Sekilas Kontak

Berdiri

1976

Alamat Lengkap

Jl. Kaum No. 14 Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Email

info@smantura.sch.id

Web Site

Selamat Datang di SMA Negeri Situraja

Page Facebook

SMAN_Situraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di lingkungan pusat pemerintahan kecamatan Situraja, dekat dengan kantor Kecamatan dan Alun-alun Situraja
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dekat dengan jalan raya Sumedang - Wado yang dilewati angkutan umum perkotaan maupun bus antarkota Sumedang - Jakarta

SMA Negeri Situraja merupakan salah satu sekolah lanjutan tingkat atas yang berada di Kecamatan Situraja. Sekolah ini bisa dikatakan sudah cukup lama berdiri. Berdasarkan sejarahnya, SMA Negeri 1 Situraja berdiri pada tahun 1976 ketika di wilayah Sumedang hanya ada dua sekolah lanjutan menengah atas negeri yaitu SMA Negeri 1 Sumedang dan SMPP Negeri di Cimalaka.

Pendirian SMA Negeri Situraja tidak lepas dari program pemerintah pusat pada waktu itu yang akan mendirikan dua unit sekolah baru di wilayah propinsi Jawa Barat yang akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Garut, Sumedang, Indramayu atau Ciamis. Dengan program ini, masyarakat Situraja kemudian membentuk Panitia Usaha Pendirian SMA Negeri Situraja. Sementara Bupati Sumedang pada waktu itu yang dijabat oleh Drs. Sofyan Iskandar menghendaki agar unit SMA Negeri yang baru didirikan di kota Sumedang.

Panitia yang dibentuk kemudian mengirimkan utusan menghadap Kepala Bagian Perencanaan Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Barat yang pada waktu itu dijabat oleh Drs. Edi Suwadi. Keinginan masyarakat Situraja ini disetujui dengan adanya beberapa syarat seperti adanya calon siswa kelas 1 untuk tiga kelas yang kemungkinan tidak akan menurun pada tahun ajaran berikutnya dan tersedianya lahan seluas satu hektar yang akan dibebaskan dengan biaya pemerintah yang kemudian bisa dengan mudah diperluas serta memenuhi syarat-syarat pendidikan.

Untuk memenuhi persyaratan ini panitia segera melakukan penjajakan calon siswa dengan mendatangi SMP Negeri 1, SMP Negeri, dan Tsanawiyah Negeri Situraja yang ternyata peminatnya cukup banyak hingga melebihi tiga kelas. Kemudian dicari juga lahan yang memenuhi syarat pendirian. Dan pilihan jatuh pada lahan yang berlokasi di sebelah barat lapangan sepak bola Tanuwijaya dengan luas 10.100 m2 (1 Ha lebih). Setelah dilakukan pemeriksaan di lapangan terbitlan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tertanggal 1 April 1976 yang menetapkan dibukanya Unit Baru SMA Negeri Situraja.

Pada akhir tahun ajaran 1976/1977, setelah adanya ujian akhir SMP dan kelulusan, dilakukan pendaftaran calon siswa kelas 1 untuk SMU Negeri Situraja. Calon siswa yang mendaftar melebihi tiga kelas, namun yang diterima hanya untuk tiga kelas. Karena bangunan sekolahnya belum dibangun, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan petang hari dengan menumpang di gedung SMP Negeri 1 Situraja.

Di akhir tahun 1977 dilaksanakan pembebasan lahan dan pembangunan gedung sekolah. Setelah selesai dan peralatan sekolah telah lengkap, dilakukan peresmian pemakaian gedung oleh Bupati Sumedang, Bapak Drs. Kustandi Abdurahman yang menggantikan Bapak Drs. Sopyan Iskandar.

Sebagai sebuah sekolah lanjutan menengah atas, SMA Negeri Situraja menyelenggarakan pendidikan tiga tahun jenjang menengah atas. Penjurusan yang ada di sekolah ini yaitu jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan Bahasa. Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajarnya SMA Negeri Situraja dijiwai oleh nilai-nilai dan sikap secara profesional dalam mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yaitu taat beragama, unggul dalam prestasi, peduli kebersihan dan kesehatan.

SMA Negeri Situraja saat ini sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai. Berbagai fasilitas dimiliki oleh SMA Negeri Situraja yaitu ruang teori/kelas 27 kelas, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Ruang Perpustakaan, Ruang Multimedia, Ruang Pusat Sumber Belajar, Ruang Keterampilan, Ruang UKS, Koperasi, Ruang BP/BK, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Wakil Kepala Sekolah, ruang Guru, Ruang TU, Ruang OSIS, Ruang Ekstrakulikuler, Ruang PMR, Kamar Mandi, Gudang, Ruang Ibadah, Ruang Olahraga, Dapur, Kantin/Warung Sekolah, Lapangan Olahraga/Upacara, dan Tempat Parkir.

Berbagai prestasi baik prestasi akademik maupun non-akademik sudah diraih oleh SMA Negeri Situraja. Diantaranya adalah Juara I Olimpiade TIK 2010 dan Ekonomi 2012, Juara II Olimpiade Matematika 2011, Juara I Festival Drumband GST 2010, Juara I Tingkat Nasional LKBB Kedawung 2011, Juara Umum LJK UNSAP Sumedang 2011, Juara I dan II Lomba Lintas Alam SMAN Darmaraja 2012, Juara I LPBB Tingkat Nasional UNJANI 2014 dan prestasi lainnya.

Selain melaksanakan kegiatan intrakurikuler, SMA Negeri Situraja juga mengakomodasi berbagai jenis kegiatan siswa dalam bentuk ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri Situraja yaitu kegiatan OSIS sebagai induk dari berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler lainnya di SMA Negeri Situraja. Kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah adalah Pramuka, Paskibra, Palang Merah Remaja (PMR), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Pecinta Alam (PA), Olahraga (Bola Voli, Bola Basket, Karate, Tenis Meja, Tenis Lapangan), Kerohanian/IRMA (Ikatan Remaja Mesjid Al-Forqon), dan Koperasi Sekolah (Kopsis).

(Sumber: SMA Negeri Situraja dan INDOFAKTA)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 18 Februari 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang