Logo Tampomas Green Park

Tampomas Green Park

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum secara langsung
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Pedesaan jurusan Sumedang - Citimun. Turun di pertigaan Cipantaneun. Dilanjut jalan kaki atau naik ojeg sekitar 700 meter ke arah barat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Perum Perhutani Sumedang

Berdiri

Mei 2018

Alamat Lengkap

Jalan Cipanteuneun Desa Licin Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang

Nomor Handphone

0811-2136-618

Akun Facebook

Tampomas Park

Page Facebook

Tampomas Green Park


Lokasi

Tampomas Green Park merupakan sebuah nama untuk lokasi wisata yang berlokasi di kawasan Cipanteneun Desa Licin Kecamatan Cimalaka. Wisata ini menempati lokasi wisata yang sebelumnya bernama Wana Wisata Cipanteneun. Perubahan nama ini terkait perubahan atau pergantian pengelola kawasan wisata ini.

Menjelang tahun 2018, Perum Perhutani Sumedang menjalin kerja sama dengan PT. Tampomas Cipta Pesona dalam pengelolaan dan pengembangan kawasan wisata Cipanteneun. Dengan adanya pengalihan pengelolaan ini, kawasan wana wisata Cipanteneun ini mulai dirombak. Perombakan dilakukan dengan perubahan konsep wisata dan penambahan wahana atau fasilitas yang semakin lengkap di Tampomas Green Park. Perombakan ini menjadikan wisata Tampomas Green Park sebagai tujuan wisata alam dengan konsep kekinian.

Perubahan pertama yang dilakukan terletak di kawasan kolam renang. Kawasan kolam renang di Tampomas Green Park kini bukan hanya sebagai arena bermain air saja, namun ada penambahan area kuliner dan tempat selfie. Untuk kolam renangnya sendiri tidak terlalu banyak mengalami perubahan, ada dua buah kolam renang/bermain yang berukuran besar dan memiliki kedalaman berbeda. Kolam renang bagian utara memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam dan bisa digunakan sebagai tempat berenang atau bermain air bagi pengunjung dari anak-anak sampai orang dewasa. Bagi yang ingin bermain menggunakan perahu gowes, pengelola menyediakan perahu gowes yang bisa digunakan oleh anak-anak bermain di kolam ini.

Kolam yang satu lagi yang terletak di bagian selatannya memiliki kedalaman sampai dengan dua meter. Sehingga bisa digunakan oleh oran dewasa atau pengunjung yang sudah mahir berenang. Kolam renang ini dilengkapi dengan ayunan dan papan panjat tebing di tepinya. Ayunan atau Giant Swing bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin melompat ke kolam renang ini dengan mendapatkan daya dorong tambahan (terlempar ke kolam renang). Kemudian wahana panjat tebing bisa digunakan sebagai tempat untuk melompat ke kolam renang dari ketinggian setelah sebelumnya memanjat papan panjat tebing ini. Ketinggian maksimalnya panjat tebing ini empat meter.

Di pojok timur, ada kolam tambahan yang tidak terlalu besar. Kolam ini merupakan wahana baru yang dikenal dengan nama Underwater Park atau Taman Bawah Air. Kolam renang ini di dalamnya dilengkapi dengan kursi, sepeda motor (vespa) dan sepeda. Bagi pengunjung yang ingin berfoto atau selfi di bawah air, bisa menggunakan wahana kolam ini. Semua kolam renang ini mendapatkan pasokan air langsung dari sumbernya.

Selain perubahan kolam renang, di kawasan ini juga dilakukan penambahan wahana baru. Wahana yang dibangun di sekitarnya adalah bangunan cafe dan ampiteater. Ada beberapa bangunan cafe yang dibangun di sekitaran kolam renang dengan cafe utama berbentuk kapal. Selain bisa digunakan sebagai lokasi menyantap makanan, lokasi cafe ini bisa juga digunakan sebagai lokasi selfie atau swafoto. Kemudian bangunan ampiteater yang terletak di tengah kolam renang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mengadakan kegiatan atau acara dengan kapasitas maksimal pengunjung sekitar 20 orang. Bangunan yang berbentuk lingkaran dengan lebar lingkaran tujuh meter ini bisa digunakan untuk acara seperti ulang tahun, arisan, dan kegiatan lainnya.

Kemudian naik ke bagian perbukitan di sebelah utara area kolam renang, di bawah rindangnya pepohonan dibangun berbagai fasilitas atau wahana wisata yang baru. Di bagian tebing yang mengarah ke area kolam renang terdapat beberapa bangunan baru, sementara di atas perbukitannya terdapat fasilitas wisata outbound.

Bangunan yang ada di lereng perbukitannya diantaranya adalah bangunan bungalow dan penginapan termasuk juga bangunan berupa Rumah Hobbit. Tak ketinggalan juga zona selfie atau swafoto berupa sangkar burung dan gambar sayap kupu-kupu serta flower gate. Dari area ini, pengunjung bisa melihat indahnya kawasan kolam renang yang dilengkapi dengan bangunan cafe.

Berbagai jenis wahana outbound ada di area puncak bukit kawasan Tampomas Green Park. Wahana-wahana outbond dengan konsep high rope atau ketinggian bisa dicoba oleh pengunjung Tampomas Green Park diantaranya adalah Flying Fox, Bridge, Spider Web, Sepeda Gantung (Zip Bike), Ayunan Langit (Sky Swing), Motor ATV atau Trail, Tramboline, Hammock dan Area Perkemahan. Wahana ini ada yang diperuntukan untuk anak-anak dan ada juga yang diperuntukan untuk pengunjung dewasa, atau bisa juga tidak tergantung usia. Wahana outbound ini umumnya menggunakan media pepohonan yang tumbuh di area puncak bukit.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba adrenalin atau menguji keberanian, bisa mencoba wahana flying fox yang bisa diikuti oleh dewasa maupun anak. Atau bisa juga mencoba mengayuh sepeda di atas seutas tali berupa sepeda gantung. Bagi keluarga yang ingin mencoba suasana berkemah di bawah rindangnya pepohonan bisa masuk ke area camping yang dilengkapi dengan tenda dan peralatan kemping. Atau bagi orang tua yang ingin mengajak bermain anak-anaknya bisa mencoba wahana Motor ATV atau Tramboline.

Bagi penyuka swafoto atau selfie, di area atas juga terdapat beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk berselfie ria. Ada sarang burung besar yang berada di atas pepohonan yang bisa memuat beberapa orang di dalamnya. Kemudian ada lagi sangkar burung yang berada di tengah area taman bunga, roop top yang berada di atas pepohonan dan area bebas lainnya.

Selain wahana wisata yang sudah disebutkan, di Tampomas Green Park juga ada wisata kuliner yang akan memanjakan pengunjungnya. Di Tampomas ada restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa dipesan oleh pengunjung seperti ikan bakar, ayam bakar dan menu lainnya ditambah beberapa jenis jus. Di area puncak juga tak ketinggalan dengan adanya Pine Cafe yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman seperti Pop Ice, Teh, Jus, dan Kopi serta nasi goreng, roti bakar dan pisang keju. Jadi, pengunjung Tampomas Green Park dijamin tidak akan kesusahan untuk mendapatkan makanan dan minuman.

Di area puncak juga dilengkapi dengan panggung hiburan yang akan menghibur pengunjung Tampomas Green Park. Pengunjung tidak hanya dihibur, namun juga bisa ikut naik ke atas panggung untuk ikut bernyanyi atau bergoyang.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, di Tampomas Green Park tidak perlu takut untuk tidak kebagian tempat parkir. Karena di Tampomas Green Park terdapat lahan parkir yang luas yang terletak di atas. Fasilitas pendukung lainnya juga sudah ada seperti mushola, toilet dan tempat bilas, serta kantin.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 04 Juli 2018

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang