Logo Kecamatan Ganeas

Kecamatan Ganeas

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Dilalui jalan raya Sumedang - Wado (Jalan Terusan 11 April)

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Raya Cikoneng (Terusan Sebelas April) Sumedang

Web Site

Ganeas

Akun Facebook

Ganeas Kecamatan


Lokasi

Ganeas merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sumedang. Secara geografis, lokasinya berada di sebelah timur pusat kota Sumedang. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Cisarua di sebelah utaranya, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Situraja. Di sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kecamatan Sumedang Selatan. Wilayahnya sendiri berada pada ketinggian 642,85 meter di atas permukaan laut. Dengan topografi permukaan daratannya sebagian besar berupa lereng.

Wilayah Kecamatan Ganeas terdiri dari delapan desa, yaitu Desa Cikondang, Tanjunghurip, Dayeuh Luhur, Cikoneng, Sukawening, Ganeas, Sukaluyu dan Desa Cikoneng Kulon. Delapan desa tersebut memiliki status pedesaan dengan klasifikasi desanya sebagian besar merupakan swakarsa mula. Hanya ada satu desa yang klasifikasinya masuk ke dalam desa swakarsa lanjut, yaitu Desa Cikondang dan hanya ada satu desa yang klarifikasinya masuk kedalam desa swakarsa madya yaitu Desa Dayeuh Luhur. Dari delapan desa yang ada di Kecamatan Ganeas, Desa Cikondang yang memiliki luas wilayah terbesar, yaitu sebesar 4,29 km2. Luas desa ini dua kali lebih besar dari luas desa terkecil yang berada di kecamatan Ganeas.

Berdasarkan registrasi penduduk tahun 2013, jumlah penduduk yang menghuni wilayah Kecamatan Ganeas sebanyak 25.062 orang yang terdiri dari 12.713 orang laki-laki ditambah 12.394 orang perempuan. Jika dilihat jumlah penduduk per desa, Desa Ganeas memiliki komposisi jumlah penduduk terbesar yaitu sebanyak 4.723 orang.

Berkaitan dengan perekonomian masyarakatnya, sebagian besar penduduk Kecamatan Ganeas bermata pencaharian sebagai petani. Potensi pertanian wilayah Kecamatan Ganeas berupa lahan sawah seluas 649,42 hektar ditambah ladang seluas 1.132,31 hektar. Hasil pertanian terbesar berupa padi. Desa Sukaluyu menjadi penghasil padi terbesar di Kecamatan Ganeas. Selain padi, hasil pertanian lainnya yang dihasilkan Kecamatan Ganeas adalah palawija, sayuran dan buah-buahan.

Selain pertanian, ada juga yang bergelut di bidang industri kecil atau industri rumahan (Industri Kecil dan Mikro). Industri pengolahan makanan menjadi industri kecil yang dominan.

(Diolah dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 28 Mei 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang