loader

Desa Kebon Cau

Desa Kebon Cau

Kategori: Desa/Kelurahan

Alamat: Jl. Cijelag - Ujungjaya No. 89 Kebon Cau

Tayangan

Jumlah View Page

7.936

Menyukai

Jumlah Fans Page

7

Check In

Pengunjung Lokasi

3

Akses Lokasi

Berlokasi di pinggir jalan raya Tomo - Ujungjaya

Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jl. Cijelag - Ujungjaya No. 89 Kebon Cau
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Desa Kabon Cau merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian tenggara wilayah Kecamatan Ujungjaya, dan wilayahnya berada di sebelah timur jalur jalan propinsi yang menghubungkan Tomo dengan Ujungjaya. Jarak dengan pusat kecamatan sekitar lima kilometer.

Berdasarkan data Kecamaran Ujungjaya dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Kebon Cau memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, Desa Kebon Cau memiliki bentang permukaan wilayah berupa dataran dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berlokasi pada 40 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Kebon Cau dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Palasari, Desa Sukamulya, dan Desa Kudangwangi di sebelah utara, Desa Kudangwangi dan Kabupaten Majalengka di sebelah timur, Desa Palabuhan di sebelah selatan serta Desa Palabuhan dan Desa Ujungjaya di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Kebon Cau terbagi ke dalam dua wilayah dusun yaitu Dusun I dan Dusun II. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak enam RW dan 25 RT.

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Kebon Cau memiliki wilayah dengan luasan sebesar 875 hektar. wilayah Desa Kebon Cau tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis tata guna lahan. Ada yang dipergunakan sebagai lahan pertanian, lahan kehutanan, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Untuk luas wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 304 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian berupa perkebunan, ladang dan huma. Untuk lahan pesawahannya sendiri memakan luasan sebesar 273 hektar, sementara luasan lahan yang dipergunakan sebagai lahan pertanian bukan pesawahan hanya seluas 31 hektar. Sebesar 499 hektar lainnya merupakan kawasan kehutanan, dan lahan pemukiman serta pekarangan mencakup luasan 67 hektar. Sementara sisanya seluas lima hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Kebon Cau merupakan berada di kawasan dataran rendah. Wilayah Desa Kebon Cau didominasi oleh lahan pertanian, utamanya lahan pesawahan. Lahan pesawahannya membentang dari ujung ke ujung. Bagian barat di sepanjang jalan propinsi yang menghubungkan Tomo dengan Ujungjaya terdapat kawasan pemukiman sampai ke ujung selatan.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Kebon Cau memiliki penduduk dengan jumlah sebanyak 4.165 orang. Dengan rincian sebagai berikut, sebanyak 2.085 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah sebanyak 2.080 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.410 KK. Sementara kepadatan penduduknya, untuk tiap kilometer persegi luas wilayah Desa Kebon Cau dihuni penduduk rata-rata sebanyak 476 orang.

Terkait mata pencaharian penduduknya, sebagian besar penduduk Desa Kebon Cau bekerja di sektor pertanian. Sektor ini cukup mendominasi jika dibandingkan dengan sektor lainnya. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor industri, perdagangan, konstruksi, transportasi dan jasa. Dengan alokasi lahan yang sebagian besar digunakan sebagai lahan pertanian, terutama lahan pesawahan, tidak mengherankan jika sektor pertanian menjadi mata pencaharian pokok penduduk Desa Kebon Cau. Sektor pertanian Desa Kebon Cau didukung oleh lahan pertanian yang subur. Walau lahan pesawahannya sebagian besar masih mengandalkan sistem pengairan non teknis, namun memiliki produktivitas yang bagus.

Lahan pesawahan di Desa Kebon Cau menghasilkan produk utama berupa padi, di samping berbagai jenis palawija lainnya seperti jagung, ubi kayu, kedelai, kacang hijau, dan kacang tanah. Sementara lahan pertanian lainnya menghasilkan produk dari jenis buah-buahan seperti mangga, jambu biji, pisang, semangka, dan nangka. Tak ketinggalan juga berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, mentimun, cabai, terong, dan oyong. Sementara sektor industrinya, yang digeluti adalah industri kecil skala rumah tangga. Jenis industrinya berkaitan dengan pengolahan makanan dan pengolahan kayu.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Galeri Foto Lokasi
user

Peta wilayah Desa Kebon Cau (gambar: Google Maps)

user

Kantor Desa Kebon Cau (foto: Panoramio Endang Suhara)

user

Hamparan pesawahan (foto: Google Street View)

user

Suasana Desa Kebon Cau (foto: Google Street View)

/
Jl. Cijelag - Ujungjaya No. 89 Kebon Cau
Layanan administrasi

Layanan perizinan

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With