merah, labu siam, dan terung.

Tak ketinggalan juga sektor perikanan terkait pemeliharaan ikan jenis ikan mas, dan ikan nila. Peternakannya juga ada yang menggelutinya seperti memelihara binatang ternak jenis sapi potong, sapi perah, kerbau, kuda, kambing, domba, ayam kampung dan itik. Sektor industri yang ada di Desa Margaluyu terkait pengolahan makanan, pengolahan kayu, kain atau tenun, dan anyaman.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 13 Mei 2017

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang