Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Kalapanunggal Desa Gendereh Kecamatan Buahdua


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Sebuah desa yang termasuk di dalam wilayah Kecamatan Buahdua. Desa Gendereh berlokasi di sebelah utara kota Kecamatan Buahdua dengan jarak sekitar 2 km. Status Desa Gendereh adalah sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya.

Berdasarkan data topografinya, Desa Gendereh memiliki bentang permukaan tanah berbentuk dataran. Sementara ketinggiannya adalah 242 meter dari atas permukaan laut. Secara administrasi, wilayah Desa Gendereh dikelilingi oleh wilayah-wilayah: Desa Ciawitali di sebelah utaranya, Desa Citaleus di sebelah barat, Desa Buahdua di sebelah selatan serta Desa Panyindangan di sebelah timurnya.

Menurut data BPS tentang Profil Desa Se-Kecamatan Buahdua tahun 2013, wilayah Desa Gendereh memiliki luas sebesar 752,90 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan yaitu sebagai lahan pesawahan sebesar 56,70 persen atau sekitar 426,89 hektar, lahan pertanian kering seperti huma dan ladang sebesar 32,94 persen atau sekitar 248,01 hektar serta lahan rumah dan pekarangan sebesar 10,36 persen atau sekitar 78 hektar.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Gendereh, menurut data BPS tentang Profil Desa Se-Kecamatan Buahdua tahun 2013, sebanyak 2.115 orang. Rinciannya, sebanyak 1.075 orang laki-laki dan 1.080 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 793 KK. Kepadatan penduduk Desa Gendereh sebesar 286,18 orang untuk tiap km persegi wilayahnya.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, penduduk Desa Gendereh sebagian besar bekerja di bidang pertanian. Hal ini berkaitan dengan pemanfaatan lahan wilayah Desa Gendereh yang sebagian besar berfungsi sebagai lahan pesawahan. Lahan pertaniannya merupakan tanah rakyat yang dikelola sebagai tanah persawahan yang digunakan untuk penanaman padi dan palawija. Jenis palawija yang ditanam di sini diantaranya jagung dan kedelai. Sebagian besar penduduk menjalankan pertaniannya dengan menggunakan teknologi modern. Selain bergerak di bidang pertanian, ada juga yang bergerak di bidang peternakan, baik sebagai sampingan atau pekerjaan utama. Peternakan yang ada di sini adalah: ternak kambing, ayam, dan bebek.

Di bidang seni budaya, ada penduduk Desa Gendereh yang memiliki usaha jasa hiburan Grup Tanji Kuda Renggong  sebanyak 2 unit dengan jumlah anggota keseluruhan 24 orang. Kesenian ini biasanya digunakan pada saat ada kegiatan sunatan atau nikahan baik di dalam desa sendiri maupun di luar desa.

(Sumber: KKNM Unpad 2012 dan BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 02 Juli 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang