Logo SPP SPMA Cimalaka

SPP SPMA Cimalaka

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Angkutan Pedesaan Citimun - Sumedang, berhenti di pertigaan Licin (depan SMA Negeri 1 Cimalaka), naik ojeg atau jalan kaki ke arah Gunung Tampomas (arah utara)

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Pemerintah Kabupaten Sumedang

Berdiri

1974

Alamat Lengkap

Jalan Margamukti Desa Licin Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang

Nomor Telepon

(0261) 203144

Web Site

SPMA CIMALAKA


Lokasi

Asalnya merupakan Sekolah Pertanian Menengah Atas yang disingkat SPMA, yang berdiri sejak tahun 1974. Berdasarkan sejarahnya, sebagaimana disebutkan di situs web SPMA CIMALAKA, SPMA Cimalaka ini berbeda dengan SPMA di daerah lain seperti SPMA Tanjungsari dan SPMA di Kabupaten lainnya yang didirikan langsung oleh Pemerintah Daerah. SPMA Cimalaka bermula ketika masyarakat yang dimotori oleh HKTI ingin mendirikan sekolah khusus pertanian.

Setelah berpindah-pindah, akhirnya SPMA Cimalaka ini menetap di Jalan Margamukti Desa Licin Kecamatan Cimalaka sampai sekarang ini. Nama resminya sebenarnya adalah SPP-SPMA yang merupakan singkatan dari Sekolah Pertanian Pembangunan/Sekolah Pertanian Menengah Atas, namun terbiasa disebut dengan SPMA.

Sebagai sekolah khusus pertanian, SPMA Cimalaka menyelenggarakan pendidikan pertanian dengan bidang kejuruan Tanaman Pangan dan Hortikultura. Sementara fasilitas pendidikan yang disediakan yaitu ruangan kelas sebanyak 6 kelas dengan ukuran masing-masing 7 x 8 m dan dapat menampung siswa seluruhnya 240 orang siswa (kelas padat). Ditambah dengan lapangan praktek seluas 0,5 Ha, kandang ternak penggemukan sapi untuk belajar beternak, laboratorium praktek kimia, biologi dan fisika beserta laboratorium teknologi paska panen. Terus ada lagi bengkel latih untuk pembelajaran mekanisasi pertanian.

Untuk praktek bertanam di dalam ruangan tersedia rumah kaca yang berukuran 7 x 8 m. Ruang perpustakaan juga tersedia di SPMA.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 03 Oktober 2014

Foto

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang