Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Perum Perhutani KPH Sumedang, BKPH Tampomas

Alamat Lengkap

Jalan Cipanteneun Desa Licin Kecamatan Cimalaka


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Naik Angkutan Umum Pedesaan Citimun - Sumedang. Turun di pertigaan Cipanteneun. Lurus kurang lebih 1 km.
  2. Dari Sumedang arah Cimalaka. Perempatan Alun-alun Cimalaka belok kiri. Lurus kurang lebih 1 km, Pertigaan Cipanteneun, belok kiri. Lurus kurang lebih 700 meter

Wana Wisata Cipanteneun merupakan salah satu objek wisata yang ada di daerah Cimalaka, tepatnya di Desa Licin. Wana Wisata ini menyajikan keindahan alam yang masih asri dan udara yang sejuk di bawah pepohonan. Ditambah dengan pemandian atau kolam renang dari air gunung yang jernih. Wana Wisata ini cocok digunakan sebagai tempat bermain air (berenang) atau berkemah.

Kawasan Wana Wisata Cipanteneun merupakan kawasan hutan dengan luas ± 3.00 Ha berupa gunung kecil atau bukit Cipanteneun. Bukit ini ditumbuhi oleh vegetasi pepohonan berupa pohon pinus dan rimba campuran. Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai arena kemping atau berkemah. Atau hanya sekedar jalan-jalan bersama keluarga dan bermain bersama anak-anak juga bisa.

Di bawah bukit Cipanteneun ini mengalir air dari mata air. Air dari pegunungan yang sangat jernih ini digunakan untuk mengairi kolam renang yang berjumlah dua buah dan pemandian. Tak heran jika air di kolam renangnya juga jernih. Menurut informasi yang dijadikan oleh Nyocol Sambel tentang Cipanteneun, ada empat mata air yang menjadi sumber kolam renang dan pemandian Cipanteneun ini. Keempat mata air tersebut memiliki khasiat yang berbeda-beda. Misalkan mata air dibawah pohon Loa untuk pemandian perempuan, pohon Tamiang untuk pemandian laki-laki tua dan muda, pohon Kirinyuh untuk pemandian anak muda, pohon Pulus untuk pemandian tua, muda, laki-laki dan perempuan.

Wana Wisata Cipanteneun sangat cocok bagi tujuan wisata keluarga. Dengan membayar tiket hanya 2.500 per orang baik anak-anak maupun dewasa, bisa berenang atau berlibur sepuasnya.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Oktober 2014

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang